Connect with us

MATAN

MATAN IAINU Kebumen Gelar Diskusi Kepenulisan

Published

on

Kebumen, JATMAN.OR.ID – Dalam rangka meningkatkan skill penulisan, Mahasiswa Ahlith Thariqah al Mu’tabarah an Nahdliyyah mengadakan kegiatan diskusi dengan tema “Menulis itu Asyik” di halaman Disarpus Kebumen, Minggu Pagi (8/11).

Dilansir dari Laku Suluk, secara tidak langsung tujuan dari kegiatan ini selain meningkatkan minat baca, namun juga sebagai bekal ke depan bagi peserta yang mayoritas mahasiswa Pendidikan. Yang mana mereka tidak terlepas dari tugas. Tentunya tugas itu pasti berhubungan dengan kepenulisan, seperti makalah, artikel, jurnal, skripsi dan lain sebagainya.

Narasumber pada acara tersebut adalah sohib Muchammad Mufid, Mahasiswa Magister UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta. Walaupun diskusi kali ini belum membahas bagaimana cara menulis yang benar, namun pemateri menyampaikan motivasi sekaligus pengalaman beliau selama belajar menulis dengan sangat lugas dan menarik. Sehingga peserta pun sangat antusias menyimak.

“Banyak orang mengungkapkan menulis itu sulit. Coba sekarang kalian ganti kata sulit itu menjadi tidak mudah. Karena orang akan menangkap pada kalimat terakhir, kalo orang sudah ngomong sulit maka yang akan ditangkap itu ya kalimat sulit, untuk merubah kalimat sulit menjadi mudah itu susah. Nah kalo kata tidak mudah orang akan menangkap kalimat terakhirnya yaitu mudah, tinggal dicoret aja kata tidaknya. Enakkan?,” kata Sohib Mufid.

Kemudian Sohib Mufid menjelaskan pertanyaan dari peserta terkait tips mengatasi kejenuhan di saat menulis.

“Bisa dicoba kamu rehat sejenak pindah posisi atau keluar cari angin, sekedar jalan-jalan santai, karena selain menghilangkan penat secara tidak langsung juga bisa menambah wawasan dan inspirasi kamu buat nulis lagi” jelas sohib Mufid.

Menulis tidak melulu menuangkan apa yang ada dipikiran seseorang dengan ilmu-ilmu yang telah dipelajari. Melainkan bentuk kepekaan seseorang terhadap lingkungan.

“Secara sederhana, kemampuan menulis seseorang tidak serta merta langsung bagus dan menarik. Beberapa proses belajar dan ketekunan menulis juga sangat dibutuhkan. Sehingga kemampuan penulis dalam bercerita juga semakin baik,” ungkapnya. (ap)

Berita

PC MATAN Lebak Gelar Suluk MATAN 1

Published

on

Lebak, JATMAN Online – Pengurus Cabang Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (MATAN) Kabupaten Lebak menggelar Suluk MATAN (Sultan) yang pertama kalinya.

Kegiatan ini dilaksannakan selama tiga hari pada Jum’at-Ahad (29-31/7/2022) lalu, bertempat di Pondok Pesantren Qothrotul Falah Sumur Bandung Cikulur. Suluk MATAN ini bertemakan Membumikan Tasawuf di Era Disrupsi sebagai Benteng Generasi Insani.

Turut hadir sebagai narasumber yaitu DR Idris Wasaua, MH (Advokasi), DR KH Nurul Huda Ma’arif (Pembina MATAN Kab. Lebak), KH Ahmad Syatibi Hambali (Ra’is Syuriah PCNU Kab. Lebak), KH. Dedi, KH Adam Kamaludin (Ra’is Jatman Syu’biyyah Kab.Lebak), KH.Drs. Moh. Suhri Utsman, M.Pd (Ra’is Jatman Wustho Banten), KH. Tsabit Latief, SQ.MQ, Dede Ahmad Nazmudin (Ketua PC MATAN Lebak) dan KH Abdurrahman Syatibi, SE, M.Pd (Pengasuh Pondok Pesantren Qothrotul Falah).

Ketua Pelaksana Suluk MATAN, Dede Imanudin menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh kader MATAN dari mulai Kampus di daerah Kab. Lebak, Pondok Pesantren serta Kalangan Pemuda.

“Jumlah peserta terdaftar ada 50 orang, mereka berasal dari pengurus Cabang dan Komisariat dan beberapa perwakilan dari kota/ kabupaten di Banten,” ujar Ketua Pelaksana Suluk MATAN, Dede Imanudin.

Ketua PC MATAN Kab. Lebak Dede Ahmad Nazmudin dalam sambutannya menjelaskan sedikit wawasan tentang MATAN. MATAN adalah satu-satunya anak dari JATMAN (Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah) tidak ada anak yang lain selain MATAN. Ayahnya bernama JATMAN ibunya bernama Lajnah Wathonah. MATAN punya anak satu dan itu hanya perempuan saja bernama Srikandi MATAN.

“Dengan adanya Suluk MATAN (SULTAN) 1.1 ini yang pertama kali di Wilayah Banten berharap para kader MATAN yang ada di daerah Kab. Lebak mampu membangun generasi yang memiliki kepribadian yang berjiwa Spiritualis, Intelektualis dan Nasionalis, dengan landasan pengamalan Asasul Khomsah MATAN, Sehingga MATAN di Kabupaten Lebak mampu berkembang,” jelasnya.

DR. H. Idris Wasahua, MH. (Bidang Advokasi LBH JATMAN) mewakili Pengurus Pusat MATAN membahas tentang Ke-MATAN-an. Beliau menyampaikan bahwasanya thoriqoh itu bukan hanya dzikir saja tapi jauh lebih dari itu, sejauh mana kita mampu menjawab tantangan zaman dan dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa terlebih Negara.

“Karena para pendiri bangsa dan Negara kita ini tidak lepas peranannya para pahlawan Ulama Ahlith Thoriqoh, maka MATAN harus berperan dalam segala bidang Ilmu Pengetahuan sebagai pengamalan daripada tafaqquh fiddin,” kata Wakil Ketua MATAN DKI Jakarta ini.

Sementara itu K Usep menjelaskan, “Salik tidak hanya sibuk berdzikir tetapi tetap bekerja untuk kebutuhan dunia dan jangan pernah berhenti bersyukur,” ujarnya.

Kemudian, KH Abdurrahman Syatibi, SE. M.Pd  menyampaikan dalam sambutannya sebagai Mudirul Ma’had dan mewakili pengurus JATMAN Syu’biyah Kab.Lebak, mengucapkan terimakasih pada kesempatan pertamakali ini Suluk MATAN dapat digelar di Ponpes Qothrotul Falah,

“Ini adalah suatu kehormatan bagi kami dan semoga Ponpes ini selalu diberkahi dengan adanya kegiatan SULTAN 1.1 ini,” ungkapnya.

Pewarta: Dede

Editor: Arip

Continue Reading

MATAN

Lirik Hymne MATAN

Published

on

Hymne MATAN

Merah putih lekat di dada

Disinari iman dan taqwa

Matan di nusantara bentengi

NKRI tercinta

Rasulullah Sang Panutan

Guru Mursyid jadi tuntunan

Beriringan tak tertanggalkan

Capai cita luhur MATAN

Amanah tertumpu di masa depan

masukkan script iklan disini

Takkan mudah tiada ringan

Semangat berjuang sahabat matan

Demi pertiwi berkorban

Kita semua harapan bangsa

Untuk indonesia

Junjung tinggi Pancasila

Satu Nusa Satu Bangsa

Semoga berlimpah berkah

Mengiringi setiap langkah

Pengharapan nan abadi

Petunjukmu kunanti Yaa robbi

Petunjukmu kunanti Yaa robbi

Lirik Mars MATAN

Continue Reading

MATAN

Lirik Mars MATAN

Published

on

Mars MATAN

Mahasiswa Ahlith Thoriqoh

Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah

Asasul khomsah landasanmu

Tuk masa depan yang lebih maju

Mahasiswa Ahlith Thoriqoh

Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah

Bersusila, cendekia, dan mulia

Bersinergi cipta cita

Janganlah kecewakan

Amanah di pundakmu

Menjaga kehormatan

Menjungjung kesatuan persatuan

Dalami ilmu sucikan hati

Demi NKRI

Jadi insan bakti

Pada umat mengabdi

Menjemput ridlo ilahi

Jayalah MATAN

Jayalah Bangsa

Jayalah Negara

Menuju Ridho-Nya

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending