Connect with us

Nasional

Silaturahmi KH Thoifur Mawardi ke kediaman Maulana Habib Luthfi

Rabu, 7 Oktober 2020 selepas Isya Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan kedatangan seorang tamu, ulama kharismatik dari kota Purworejo Jawa Tengan, alumni Abuya Sayid Muhammad Almaliki Mekkah, yaitu KH Thoifur Mawardi Purworejo.

Published

on

Pekalongan, JATMAN Online: Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan terlihat sangat gembira dan senang sekali dg kedatangannya.

Begitu beliau tiba dan duduk sejenak di ruang tamu, sudut atas, maka salah seorang abdi dalem beliau memberi tahu, maka beliau Maulana Habib Luthfi bin Yahya langsung beranjak dari kamarnya dan segera menemuinya. Ternyata memang kedatangannya itu tengah dinanti-nanti oleh beliau.

Dua ulama besar yg saling menghormati dan saling menyintai, satu dari kalangan kyai yg satu dari kalangan dzurriyah nabi saw, persis seperti yg pernah terjadi dan dialami pada sahabat Ibnu Abbas dan Zaid bin Tsabit ra.

Kedatangan KH Thoifur Mawardi Purworejo di kediaman Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan disamping untuk silaturahmi, juga untuk membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan masalah umat, perjuangan dakwah dan lainnya, juga untuk mengantarkan sebuah kitab karya Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan yg usai disyarahi dan beri ta’liq oleh beliau.

Pertemuan kedua ulama besar tersebut walaupun dalan waktu singkat dan tidak lama, yakni sekitar 2-3 jam, tapi terlihat sangat hangat penuh keakraban dan sejuk di pandang, petanda rahmat dan barokah Allah akan segera turun untuk keamanan dan keselamat negeri tercinta Indonesia ini, yg tengah dilanda berbagai macam masalah, penyakit dan lain sebagainya.

Keduanya mengungkapkan berbagai cerita sejarah dan untaian ilmu yg sangat menarik, yg kami hanya dapat tercengang, sambil mendengar dan mencatatnya dg setia.

Dari mulai cerita tentang sholawat, keampuhan membaca sholawat, sejarah nabi, makam para wali dari india, Mesir, Yaman, Mekkah hingga Indonesia, kaum Wahabi, sejarah para pejuang Indinesia, hingga cerita tentang guru mereka berdua, yaitu Abuya Sayid Muhammad al-Maliki Mekkah.

Yang menarik adalah saat Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan menceritakan secara rinci tentang berbagai karomah Abuya Sayid Muhammad al-Malik dan bagaimana kecintaan, perhatian, sayangnya Abuya Sayid Muhammad kepadanya, maka KH Thoifur Mawardi Purworejo menuturkan dengan tegas, “Iya betul, kawan-kawan santri menceritakan hal itu semua kepadaku. Abuya Sayid Muhammad al-Maliki Mekkah telah memperlakukan Maulana Habib Luthfi bin Yahya dengan sangat istimewa dan luar biasa, dan beliau sangat cinta dan sayang dengan Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan.”[Habib Muhdor Ahmad]

Berita

Idaroh Aliyah Galang Bantuan untuk Korban Bencana Alam

Published

on

Galang Bantuan

Pekalongan, JATMAN.OR.ID: Idaroh Aliyah Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN) menggalang bantuan untuk korban bencana alam Kalimantan Selatan. Dalam surat himbauan bertanggal 16 Januari 2021, Idaroh Aliyah menghimbau kepada pengurus tingkat Wustho, Syu’biyah dan para dermawan seluruh Indonesia untuk mengumpulkan bantuan baik berupa uang tunai, sembako, selimut dan pakaian layak pakai.

Ini adalah penggalangan bantuan tahap II setelah bantuan yang pertama dikirim 17/01 lalu. Bantuan tahap I dikirim sebanyak 4 ton beras.

Bantuan dalam bentuk uang tunai dapat ditransfer ke rekening JATMAN, BANK BPD JAWA TENGAH CABANG SYARIAH PEKALONGAN, dengan Nomor Rekening: 5053017615.

Galang Bantuan

Adapun bantuan dalam bentuk barang dapat dikumpulkan di masing-masing Idaroh Wustho, selanjutnya teknis pengirimannya akan dikoordinir oleh Idaroh Aliyyah sesuai skema pengaturan yang ada.

  • 16-21 Januari 2021: Distribusi surat permohonan dari Idaroh Aliyyah.
  • 21-23 Januari 2021: Koordinasi Idaroh Wustho dan Syubiyah.
  • 16-29 Januari 2021: Masa penggalian, penggalangan dana, dan penerimaan bantuan Wustho dan Syubiyah.
  • 25-31 Januari 2021: Koordinasi teknis pengiriman oleh Idaroh Syubiyah dan Wustho ke Idaroh Aliyyah.
  • 1-7 Pebruari 2021: Koordinasi teknis pengiriman, penerimaan dan pendistribusian oleh Jatman di daerah yang terkena bencana.
  • 5-9 Pebruari 2021: Laporan dari Idaroh yang menjadi sasaran bantuan.
  • 10-15 Pebruari 2021: Laporan Pertanggungjawaban Akhir Bantuan bencana tahun 2021 oleh Idaroh Aliyyah

Partisipasi segenap Idaroh Syu’biyah, Idaroh Wustho dan para Dermawan sangat dinanti oleh saudara-saudara kita di daerah yang terkena bencana.[Af]

Continue Reading

Berita

Rakor Koperasi Konsumen Umat Rejaning Karyo

Published

on

Rakor

Pekalongan, JATMAN.OR.ID: Pengurus Koperasi Konsumen Umat Rejaning Karyo mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Pendopo Kab. Pekalongan, Jumat (8/11) yang lalu.

Rapat koordinasi ini dihadiri Bupati Asip Kolbihi, Wakil Rois ‘Am KH. Ali Masadi dan seluruh pengurus koperasi.

Rakor

Dalam rapat ini dibahas program kerja koperasi jangka pendek antara lain bisnis pengadaan bahan pokok dan program pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang lain. “Program koperasi ini bisa dimulai dengan usaha tambak udang,” pesan Abah Luthfi saat pengurus melaporkan hasil rapat koordinasi koperasi di kediaman beliau. “Mengelola usaha tambak udang ini yang penting diperhatikan adalah PH airnya,” jelas Abah. [Aman]

Baca juga Akhlak kepada Diri Sendiri (3)

Continue Reading

Berita

Jadwal Lengkap Manaqib 2021 di Pondok Pesantren Suryalaya

Published

on

By

Tasikmalaya, JATMAN.OR.ID – Manaqib adalah bentuk kegiatan khidmat amaliah dan ilmiah yang sering diamalkan serta membudaya di tengah sebagian besar masyarakat Islam Indonesia. Terutamanya di perkumpulan ikhwan Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya. Kegiatan ini merupakan bagian pengamalan rutin dari Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah.

Manaqib berasal dari bahasa Arab, dari lafaz manqobah yang berarti kisah tentang kesalehan dan keutamaan ilmu dan amal seseorang. Dalam kegiatan ini manaqib yang dibaca adalah adalah Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani (qs).

Manaqib di Pontren Suryalaya dilaksanakan setiap tanggal 11 bulan hijriah.

Berikut ini informasi terkait jadwal manaqib tahun 2021 berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh suryalaya.org.

1. Ahad, 24 Januari 2021 M ; 11 Jumadil Akhir 1442 H

Kuliah Subuh: Ust. Nana Suryana, M.Pd.

Khidmat Ilmiah: Drs. KH. Arief Ichwanie AS.

2. Selasa, 23 Februari 2021 M ; 11 Rajab 1442 H

Kuliah Subuh: Ust. Maman Suparman S.Ag.

Khidmat Ilmiah: Drs. KH. Sandisi

3. Kamis, 25 Maret 2021 M ; 11 Sya’ban 1442 H

Kuliah Subuh: KH. Misbahul Munir

Khidmat Ilmiah: H. Asep Syamsurizal Hudaya S.Ag., M.Si.

4. Sabtu, 24 April 2021 M ; 12 Ramadhan 1442 H

Kuliah Subuh: Drs. H. Dadi Hermawan

Khidmat Ilmiah: Drs. KH. Nur M. Suharto

5. Ahad, 23 Mei 2021 M ; 11 Syawal 1442 H

Kuliah Subuh: H. Toras Zainuddin Nasution Lc.

Khidmat Ilmiah: KH. Sirojuddin Ruyani

6. Selasa, 22 Juni 2021 M ; 11 Dzulqa’dah 1442 H

Kuliah Subuh: Dr. H. Suhrowardi M.Ag.

Khidmat Ilmiah: H. Ahmad Athorid Siraj

7. Rabu, 21 Juli 2021 M ; 11 Dzulhijah 1442 H

Kuliah Subuh: H. Aang Abdullah Zein S.Pd.I., M.Ag.

Khidmat Ilmiah: KH. Wahfiudin Sakam MBA.

8. Sabtu, 21 Agustus 2021 M ; 12 Muharram 1443 H

Kuliah Subuh: Ust. Aep Saepudin

Khidmat Ilmiah: Ust. H. Saprulloh

9. Sabtu, 18 September 2021 M ; 11 Shafar 1443 H

Kuliah Subuh: Ust. Acep A. Rijalullloh M.Ag.

Khidmat Ilmiah: Hj. Mohd. Zuki As Syuja’ bin Syafei

10. Senin, 18 Oktober 2021 M; 11 Rabiul Awwal 1443 H

Kuliah Subuh: H. Asep Syamsudin S.Ag., M.Si.

Khidmat Ilmiah: KH. Beben Muhammad Dabbas

11. Selasa, 16 November 2021 M ; 11 Rabiul Akhir 1443 H

Kuliah Subuh: Ust. Agus Syamsul Basar S.Ag.

Khidmat Ilmiah: Ust. Abd. Manaf bin Abidallah

12. Kamis, 16 Desember 2021 M ; 11 Jumadil Awwal 1443 H

Kuliah Subuh: H. Muhammad Ali bin H. Ali Phd.

Khidmat Ilmiah: Hj. Ali bin Hj. Mohammed

Jadwal Manaqib di Pondok Pesantren Suryalaya tahun 2021 M / 1442-1443 H ini ditandatangani langsung oleh KH. Zaenal Abidin Anwar selaku Pimpinan/Pengemban Amanah Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya pada 4 Desember 2020 M.

Alamat Pondok Pesantren Suryalaya: Dusun Godebag RT.01 / RW.02, Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Tanjungkerta, Pagerageung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46158
Telepon. (0265) 455801

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending