Connect with us

Daerah

MATAN Brebes Kenalkan MATAN pada Generasi Millenial dengan Unik

Published

on

Photo: Saeful

Brebes, jatman.or.id: Pengurus Cabang Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (PC MATAN) Brebes dan Pengurus Komisariat MATAN STAI Brebes serta jajaran petinggi kampus STAI Brebes mengadakan Taman Sufi “Ngopi Bareng Ngobrol Sufi” di Royal cafe di kaligangsa kulon Brebes pada Minggu pagi (18/10).

Acara Ngopi bareng MATAN ini bertajuk “Motivasi Membaca dan Mempelajari Al-Qur’an Digenerasi Bucin (Millenial)” menghadirkan pembicara KH. Agus Minnanurohman, Lc. M.Pd selaku dosen di STAI Brebes dengan moderator KH. Chudlori Muslim, M.Pd

Acara ini menggandeng para generasi muda untuk mencintai Al-Qur’an dengan selalu berusaha mempelajari dan memahami ajaran Islam yang tertuang di dalam Al-Qur’an, sehingga tidak cekak dalam pola pikir dan pemahamannya. Agar memandang hidup penuh kasih sayang kepada sesama makhluk Allah.

Kegiatan ini juga dimeriahkan langsung oleh grup musik MATAN Brebes. Ketua MATAN Brebes menjelaskan tujuan terkait diadakannya kegiatan ini untuk mengenalkan MATAN pada generasi millennial.

“Pertama, mengenalkan apa itu MATAN dan tujuan MATAN. Kedua, melalui MATAN dapat bergerak bersama untuk mengangkat nilai-nilai tasawuf di era modernisasi,” kata Saeful Anwar.

Meskipun diadakan di Cafe, materi yang dibahaspun sangat menarik sehingga membuat antusias para hadirin terlebih lagi yang hadir dari generasi millennial. Dosen STAI Brebes menekankan kepada kader MATAN dan yang hadir agar bisa istiqamah dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Diakhir acara, Kyai Agus berpesan kepada para peserta yang hadir di Royal Cafe untuk bergabung ke MATAN.

“Bermatanlah, tapi jangan bermantan. Karena melalui MATAN hidup akan lebih indah,” pesannya.

Berita

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta akan Hadirkan Abah dalam Dzikir Akbar dan 1 Miliar Sholawat Nariyah

Published

on

Jakarta, JATMAN Online: Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta akan menggelar Dzikir Akbar pembacaan Sholawat Nariyah sebanyak 1 Miliar yang dipusatkan di Mesjid KH. Hasyim Asy’ari, Jakarta Barat, pada hari Kamis malam, 21 Oktober 2021.

Pembacaan Sholawat Nariyah itu dilakukan sebagai salah satu bentuk ikhtiar dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang kini telah melanda seluruh tanah air dan berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) PWNU DKI Jakarta tahun ini mengangkat tema “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya.” Tema tersebut dipilih sebagaimana tugas dan kewajiban para santri yang memiliki peran penting untuk menanamkan serta menjaga nilai-nilai keluhuran Akhlaqul Karimah dengan penuh keikhlasan kepada masyarakat terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang berkepanjangan saat ini.

Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan pandemi COVID-19, moment Peringatan HSN tahun ini, Dzikir Akbar pembacaan Sholawat Nariyah sebanyak 1 Miliar ini dilakukan secara serentak oleh seluruh kader dan pengurus Nahdatul Ulama ditingkat MWC dan Ranting NU yang ada di wilayah DKI Jakarta hingga seluruh pelosok Indonesia secara online maupun offline.

“Tentunya kita berharap dengan pembacaan 1 Miliar Sholawat Nariyah, kondisi bangsa Indonesia saat ini dapat segera kembali pulih dari pandemi COVID-19”

Rencananya, pembacaan 1 Miliar Sholawat Nariyah yang dipusatkan di Mesjid KH Hasyim Asy’ari akan dihadiri oleh Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH Said Aqil Siradj, M.A., Rais Am Jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’thabarah an-Nahdiyah (JATMAN) yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Dr. (H.C). Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Rais Syuriah PWNU DKI Jakarta KH. Muhyiddin Ishaq, Ketua PWNU DKI Jakarta KH. Syamsul Ma’arif, serta para ulama dan habaib lainnya.[Tatang]

Continue Reading

Berita

Pelantikan Idarah Syu’biyah Kota Makassar Periode 2020/2025

Published

on

Syu’biyah Kota Makassar

Makassar, JATMAN Online: Momentum bersejarah kembali terukir di Kota Daeng. Hari Sabtu, tanggal 18 September 2021, pelantikan pengurus Idarah Syu’biyah Jam’iyah Ahli Thariqah al-Muktabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) Kota Makassar berlangsung khidmat di Aula Angin Mamiri Rujab Walikota Makassar.

Panitia mengangkat tema “Thariqah al-Mu’tabarah Bangkit, Indonesia Damai dan Berkah”. Tema ini seakan-akan menitip pesan, bahwa keberadaan pengamal tarekat dengan pesan dakwahnya akan memberikan kontribusi besar bagi bangsa, yaitu menciptakan kedamaian dan menurunkan berkah Allah SWT. di Indonesia, khususnya di Kota Makassar.

Secara resmi kepengurusan Idarah Syu’biyah JATMAN Makassar dilantik oleh Drs. K. H. Sahib Sultan Karaeng Nompo (Rais Idarah Wustha JATMAN Prov. Sulawesi Selatan) kemudian dilanjutkan penandatangan berita acara oleh Mudir Idaroh Wustha JATMAN SULSEL (Prof. Dr. H. Abd. Kadir Ahmad, MS. APU), dengan Mudir Idarah Syu’biyah JATMAN Makassar (Drs. H. Misbahuddin Salamu, MA.), Rais Awal JATMAN Pusat Syeikh Sayyid Abd. Rahim Assegaf Puang Makka dan Rais Ifadliyah JATMAN SULSEL dan Makassar, turut menyaksikan Pejabat Walikota Makassar, Pejabat Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar, Ketua Tanfiziyah NU Makassar.

Mudir Idarah Syu’biyah JATMAN Kota Makassar dan juga Kepala Kantor Kemenag Luwu Timur, Drs. H. Misbahuddin Salamu, MA. menyampaikan dalam pidato pembukanya, bahwa JATMAN adalah organisasi keagamaan yang mewadahi pengamal tarekat mu’tabarah dengan menganut paham Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah sesuai yang dibawa oleh para masyaikh dan ulama al-‘Amilin. Dakwah JATMAN selain menebar Islam Rahmatan lil ‘alamin dalam bingkai Ke-Indonesiaan juga berupaya menguatkan generasi yang berakhlak dan memiliki kekuatan ruhani berdasarkan iman dan taqwa.

Pelantikan kali ini dihadiri dari pejabat pemerintah Kota Makassar, para masyaikh dan ulama, pejabat Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar. Diantaranya Syeikh Sayyid Abd. Rahim Assegaf Puang Makka (Mursyid Tarekat Khalwatiah Syekh Yusuf al-Makassari dan Rais Awwal Idaroh Aliyah JATMAN Pusat, Syeikh K. H. Sahib Sultan Karaeng Nompo (Mursyid Tarekat Khalwatiyah Yusufiyah al-Makassari), Dr. K. H. Abd. Muttalib, M.Ag. (Rais Ifadliyah Idarah Syu’biyah JATMAN Makassar), Drs. K.H. Alwi Nawawi, Ketua Tanfidziah NU Kota Makassar Dr. K.H. Kaswad Sartono, MA., Dr.K.H. Amirullah Amri, MA. (Ketua Majelis Ikhwan Tarekat Al-Muhammadiyah Indonesia), Dr. K. M. Mahmud Suyuti, M. Ag. (Ketua PW. MATAN SULSEL) dan sejumlah Ulama lainnya, Kabag Kesra Kota Makassar, Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar Dr. H.M. Arsyad Ambo Tuo, M. Ag., Dandim, Kapolrestabes, dan pengurus JATMAN Kota Makassar yang ikut dilantik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menggelar Raker Perdana pertama dengan kesepakatan diantaranya adalah pembentukan pengurus Gusniyah (Kecamatan) JATMAN di semua Kecamatan Kota Makassar dengan harapan terakomodir tahun 2021 ini.

Acara pelantikan ini terselenggara dengan sukses berkat Kerjasama ketua panitia H. Ambo Sakka Ambo, M. Ag., sekertaris panitia H. Hasan Pinang, M. Th. I dan seluruh panitia dengan bekerjasama Walikota Makassar. Pelaksanaan Acara mengikuti standar protokol Kesehatan.[Har]

Continue Reading

Berita

RS Bhayangkara Lumajang Lakukan Vaksinasi di Pondok Pesantren Darul Falah

Published

on

RS Bhayangkara Lumajang Lakukan Vaksinasi

Lumajang, JATMAN Online: Ikhtiar untuk keluar dari ruang pandemi menuju endemi dibutuhkan ikhtiar bersama dari seluruh elemenen masyarakat. Anak tangga pertama untuk menuju endemi adalah dengan terbentuknya herd imunity (kekebalan kelompok-red) dan itu bisa tercapai dengan mempercepat program vaksinasi nasional. Sebagai bentuk partisipasi nyata menyukseskan program tersebut Pondok Pesantren Darul Falah (DAFA) menggelar acara vaksinasi Covid 19 pada, Sabtu (11/09).

Di salah satu ruangan Pesantren yang berlokasi di Jl. KH. Noer Khotib Denok, Lumajang acara vaksinasi itu digelar. Menurut Kyai Ainur Ridho selaku pengasuh PP. DAFA, pihak pesantren hanya menyediakan tempat, untuk pelaksanaan sepenuhnya oleh pihak RS. Bhayangkara Lumajang.

“Kita hanya menyediakan tempat, pelaksanaan sepenuhnya dari RS Bhayangkara,” ujar kyai muda yang lebih sering di sapa Gus I’in dalam keterangan tertulis yang diterima pihak JATMAN Online.

RS Bhayangkara Lumajang Lakukan Vaksinasi

Masih menurut Gus I’in, pihak DAFA malam harinya (10/09) diberi tahu oleh pihak RS Bhayangkara bahwa besok pagi tim vaksinator akan melakukan kegiatan vaksinasi.

Walau dengan waktu persiapan yang singkat, acara tersebut diikuti oleh 120 peserta. Dengan rincian 52-yang memenuhi syarat untuk divaksin- dari Santri DAFA, sisanya masyarakat sekitar Pesantren.

“Alhamdulillah, walau mendadak acara berjalan lancar,” terang kyai muda alumnus Pesantren Ploso Kediri tersebut.

Gus I’in juga sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan tim vaksinator RS. Bhayangkara Lumajang yang telah berkenan melakukan vaksinasi di DAFA, juga kepada masyarakat sekitar Pesantren khususnya dan masyarakat Denok secara keseluruhan atas partisipasinya menyukseskan acara tersebut.

“Terima kasih kepada tim vaksinator RS Bhayangkara juga masyarakat desa Denok, semoga Denok tetap dalam zona hijau,” putra ragil Allahumarham Kyai Abdullah Sajadi Fadllillah tersebut menutup keterangannya. [Syu’aib]

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending