Kitab Majmu’ah as-Syariah al-Kafiyah Lil Awwam Merespon Masyarakat Setempat dan Fikih Karya KH. Sholeh Darat as-Samarani

Januari 9, 2025 - 13:49
Januari 9, 2025 - 13:52
 0
Kitab Majmu’ah as-Syariah al-Kafiyah Lil Awwam Merespon Masyarakat Setempat dan Fikih Karya KH. Sholeh Darat as-Samarani
Kitab Majmu’ah as-Syariah al-Kafiyah Lil Awwam

Kitab Majmu’ah As-Syariah Al-Kafiyah Lil Awwam adalah karya salah satu ulama Nusantara KH. Sholeh Darat As-Samarani (w. 1903 M). Kitab ini lebih cenderung ke arah fikih sebagaimana yang telah dikokohkan di era Nuruddin ar-Raniri dan Abdurrauf as-Singkil, bahkan corak kepenulisannya juga mirip seperti kepenulisan dua ulama tersebut.

Kitab ini membahas tentang bab shalat, zakat, puasa, haji dan umrah, jual beli dan bahasan yang bertaut dengannya (bai’ wa ghairihi), al-halal wa al-haram, al-Qardh (bagi hasil), ijarah (akad sewa), al-Ahkam al-Nikah (hukum seputar perkawinan), al-Dzabaih (sembelihan), dan ditutup dengan bahasan i’taq (memerdekakan budak). Dan, terakhir sekelumit kalimat penutup dari penulis.

KH. Sholeh Darat, sebagaimana yang disebutkan dalam kitab ini, menyebutkan murtad mempunyai tiga kategori. Ia mengatakan bahwa:

 “Wajib atas mukallaf kabeh arep ngrekso ing agomone lan Islame supoyo ojo kasi rusak. Utawi ingkang ngrusakaken agama iku tinggal salah suwiji sangking rukune agama kang patang perkoro kang wus tinutur. Utawi wernane murtad iku telung perkoro kang wus tinutur.”

Dalam kitab tersebut, macam-macam kategori murtad, yaitu:

1. Murtad secara i’tiqod (keyakinan)

Murtad secara i’tiqod seperti halnya berkeyakinan atau percaya terhadap qodimnya alam, berkeyakinan bahwa sesuatu yang baru (hawadis) bisa memberikan sebab terjadinya sesuatu, contohnya nasi bisa menjadikan kenyang, api bisa menyebabkan terbakar. Apabila semuanya bertumpu hanya kepada sebab akibat benda tersebut dan menghilangkan peran Allah maka menjadi murtad, kemudian murtad yang disebabkan karena berkeyakinan bahwa yang wajib menjadi Mubah, yang haram menjadi halal atau sebaliknya, serta berkeyakinan bahwa agama yang lain (Yahudi dan Nasrani) sebagai agama yang lebih baik nada kecondongan terhadapnya maka menjadi murtad rusak Islamnya.

“Koyo nekodake qodime alam utawa aneqodake suwiji-wiji hawadits, aweh lebet kelawan kuate utawa watake, koyo sego aweh lebet wareg lan geni aweh lebet gosong utawa suwiji-wiji biso gawe kelawan kuasane dewek, iku kabeh dadi murtad rusak islame. Lan malih dadi murtad lamun neqodake barang kang wajib den teqodake wenang utawa barang kang halal den teqodake haram utawa barang kang haram den teqodake halal kaya riya lan zina. Utawa neqodake setuhune sholat 5 waktu iku ora fardhu utawa neqodake setuhune adol tinuku iku haram. Utawa neqodake setuhune mangan artone bocah yatim iku halal, iku kabeh dadi murtad, tegese rusak islame. Utawa neqodake setuhune agama nasroni utawa agomo Yahudi iku bagus-baguse agama utawa demen ingdalem atine maring agomo nasroni utawa agomo Yahudi, maka dadi murtad, rusak Islame.”

2. Murtad karena ucapan

Murtad karena ucapan yakni murtad yang disebabkan karena mengucapkan kalimat yang berbau kekufuran. Misalnya, mengucapkan bahwa tuhan itu ada tiga, mengucapkan Nabi Muhamad bukan Nabi dan menganggap beliau sebagai pembohong, dan menghina Al Quran maka menjadi rusak Kufur dan rusak Islamya.

“Kelawan yentoh ngucap kalimat kufur koyo ngucap pengeran telu utawa ngucap nabi muhammad iku dudu nabi utawa ngucap nabi muhammad iku goroh ora bener ing dalem khobare, quran iku gawean manungso utawa ngucap kelawan ngino2x qur’an, utawa ngino nabi, koyo lamun ngucap nalikone ono lonte melebu omah ‘Udkhuluhaa bisalaamin aaminiin. Alhasil endi-endi pengucap kang dadi ngino-ngino ig allah utawa ngino-ngino ing qur’an utawa ngino-ngino ing nabi utawa ngino-ngino ing agamane, maka iyo dadi kufur rusak islame. Utawa ngrasani nabi kelawan olo utawa ngino, utawa ngucap utawi Qur’an iku ceritane malaikat jibril ora saking Allah utawi ngucap utawi khobare quran iku goroh ora cocok maka iku kabeh dadi kufur.”

3. Murtad dengan tindakan

Murtad dengan tindakan, seperti sujud kepada berhala dan menyajikan makanan diyakini adanya keberadaan jin untuk dipersembahkan pada jin sehingga mendapatkan manfaat atau menolak madlarat, maka perbuatan tersebut merupakan kekufuran.

Ketika jin, syaithan, dan danyang itu bisa memberi marabahaya kepada manusia, maka pastilah terbunuh semua manusia. Mengingat jin dan syaithan itu musuh sejatinya manusia. Maka, syaithan dan jin yang mereka sembah itu, juga masih dalam koridor qudrahnya Allah dan tidak berkuasa atas perbuatannya sendiri.

 “Lan wernane murtad kang kaping telu iku bongso penggawe lan penganggo koyo lamun sujud maring berholo utawi memulyakake maring danyang kayangan kelawan ngajeni panganan ono ing pawon utawa ono ing sawah-sawah utawa ono ing endi-endi panggonan kang den nyono ono jine nuli den sajen supaya aweh manfaat utawa nula mudhorot iku kabeh dadi kufur.”

KH. Sholeh Darat al-Samarani menyebutkan tiga perkara murtad ini nampaknya memang ditujukan guna untuk merespon suatu hal yang terjadi di tengah masyarakat. Ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa sedekah bumi harus diniatkan karena Allah semata, bukan untuk menghormati jin atau makhluk halus penunggu desa lainnya. Jika sedekah bumi tersebut diniatkan untuk menghormati jin atau makhlus halus lainnya, maka pelakunya bisa terjerumus dalam kekufuran.

Penulis: Danial .M Alumni Pondok Pesantren Hj. Haniah, Maros Mahasantri Ma’had Aly Sa’idussidiqiyah, Jakarta.

Editor: Khumaedi NZ

Jatman Online Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu'tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN) merupakan organisasi keagamaan sebagai wadah pengamal ajaran at-thoriqoh al-mu'tabaroh.