TITIAN PERADABAN: DARI LANGKAH WALI SONGO KE CAHAYA NAHDLATUL ULAMA
Wali Songo ke NU

Menggambarkan secara sederhana dan ringkas perjalanan peradaban Islam Nusantara, dari Walisongo hingga berdirinya Nahdlatul Ulama; ikhtiar untuk menjaga kemurnian sejarah NU dari para anasir pemalsu sejarah suci NU.
Oleh: Abdur Rahman El Syarif
Di suatu senja yang menguning di atas tanah Jawa, langkah para wali itu menjejak bumi dengan kelembutan yang menyentuh langit. Mereka bukan para penakluk dengan pedang terhunus, melainkan penyambung rahmat yang datang dengan sulaman kasih dan hikmah. Merekalah Walisongo, sembilan bintang yang menyinari jalan gelap masyarakat Nusantara, kala keraguan menguasai batin dan kegelapan menyelimuti akal.
Sunan Gresik membuka pintu dengan ilmu dan perdagangan. Sunan Ampel menanam akar dakwah dengan pondok pesantrennya di Surabaya. Lalu Sunan Bonang memetik dawai gamelan, mengalun dalam dzikir yang menyentuh kalbu. Sunan Kalijaga menjelma dalam wayang, mengisahkan kisah para nabi dalam bahasa rakyat. Mereka tak memaksa, tak menindas, tapi menyusupkan nilai-nilai tauhid dalam jantung budaya lokal, dalam adat yang mereka rawat dan hargai.
Dari jejak mereka, tumbuhlah kerajaan-kerajaan Islam Nusantara: Demak, Pajang, Mataram, hingga Ternate dan Gowa. Demak di bawah Raden Patah menjadi simbol kebangkitan Islam Jawa, menggantikan bayang Majapahit yang meredup. Islam bukan sekadar agama, tetapi peradaban yang membentuk tatanan, menyatukan bahasa, menata hukum, dan menanamkan keadilan. Di tangan raja-raja Muslim, Islam menemukan wajahnya yang agung, bercahaya dalam masjid, bergema dalam syair, dan menjelma dalam akhlak para pemimpin.
Namun zaman terus berputar. Angin kolonialisme membawa ujian. Belanda datang dengan kelicikan dagang, lalu menjelma menjadi kekuasaan yang mencengkeram. Di tengah pergolakan itu, para ulama tidak berdiam diri. Mereka kembali menapaki jalan para wali dengan ilmu, dengan doa, dan dengan perlawanan.
Dan pada 1926, di tengah percaturan global dan ancaman ideologi luar yang mengikis akar-akar Islam Nusantara, lahirlah Nahdlatul Ulama. Sebuah kebangkitan kaum sarungan, tapi jiwanya membentang ke langit. Didirikan oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari dan para ulama pesantren lainnya, NU bukan sekadar organisasi, melainkan ruh peradaban yang menjembatani masa lalu dan masa depan. Mereka mempertahankan Islam Ahlussunnah wal Jamaah dengan rasa, dengan budaya, dan dengan cinta tanah air.
NU berdiri bukan untuk menciptakan kekuasaan, tapi menjaga maqashid, nilai-nilai luhur Islam dalam bingkai bangsa. Pesantren menjadi benteng. Santri menjadi ujung tombak. Dalam diam mereka belajar, dalam sunyi mereka berdoa, dan dalam badai mereka berdiri. Dari Resolusi Jihad hingga pembangunan nasional, NU adalah roh yang setia menjaga warisan Walisongo.
Inilah titian peradaban itu dimulai dari para wali yang menanam, kerajaan yang memelihara, hingga para ulama yang mewarisi dan menjaga. Peradaban Islam Nusantara bukanlah salinan dari luar, tapi sebuah ciptaan agung yang lahir dari pertemuan langit dan bumi: langit wahyu dan bumi budaya. Dan NU, adalah jembatan emasnya.
______
Para tokoh yang telah memimpin NU dari masa ke masa.
Muktamar NU ke-1 (Surabaya, 1926): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan H. Hasan Gipo (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-2 (Surabaya, 1927): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan H. Hasan Gipo (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-3 (Surabaya, 1928): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan H. Hasan Gipo (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-4 (Semarang, 1929): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Achmad Noor (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-5 (Pekalongan, 1930): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Achmad Noor (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-6 (Cirebon, 1931): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Achmad Noor (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-7 (Bandung, 1932): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Achmad Noor (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-8 (Jakarta, 1933): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Achmad Noor (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-9 (Banyuwangi, 1934): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Achmad Noor (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-10 (Surakarta, 1935): dan KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Achmad Noor (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-11 (Banjarmasin, 1936): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Achmad Noor (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-12 (Malang, 1937): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Machfudz Siddiq (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-13 (Banten, 1938): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Machfudz Siddiq (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-14 (Magelang, 1939): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Machfudz Siddiq (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-15 (Surabaya, 1940): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Machfudz Siddiq (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-16 (Purwokerto, 1946): KH.M. Hasyim Asy’ari (Rais Akbar) dan KH. Nachrowi Tohir (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-17 (Madiun, 1947): KH. Abdul Wahab Hasbullah (Rais Aam) dan KH. Nachrowi Tohir (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-18 (Jakarta, 1948): KH. Abdul Wahab Hasbullah (Rais Aam) dan KH. Nachrowi Tohir (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-19 (Palembang, 1951): KH. Abdul Wahab Hasbullah (Rais Aam) dan KH. Abdul Wahid Hasyim (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-20 (Surabaya, 1954): KH. Abdul Wahab Hasbullah (Rais Aam) dan KH. Muhammad Dahlan (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-21 (Medan, 1956): KH. Abdul Wahab Hasbullah (Rais Aam) dan KH. Idham Chalid (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-22 (Jakarta, 1959): KH. Abdul Wahab Hasbullah (Rais Aam) dan KH. Idham Chalid (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-23 (Surakarta, 1962): KH. Abdul Wahab Hasbullah (Rais Aam) dan KH. Idham Chalid (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-24 (Bandung, 1967): KH. Abdul Wahab Hasbullah (Rais Aam) dan KH. Idham Chalid (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-25 (Surabaya, 1971): KH. Bisri Syansuri (Rais Aam) dan KH. Idham Chalid (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-26 (Semarang, 1979): KH. Bisri Syansuri (Rais Aam) dan KH. Idham Chalid (Ketua Tanfidziyah). Tahun 1980, KH Bisri Syansuri wafat dan digantikan KH Ali Maksum pada tahun 1981 dalam Munas Alim Ulama’ NU di Kaliurang.
Muktamar NU ke-27 (Situbondo, 1984): KH. Achmad Siddiq (Rais Aam) dan KH. Abdurrahman Wahid (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-28 (Yogyakarta, 1989): KH. Achmad Siddiq (Rais Aam), beliau wafat tahun 1991 kemudian diganti KH Ali Yafie. Tahun 1992, dalam Munas Alim Ulama’ di Lampung, Pjs Rais Aam dilanjutkan KH. M. Ilyas Ruchiyat sampai 1994. KH. Abdurrahman Wahid (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-29 (Tasikmalaya, 1994): KH. M. Ilyas Ruchiyat (Rais Aam) dan KH. Abdurrahman Wahid (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-30 (Kediri, 1999): KH. MA. Sahal Mahfudh (Rais Aam) dan KH. A. Hasyim Muzadi (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-31 (Surakarta, 2004): KH. MA. Sahal Mahfudh (Rais Aam) dan KH. A. Hasyim Muzadi (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-32 (Makassar, 2010): KH. MA. Sahal Mahfudh (Rais Aam), Beliau wafat tahun 2014 kemudian diganti oleh KH. A. Musthofa Bisri menjadi Pejabat Rais Aam 2014-2015. KH. Said Aqil Siroj (Ketua Tanfidziyah)
Muktamar NU ke-33 (Jombang, 2015): KH. Ma’ruf Amin (Rais Aam) dan KH. Said Aqil Siroj (Ketua Tanfidziyah). Tahun 2018, KH Ma’ruf Amin mengundurkan diri dan digantikan KH Miftachul Akhyar sebagai Pejabat Rais Aam. Muktamar NU ke-34 Bandar Lampung. Terpilih Rais Am KH. Miftahul Akhyar dan Ketua umum PBNU KH. Yahya Staquf. Periode: 2024 - Sekarang
#NU #PBNU #Walisongo #IslamNusantara #JatmanNU #NawaMustika