Connect with us

Daerah

Peringatan HSN 2020 di Minhadlul Ulum Lampung

Published

on

Dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2020, PP. Minhadlul Ulum Trimulyo Tegineneng Kab. Pesawaran, Lampung melaksanakan kegiatan Upacara Hari Santri Nasional 2020 yang dirangkai dengan kegiatan lomba-lomba busana santri.

Ummul Ma’had, Hj. Maryam Maulida, S.Pd.I bertindak selaku instruktur yang memimpin upacara penuh hikmat sampai akhir.

Pada kesempatan yang sama, Pengasuh Pondok Pesantren, Gus Amin Udin el-Hady, S.H.I., M.Pd.I selaku pembina upacara berpesan, momentum HSN 2020 ini perlu dijadikan sebagai upaya mewujudkan santri yang sehat sehingga mampu menopang Indonesia Sehat 2024.

Kesehatan adalah hal yang sangat urgen dalam kehidupan kita, karena pikiran yang sehat, buah pikir yang sehat akan mampu didapat dan produktif jika jasmani kita juga sehat, paparnya.

Peringatan Hari Santri Nasional ini diikuti oleh santri baik putra maupun putri.[Amin]

Berita

JATMAN Kabupaten Bandung Barat Gelar Musyawarah Kerja

Published

on

Bandung, JATMAN Online – Idaroh Syu’biyah Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al Mu’tabaroh an Nahdliyyah (JATMAN) Kabupaten Bandung Barat menggelar Musyawarah Kerja (Musker) di Pondok Pesantren Al-Maidan Fikri, Cangkorah Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (29/01/2023).

Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bandung Barat Pangersa Rois KH. Aa Maulana ZA dalam Taushiyahnya menyampaikan pentingnya bertarekat, agar amalan khususnya bersanad.

“Ada Guru Mursyid yang membimbingnya. Ibadahnya tidak asal menggugurkan perintah, tapi dibarengi dengan Mahabbah dan Ma’rifat,” jelasnya.

Menurut AA, sapaan akrabnya, bahwa tarekat itu ibarat kabel jika disambungkan terus akan menyala. Walaupun amal atau zikirnya jumlahnya sedikit pasti akan sampai kepada Allah Subhanahu wa ta’ala melalui sambungan para Mursyid hingga Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam.

Sementara itu, Rais JATMAN Kabupaten Bandung Barat, KH Dr. Ma’mur Sa’adi, mengungkapkan agar Jam’iyyah ke depan harus kuat dengan terbentuknya pengurus hingga tingkat Sya’afiyah, maju dan mandiri.

Beliau hingga meneteskan air mata, saat menyampaikan kalam Rais ‘Aam Idaroh Aliyyah JATMAN, Maulana Habib Luhfi bin Yahya “jangan mengecewakan”.

Diketahui, kegiatan Muker tersebut, Idaroh Syu’biyah JATMAN Kabupaten Bandung Barat, membahas lima bidang, diantaranya Bidang Kemandirian Jam’iyyah, bidang Dakwah Budaya Seni, Bidang Pengkaderan, Bidang Literasi Manaqib Aulia dan Bidang Cinta Tanah Air.

Kesimpulan dari acara tersebut yaitu agar JATMAN Kabupaten Bandung Barat maju dengan lengkap kepengurusannya, bisa mandiri, dan bisa dakwah bilhal dengan ekonomi yang amanah serta dakwah bilkalam melalui tulisan dan seni.

Pewarta: Saprudin

Editor: Arip Suprasetio

Continue Reading

Berita

UNU Yogyakarta Launching Klinik Konseling Konsultasi Kesehatan Mental

Published

on

Yogyakarta, JATMAN Online – Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta melaunching klinik konsultasi keluarga dan anak muda yang diberi nama Klinik K2+ di di ruang kelas kampus UNU Yogyakarta Lowanu, Selasa (24/1/2023). 

Klinik ini diinisiasi oleh Pusat Studi Kependudukan dan Kesejahteraan Keluarga (Pusdeka) UNU Yogyakarta. Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Widya Priyahita Pudjibudojo menandatangani dokumen pendirian klinik konseling tersebut di hadapan para peserta yang hadir. 

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Klinik K2+,” kata Widya Priyahita.

Dilansir dari NU Online, Rektor UNU Yogya menyampaikan, saat ini banyak persoalan mental yang harus direspons secara serius.

“Sebab hal ini memengaruhi pilihan dan sikap seseorang dalam mengambil keputusan. Sayangnya, ruang konsultasi ini masih sangat sedikit,” imbuhnya.

Rektor Widya pun mengapresiasi pembukaan klinik ini. Menurutnya, hal ini bisa menjadi ruang aman bagi sivitas akademik UNU dan masyarakat pada umumnya. Kesehatan mental memang menjadi persoalan serius di tengah masyarakat, termasuk di lingkungan kampus.

“Ada banyak kasus mahasiswa mengalami depresi yang disebabkan berbagai hal, seperti tugas kuliah hingga asmara,” ucap Rektor UNU Yogya.

“Pengambilan keputusan yang kurang tepat bisa jadi karena ia sendirian dan tidak ada orang yang diajak berbicara,” tambahnya.  

Widya menjelaskan, moto you share, we care adalah upaya mendorong masyarakat untuk berani mengemukakan persoalannya. Klinik K2+ siap menjadi pendengar yang baik bagi siapa saja. Rindang menyadari bahwa Klinik K2+ masih memiliki keterbatasan sehingga kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi salah satu agenda utama klinik ini.  

Sementara itu, Direktur Pusdeka Rindang Farihah, menjelaskan bahwa tujuan klinik ini memang sebagai tempat bercerita dan menemani masyarakat yang membutuhkan.

“Klinik K2+ berkomitmen memberikan layanan seputar pemulihan dan perawatan kesehatan mental keluarga dan anak muda dengan pendekatan psikologis dan spiritual keagamaan,” paparnya.

Ia menjelaskan beberapa jenis layanan yang bisa didapatkan seperti konseling keluarga, konsultasi persoalan remaja dan anak, konsultasi hukum, agama, hingga informasi layanan rujukan.  

Diketahui, rangkaian acara peluncuran ini diisi dengan talkshow bertema You Share, We Care: Resiliensi Perempuan, Anak Muda, dan Keluarga dalam Membangun Kehidupan Sejahtera bersama Siti Rohmah Nur Hayati, instruktur Bina Keluarga Sakinah Kementerian Agama RI dan Dwina Lilla Pandia, pegiat kesehatan jiwa masyarakat dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM.

Continue Reading

Berita

Habib Luthfi Berikan Ceramah Kebangsaan di Polres Karawang

Published

on

Karawang, JATMAN Online – Rais ‘Aam Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al Mu’tabaroh an Nahdliyyah (JATMAN) Maulana Habib Luthfi bin Yahya menjelaskan pentingnya memperkuat ukhuwah insaniyah dan ukhuwah wathoniyah dalam merajut persatuan dan kesatuan bangsa.

Ceramah kebangsaan tersebut disampaikan Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya di Aula Tanahhatu Polres Karawang, pada Rabu (18/1/2023). Turut hadir Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono dan diikuti seluruh Pju, Kapolsek, dan personil Polres dan Polsek Jajaran.

Habib Luthfi Bin Yahya dalam ceramahnya menyampaikan generasi muda memiliki peran penting untuk dapat memperkokoh Indonesia.

“Lahirnya generasi muda yang kuat dan kokoh tidak terlepas dari jerih payahnya para pendahulu melalui perjuangannya mempertahankan NKRI. Jangan sampai rasa persaudaraan dan persatuan bangsa ini dipecah belah,” tegasnya.

Ketua Forum Sufi Dunia ini mengingatkan bahwa Indonesia harus bisa menegakkan jati diri bangsa, menjaga kehormatan bangsa dan memahami rasa kebangsaan. Tandasnya.

 Sementara itu, Kapolres Karawang menyampaikan kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak yang positif kepada seluruh personal yang ada.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ceramah Kebangsaan ini akan dapat diambil manfaat serta dapat dijadikan bahan renungan oleh seluruh personil sekaligus diamalkan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala, sekaligus Dapat meningkatkan pelaksanaan tugas dalam bingkai nasionalisme dan kebangsaan,” ungkapnya.

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending