Thariqah Idrisiyah: Sejarah dan Kisah Berjumpa Nabi Khidir Hingga Rasulullah

April 12, 2024 - 20:52
 1
Thariqah Idrisiyah: Sejarah dan Kisah Berjumpa Nabi Khidir Hingga Rasulullah
ilustrasi

Tharîqah Idrisiyah dinisbatkan kepada nama Syekh Ahmad bin Idrîs al-Fasi al-Hasani (1172–1253 H./1758-1837 M). Ada beberapa nama diberikan kepada aliran thariqah ini. Terkadang disebut al-Idrisiyah, nama yang dihubungkan dengan Sayyid Ahmad bin Idrîs, namun sering pula disebut al-Khidiriyah, yang dikaitkan kepada Nabi Khidir As. Bahkan, Sayyid Muhammad Ali al-Sanusi dalam kitabnya al-Manhalu aI-Râwî al-Râ‟iq fî al-Sânîd al-'Ulûm wa Ushûli al-Tharîq menyebut thariqah ini dengan al-Muhammadiyah juga, ada pula catatan yang menyebut thariqah ini Ahmadiyah, nama yang dinisbatkan kepada Ahmad bin Idrîs.

Beliau dilahirkan di Naisabur, salah satu desa Kota Fas Maroko pada tahun (1173H./1760M). Nasab beliau sampai kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Beliau berasal dari keluarga yang taat beragama dan tumbuh di wilayah yang menjadi salah satu pusat kajian agama di wilayah Maghribi (Maroko). Ini terbukti sejak kecil beliau sudah didik dengan pelajaran dan keilmuan agama, Fiqih, Tafsir, Hadits, Aqidah, dan berbagai macam ilmu lahir.

Syekh Ahmad bin Idrîs terkenal sangat cerdas sehingga guru-guru beliau memberikan perintah utuk mengajarkan semua ilmu yang telah dipelajari. Selanjutnya Syekh Ahmad bin Idrîs berguru ilmu tashawwuf (tharîqah) kepada Syekh Abdul Wahab al-Tazi (w. 1131 H.) yang menjadi penerus Tharîqah Qadiriyah, yang merupakan murid Syekh Abdul Aziz, Biografinya disebutkan di kitab al-Ibriz karangan Ibnu al-Mubarak.

Pada tahun 1214 H. tepat umur 41 tahun Syekh Ahmad bin Idrîs pindah ke Makkah dan pada tahun 1246 H. beliau pindah ke Yaman dan menetap di daerah Shabyan sampai beliau wafat pada tahun 1253 H. Menurut Syekh Yûsuf al-Nabhani dalam kitabnya Jâmi‟ alKarâmât al-Auliyâ‟ secara umum, beliau memadukan antara ilmu lahir (ilmu syari`at) dan ilmu batin (ilmu tashawwuf), sehingga beliau sangat terkenal kemahiran yang sempurna dalam bidang ilmu al-Qur‟an, ilmu Hadits, ilmu Riwayat, dan ilmu Dirayat. Syekh Ahmad bin Idrîs mampu menyingkap tabir keilmuan dan menyatakannya secara umum dan khusus (Jâmi` Karâmât alAuliyâ`, juz 1 halaman: 460-461 dan al-Nafahât al-Aqdasiyah fi Syarh al-Shalawât al-Ahmadiyah al-Idrisiyah, halaman: 8).

Di antara para ulama agung yang bertemu dan berguru kepada Syekh Ahmad bin Idrîs adalah; Syekh Sayyid Abdur Rahman bin Sulaiman al-Ahdal (seorang mufti yang berpengaruh di zamannya dan mempunyai pengaruh keilmuan dan amaliyah yang besar di kota Mesir), Syekh Muhammad Abid al-Sanadi (seorang ulama besar dari kota Madinah al-Munawarah), Syekh al-Arabi al-Darqawi, Syekh Abu Abbas Ahmad al-Tijani (1737-1815 M), Syekh Muhammad Sanusi (pendiri Tharîqah Sanusiyah), Syekh Muhammad al-Madani (`Ulamâ‟ kota Madinah), Syekh Muhammad al-Majdzub al-Sawakini (Wali dari Sudan), Syekh Ibrahim al-Rasyid dan lain lain (Jâmi‟ al-Karâmât al-Auliyâ‟, juz 1, halaman: 463-464 dan al-Nafahât al-Aqdasiyah fi Syarh al-Shalawât al-Ahmadiyah alIdrisiyah, halaman: 9).

Syekh Ahmad bin Idrîs juga menerima awrad (wirid) tharîqah Syadzîliyah, dan tharîqah Taslikiyah yang diterima langsung dari Nabi Muhammad Saw. secara yaqdhah (pertemuan secara nyata dan fisik setelah Nabi Muhammad Saw. wafat, bukan pertemuan dalam mimpi). Hal ini merupakan keistimewaan yang diberikan Allâh Swt. kepada Syekh Ahmad bin Idrîs.

Syekh Ahmad bin Idrîs berkata: ”Aku berjumpa dengan Nabi Muhammad Saw. yang sedang bersama dengan Nabi Khidir As. dengan pertemuan nyata. Lalu Nabi Muhammad Saw. memerintahkan kepada Nabi Khidir As. untuk mengajariku dzikirdzikir Tharîqah Syadziliyah. Kemudan Nabi Muhammad Saw. bersabda kepada Nabi Khidir As.: “Wahai Khidir ajarkan kepadanya (Syekh Ahmad bin Idrîs) untuk mengajarkan suatu amalan yang menggabungkan segala macam dzikir, shalwat, dan istighfar”. Lalu Nabi khidir As. bertanya kepada Nabi Muhammad Saw, “Bacaan apa itu wahai Rasûlullâh?” Nabi Muhammad Saw. Bersabda: Ucapkanlah:

Kemudian Nabi Khidir As. menirukannya dan aku menirukannya setelah beliau berdua. Rasûlullâh mengulanginya sampai 3 kali. Nabi Saw. bersabda sampai akhir Shalawat al-'Azhimiyah: Wahai khidir ucapkanlah:

Kemudian Nabi Muhammad Saw. bersabda kepadaku: ”Wahai Ahmad, aku telah memberimu kunci langit dan bumi yaitu dzikir yang khusus, shalawat al-`Azhimiyyah, dan istighfâr al-Kabîr, membacanya sekali beratnya sama dengan isi dunia dan akhirat secara berlipat ganda”, (al-Nafahât al-Aqdasiyah fi Syarh al-Shalawât al-Ahmadiyah al-Idrisiyah, halaman: 10).

Pada kesempatan lain aku berjumpa dengan Nabi Muhammad Saw., dan beliau memerintahkan kepadaku untuk mengajarkan dzikir tersebut (Jâmi‟ al-Karâmât al-Auliyâ‟, juz 1, halaman: 464). Sumber: Sabilus Salikin (Hlm. 627-629)

SILSILAH

Berdasarkan beberapa literatur kitab yang dikarang oleh para Mursyid Idrisiyyah (seperti As-Salsabilal-Ma’in fii Tharaa-iq al-Arba’in, Al-Anwar al-Qudsiyyah, Manhal ar-Rawi ar-Raiq) maupun karangan Mursyid dari luar Idrisiyyah, rantai silsilah Tarekat ini bersambung ke banyak cabang Tarekat lainnya, karena Tarekat ini dibangun oleh 4 tiang Tarekat utama : Idrisiyyah, Sanusiyyah, Qadiriyyah dan Syadziliyyah. Rantai silsilah keguruan Tarekat ini bersambung kepada Rasulullah SAW melalui jalur para Mursyid yang masyhur, di antaranya Syekh Abd al-Qadir al-Jailani Ra, Syekh Abu al-Hasan al-Syadzili Ra, Syekh Ahmad bin Idris al-Fasi Ra, Syekh Muhammad bin Ali as-Sanusi Ra.
Adapun silsilah Thariqah Idrisiyah di Indonesia sebagai berikut:
1. Nabi Muhammad Saw (51 SH-12 H / 570-632 M)
2. Imam Ali bin Abu Thalib al-Hasyimi (23 SH-40 H/597-660 M)
3. Imam Hasan bin Ali (30-50 H / 625-670 M)
4. Imam Hasan al-Bashri
5. Sayidi Habib al-’Ajami
6. Syekh Daud bin Nasir al-Tha’i
7. Syekh Ma'ruf al-Karkhi
8. Syekh Sirri bin Mughlas al-Siqti
9. Syekh Abu al-Qasim Junaid al-Baghdadi
10. Syekh Abu Bakar bin Jahdar al-Syibli
11. Syekh Abdul Wahab al-Tamimi
12. Syekh Abu al-Farj al-Thartusi
13. Syekh Abu al-Hasan Ali bin Ahmad al Qurasyi
14. Syekh Said al-Mubarak al Makhrami
15. Syekh Abd al-Qadir al-Jailani (w. 561 H / 1166 M)
16. Syekh Syuaib Abu Madyan
17. Syekh Abd al-Rahman al-Madani
18. Syekh Abd al-Salam al-Masyisy (559-626 H / 1163-1228 M)
19. Syekh Abu al-Hasan al-Syadzili (593-656 H / 1196-1258 M)
20. Syekh Abu al-Abbas al-Mursi (616-686 H / 1219-1287 M)
21. Syekh Ahmad bin 'Athaillah as-Sakandari (1259-1309 M)
22. Syekh Daud al-Bakhili (1335 H / 735 M)
23. Syekh Muhammad Bahru Shafa (w. 760 H / 1359 M)
24. Syekh Ali bin Muhammad bin Wafa (w. 807 H / 1404 M)
25. Syekh Yahya al-Qadiri (798-857 H / 1395-1453 M)
26. Syekh Ahmad bin Aqabah al-Hadhrami (1421-1490 M)
27. Syekh Ahmad bin Zaruq (846-899 H / 1442-1494 M)
28. Syekh Ahmad bin Yusuf al-Ghilani
29. Syekh Ali bin Abdullah al-Ghilani
30. Syekh Abu al-Qasim al-Ghazi
31. Syekh Ahmad bin Ali al-Haj al-Dar'i (w. 1129 H)
32. Syekh Muhammad bin Nasir al-Dar’i (w. 1035 H)
33. Syekh al ’Arabi al Fasytali
34. Syekh Umar bin Muhammad al-Hawari
35. Syekh Abd. Aziz ad Dabbagh (w. 1128 H / 1717 M)
36. Syekh Abdul Wahab at Tazi (1679-1791 M)
37. Syekh Ahmad bin Idris al Fasi (1760-1837 M)
38. Syekh Muhammad bin Ali as Sanusi (1787- 859 M)
39. Syekh Muhamad Al Mahdi (1844-1902 M)
40. Syekh Ahmad Syarif Sanusi (1873-1933 M)
41. Syekh Akbar Abdul Fattah (1884-1947 M)
42. Syekh Akbar Muhammad Dahlan (1916-2001 M)
43. Syekh Akbar Muhammad Daud Dahlan (1952-2010 M)
44. Syekh Akbar Muhammad Fathurahman