Habib Luthfi Menjawab - Benarkah Saya Merupakan Keturunan Nabi Saw

November 27, 2023
Habib Luthfi Menjawab - Benarkah Saya Merupakan Keturunan Nabi Saw

Jakarta, JATMAN Online - Pertanyaan: Habib Luthfi yang saya hormati, saya ingin bertanya mengenai silsilah nasab saya. Menurut keluarga, keluarga kami ketururan Mbah Mutamakkin, Kajen, Jawa Tengah. Saya juga mendapatkan informasi bahwa Mbah Mutamakkin itu nasabnya sampai kepada Rasulullah saw, Apakah hal itu benar?

Jawaban Habib Luthfi: Saya tidak tahu dan mengenal orangtua beserta keluarga Saudara, karenannya saya tidak mengetahui apakah Saudara keturunan Mbah Mutamakkin atau bukan. Mbah Mutamakkin hidup pada zaman Sri Susuhunan Pakubuwono V. Beliau merupakan keturunan Pangeran Benowo dari Suryokusumo yang dimakamkan di Kudus. Untuk lebih jelasnya tentang nasab ini, lebih baik Saudara datang ke Kajen atau kepada keturunan Mbah Sanusi di Bareng atau Abdullah Nafi di Kajen, Pati, beliau ini keturunan langsung Mbah Mutamakkin.

Kalau tidak salah, Mbah Mutamakkin tidak memiliki anak laki laki yang keturunannya melainkan dari anak perempuan, yaitu Nyai Godek, yang memiliki anak yakni Raden Suhendro, yang kemudian menurunkan beberapa anak yang menjadi tokoh, diantarannya Abdullah Salam, Kiai Sahal, Mronggo dan masih banyak lagi.

Adapun dari Mbah Mutamakkin ke atas, saya belum mengetahui penjelasan secara pasti apakah betul beliau memiliki nasab sampai kepada Rasulullah saw. Karena ada beberapa penjelasan sejarah yang simpang siur. Maka saya menyarankan kepada Saudara Umar untuk langsung mendatangi Mbah Abdullah Nafi' atau keturunan Kyai Mukhtar atau Mbah Sanusi di Bareng. Mereka lebih mengetahui akan fakta ini.

Catatan Redaksi: Pertanyaan sejenis ini lebih tepat dialamatkan ke lembaga nasab Alawiyyin. Pertama, al-Maktab ad-Daimi, lembaga nasab di bawah haungan ar-Rabithah al-'Alawiyah (Jl. T.B. Simatupang, Barat, Jakarta Selatan) atau yang kedua, Nagabatul Asyraf al-Kubra (Kalibata, Jakarta Selatan). *

Sumber: Umat Bertanya Habib Luthfi Menjawab