TQN dan Konsep Ajaran Pokoknya

September 20, 2023
TQN dan Konsep Ajaran Pokoknya

Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah adalah sebuah aliran tarekat ya merupakan perpaduan (univikasi) dari dua aliran tarekat besar, yait Tarekat Qadiriyah dan Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddidiyah.

Tarekat ini didirikan oleh imam Masjidil Haram yang bernama Syekh Ahmad Khatib as Sambasi bin Abdul Ghafar  Sambas, seorang ulama dari Kalimantan Barat yang bermukim di Makkah al-Mukaromah dan wafat pada tahun 1878 M.

Syekh Ahmad Khatib Sambas mengambil sanad Tarekat Qadiriyah dari jalur Syekh Syamsuddin al-Makki dan Tarekat Naqsabandiyah dari Syekh Khalil Hilmi. Dari kedua tarekat tersebut kemudian terbentuklah Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah (TQN).

TQN kemudian masuk ke Indonesia (pulau jawa) melalui para khalifah Syekh Ahmad Khatib yang berasal dari Indonesia dan sedang belajar di Mekkah. Di antara yang paling penting ada melalui tiga jalur silsilah, yaitu dari jalur Syekh Abdul Karim al-Bantani di Pagentongan Ciwaringin Jawa Barat, jalur Syekh Muhammad Thalhah al Cireboni di Cirebon Jawa Barat dan Syekh Ahmad Hasbu al- Maduri, yang berpusat di Pondok Pesantren Rejoso Jombang, Jawa Timur.

Dari ke tiga jalur ini, TQN menyebar ke Pulau Jawa. Dari jalur silsilah Syekh Abdul Karim al- Bantani menyebar ke Jawa melalui seorang mursyid di Mranggen Demak Jawa Tengah Jawa Tengah, yang bernama Syekh KH. Muslih bin Abdurrahman dan menurunkan banyak mursyid. Dari jalur silsilah Syekh Ahmad Hasbu al Maduri masuk ke Jawa melalui seorang mursyid di Rejoso Jombang, Pondok Pesantren Darul Ulum, yang bernama Syekh KH. Romli Tamim. Sedangkan yang dari jalur Syekh Ahmad Thalhah al Cireboni masuk ke Jawa melalui seorang mursyid dari pesantren Suryalaya Tasikmalaya, yang bernama Syekh Haji Abdullah Mubarak bin Nur Muhammad (Abah Sepuh).

Adapun melalui sanad-sanad mursyid di atas, ajaran pokok yang dikembangan dalam TQN itu sama, yakni meliputi:

1. Konsep Wasatiyah dalam Suluk (moderasi dalam laku tasawuf)
2. Adabul Muridin (kode etik seorang pengamal tasawuf)
3. Zikir Jahri Nafi Isbat serta Zikir Sirri Lathaif
4. Muraqabah 20, di antaranya,

  • Muraqabah Ahadiyah
  • Muraqabah Ma’iyyah
  • Muraqabah Aqrabiyyah
  • Muraqabah al-Mahabbah fi al-Daerah al-Ula
  • Muraqabah al-Mahabbah fi al-Daerah al-Tsaniyyah
  • Muraqabah al-Mahabbah fi al-Daerah al-Qausi
  • Muraqabah Wilayah al-‘Ulya
  • Muraqabah Kamalat al-Nubbuwwah
  • Muraqabah Kamalat al-Risalah
  • Muraqabah Uli al-‘Azmi
  • Muraqabah al-Mahabbah fi-Daerah al-Khullah wahiya Haqiqat Ibrahim ‘alaihi al-Salam
  • Muraqabah Daerah al-Mahabbah al-Shirfah wahiya haiqaqat Syaidina Musa ‘Alaihi al-Salam
  • Muraqabah al-Dzatiyyah al-Mumtazijah bi al-Mahabbah wahiya haqiqat al-Muhammadiyyah
  • Muraqabah al-Mahbubiyyah al-Shirfah wahiya haqiqat al-Ahmadiyyah
  • Muraqabah al-Hubbi al-Shirfi
  • Muraqabah Laa Ta’yin
  • Muraqabah Haqiqat al-Ka’bah
  • Muraqabah Haqiqat al-Qur’an
  • Muraqabah Haqiqat al-Shalat
  • Muraqabah Daerah al-Ma’budiyyah al-Shirfah