Mursyid Hanya Untuk Kalangan Petani, Habib Puang Makka: Itu kesombongan Belaka!

Jakarta, JATMAN Online – Kajian Jam’iyyah Ahlith Thoriqah Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN) Sulawesi Selatan dengan tema “Posisi Mursyid Bagi Salik”, Minggu (28/11), menjelaskan kedudukan Mursyid dalam Thoriqoh.
Sebagai pemateri dalam kajian ini yaitu Dr. KH. Ali M. Abdillah, M.A. (PW MATAN DKI JAKARTA), Dr. KH. Ruslan Wahab, M.A. (Wakil Rois Syuriah JATMAN Sulses) dan Pensyarah kajian ini adalah Guru Mulia Habib Abdurrohim Assegaf Puang Makka (Rois Awwal Idaroh Aliyah JATMAN).
Acara ini dibawakan oleh moderator Muhammad Ikhsan (Plt. Sekretaris PW MATAN Sulses) yang kemudian dimulai dengan sambutan yang disampaikan Prof. Dr. H. Abd Kodir Ahmad, MS. MPU. (Mudir IW JATMAN Sulses) juga Plt. Pengurus Pusat MATAN yaitu Dr. Hasan Chabibie.
Menurut Kiai Ali Abdillah, mursyid adalah guru bagi kalangan Tarekat di dalam tasawuf yang mampu mengantarkan seorang murid wushul ilallah. Jika mursyid diartikan dan didefinisikan secara liberal maka ini berbahaya.
“Jika Mursyid didefinisikan secara liberal, maka ini sangat berbahaya” kata Kiai Ali, pada saat memberikan materi pertama tema “Posisi Mursyid Bagi Salik” melalui Virtual Zoom, (28/11).
“kalau ada yang mengatakan bahwa google saja merupakan mursyid, ini yang sangat berbahaya sekali”, Tegasnya.
Tidak hanya itu, kiai Ali juga menjelaskan bahwa Mursyid (guru) Kamil Mukammil memiliki ciri-ciri tertentu.
“ciri-ciri mursyid yaitu pertama, berpegang teguh terhadap ayat-ayat Allah swt yakni berpegang kepada al-quran dan hadis. Kedua, Para mursyid mengajarkan sesuatu dari al-quran dan hadis juga mengajarkan hikmah pencerahan kepada murid-muridnya. Dan ketiga, para mursyid yang kamil mukammil mengajarkan pencerahan hikmah yang tak bisa dilakukan oleh orang sembarangan”, Jelasnya.
Selain itu, pada kesempatan terakhir Habib Abdurrohim Assegaf Puang Makka sebagai pensyarah memberikan pencerahan kepada audiens tentang esensi seorang mursyid.
“Fungsi Mursyid bukan hanya sebagai konsultan akan tetapi sebagai dokter yang mengetahui suatu penyakit murid yang kemudian akan dituntun agar penyakit itu segera pergi dari tubuh seorang murid”, Pungkasnya.
Ia juga mengkritisi pemahaman tokoh agama atau ustadz-ustadz yang menyatakani hadirkan Allah Swt ke dalam diri bukan diri yang dihadirkan untuk menghadap Allah.
“Yang pertama diajarkan mursyid kepada murid yaitu menghadirkan diri kita kepada Allah Swt bukan Allah yang hadir kepada kita seperti yang diajarkan para ustadz zaman sekarang”, Beber Puang Makka.
Ia pun menganggap orang yang menyatakan mursyid itu hanya untuk kalangan petani adalah suatu kesombongan.
“jikalau ada yang mengatakan Mursyid hanya untuk kalangan petani saja maka itu adalah suatu kesombongan belaka”, Tegasnya.
Puang Makka juga menceritakan seorang wali allah murid Syekh Abul Hasan As-syadzili yaitu Abul Abbas Al Mursi yang memiliki murid yang sekarang tidak jarang menjadi kiblat kajian tasawuf dunia yakni Ibn Athoillah As-Sakandari. Ibn Athoillah mencari mursyid dengan kurun waktu yang cukup panjang dalam dhidupnya kemudian ia menemukan Abul Abbas Al-Mursi dan dijadikan Abul Abbas sebagai Mursyidnya.
Hal ini merupakan perjalanan seorang guru mencari seorang Mursyid dan Mursyid langsung menuntun muridnya hingga wushul ilallah dan menjadi tokoh hebat yang karyanya terkenal diseluruh penjuru dunia hingga sekarang.