Tauhid Sufi dalam Pandangan Ulama Aceh

Dr. Muhammad Dhiahuddin Kuswandi[i] menjelaskan klasifikasi tauhid yang terbagi menjadi tiga tingkatan:
– Untuk orang awam, yaitu tauhid yang didasarkan pada Ilmu Kalam
– Untuk orang khawash, yaitu tauhid yang didasarkan pada Ilmu Filsafat Perennial
– Untuk orang khawasul khawash, yaitu tauhid yang didasarkan Ilmu Tauhid Sufi.
Tauhid sufi adalah tauhid murni yang didasarkan pada faham wahdtul wujud sebagaimana yang telah dikonseptualisasikan oleh tokoh-tokoh sufi antara lain Al-Hallaj, Syeikh Ibnu Arabi, Syeikh Abdul Qadir al Jilani, Imam Shadruddin al Qunawi, Abdul Karim al Jili, Syeikh Abdul Rauf al Singkili dan lain sebagainya.
Dalam pandangan wahdatul wujud, hanya ada satu wujud mutlaq yaitu Allah Swt. sebagai hakikat segala sesuatu. Sedangkan alam dan manusia adalah merupakan tajalli atau madhar dari Sifat-Nya.
Pencapaian tertinggi dalam tauhdi sufi ini ditandai dengan pengalaman ruhani [religius experince] berupa kesadaran dikenal
شهود الكثرة في الوحدة وشهود الوحدة في الكثرة
Menyaksikan yang Eka [Tunggal] dalam aneka [banyak] dan menyaksikan yang aneka dalam Eka.[ii]
Maksud شهود الكثرة في الوحدة ibarat sebatang pohon. Kita lihat banyaknya daun, buah, cabang, ranting, kayu dan akar semuanya itu datang dari biji yang tampak pada sirr hati. Adapun pikiran kita hanyalah biji semata. Dari contoh ini dapat diambil makna bahwa daun, buah, cabang, ranting, kayu dan akar adalah cosmos [alam semesta termasuk manusia]. Sedangkan biji adalah ibarat Allah Swt.
Adapun maksud شهود الوحدة في الكثرة adalah memandang secara mesra kepada Allah Swt. Meliputi ia pada zarratul wujud sebagaimana contoh di atas, di mana yang tampak hanya biji. Kemudian dari biji itulah timbul daun dan sebagainya.[iii]
Abuya Syeikh. H. Amran Waly Al-Khalidy mengartikan Tauhid Sufi ibarat Tauhid Af’al, Tauhid Sifat dan Tauhid Dzat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya makhluk ini adalah bekas dari perbuatan Allah. Perbuatan ini bersambung dengan sifat-sifat-Nya dan sifat-Nya berdiri pada Dzat-Nya. Oleh karena itu, apabila hilang perbuatan kita dalam perbuatan-Nya, sifat kita dalam sifat-Nya dan wujud kita dalam Dzat-Nya, orang-orang yang seperti inilah yang dapat bertauhid sufi. Hilang Wujud selain Allah Swt. di dalam Wujud-Nya, maka zahirlah dalam pandangannya Allah itu Esa pada perbuatan-Nya, pada sifat-Nya dan pada Dzat-Nya.[iv]
Imam Muhyiddin Ibnu Arabi, berkata;
من شهد الخلق لا فعل لهم فقد فاز، ومن شهدهم لا حياة لهم فقد حاز، ومن شهدهم عين العدم فقد وصل
“Barang siapa yang menyaksikan makhluk tiada ada perbuatan bagi mereka, maka sungguh ia telah menang. Barangsiapa yang menyaksikan makhluk tiada hidup bagi mereka, maka sungguh ia telah mendapat keuntungan. Dan Barangsiapa yang menyaksikan makhluk tiada wujud, maka sungguh ia telah wushul (sampai kepada Allah Swt).”[v]
Adapun arti dari sufi sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Sayyidi Abdul Karim Al-Jili
الصوفي : من صفا من كدورات البشرية بأسماء الحق ولصفاته وذاته فهو مصفى مما سوى الحق.
“Sufi adalah orang yang jernih dan bersih hatinya dari berbagai kotoran manusiawi, dan mengisi bathinnya dengna nama-nama sifat-sifat dan Dzat Allah Swt. serta mensucikan segala sesuatu selain Al-Haq.”[vi]
Kegunaan Tauhid Sufi sebetulnya adalah untuk memperbaiki diri dengan cara bertaubat, zuhud, mudah melaksanakan ketaatan, menjunjung tinggi perintah dan menjauhi larangan Allah Swt. baik dari segi ibadah dan muamalah. Untuk menghilangkan ananiyah (wujud diri), dapat beribadah dengan tidak melihat amal, imbalan dan maksud diri (popularitas) serta berkasih sayang sesama hamba Allah Swt. dan makhluk-Nya. Karena dia melihat bahwa baik dirinya maupun orang lain adalah milik Allah Swt. Sehingga ia dapat berakhlak dengan akhlak-Nya. Sebagaimana Sabda Rasulullah Shalallahu Alayhi Wasallam;
تخلقوا بأخلاق الله
“Berakhlak kamu dengan Akhlak Allah Swt.”
Penulis: Budi Handoyo
(Dosen Prodi Hukum Tata Negara Islam, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, STAIN Teungku Diruendeng Meulaboh-Kabupaten Aceh Barat)
[i] Pimpinan Keluarga Besar Wali Songo dan Pimpinan Majelis Tasbih Surabayah
[ii] Muhammad Dhiahuddin Kuswandi, Tauhid Tasawuf dalam Peranan dan Jejaknya dalam Peradaban Nusantara, Makalah Disampaikan Muzakarah Tauhid Tasawuf ke IV Asia Tenggara di Pesantren Raudha Al-Hikam, Cibinong=Bogor Jawa Barat, pada Tanggal 25 s/d 27 Agustus 2016, hal 4-6
[iii] Haderanie, Permata yang Indah [Ad-Durrunnafis], Nur Ilmu, Surabaya, hal 114-114
[iv] Abuya Syech H. Amran Waly Al-Khalidi, Risalah Tauhid Tasawuf & Tauhid Shufi Abuyah Syaikh Amran Waly Al-Khalidi, Jilid 1, Darul Ihsan, Labuhan Haji, Aceh Selatan, hal 105
[v] Abdul Madjid Syarnubi, Syarah Al-Hikam Ibnu Athaillah Al-Sakandari, Dar Ibnu Katsir, Beirut, hal 81
[vi] Abdul Karim Al-Jili, Al-Manazhiru Al-Ilahiyyah, Dar Al-Manar, Al-Qaherah, hal 170