Zaman Now, Pemuda Harus Inovatif, Kreatif dan Berintegritas

0

SEMARANG – Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI HM. Asrorun Ni’am Sholeh membuka Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda tahun 2019 yang diadakan di Auditorium II Kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Wali Songo Jl. Prof. Dr. Hamka Ngaliyan Semarang, Jateng.

Mantan ketua KPAI itu mengatakan untuk menjadi wirausaha perlu daya juang yang tinggi ditambah kreativitas dan memiliki integritas.

“Untuk berwirausaha dan bisa bersaing di dunia milenial ini pemuda harus inovatif dan kreatif, sehingga dapat berkembang dan bisa mempunyai tantangan ke depan, selain kreatif dan inovatif untuk menjadi sukses pemuda harus punya integritas yang kuat,” ucap Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Menurut mantan Ketua IPNU tersebut, pemuda punya potensi untuk membantu mengentaskan kemiskinan di daerahnya masing masing, pertama dengan menjadi berdaya dan mandiri sehingga mengentaskan kemiskinan dari dirinya sendiri.

Setiap kita, tambahnya, memiliki berbagai potensi yang salah satunya adalah potensi menjadi wirausaha. Bahkan sejatinya wirausaha itu bagi seorang muslim adalah fitrah, ibadah itu perlu harta pakaian misalnya begitu juga dengan syariat zakat.

“Melalui kegiatan ini diharapkan menjadikan pemuda sadar akan potensinya dan berkomitmen untuk mengaktualisasikan potensinya tersebut,” pungkasnya.

Sedangkan rektor UIN Wali Songo Semarang Prof. Imam Taufiq mengaku senang karena mahasiswa UIN Walisongo yang ingin menjadi wirausaha bak gayung bersambut dengan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Prof. Imam juga mengatakan ada 500 peserta terpilih dari 1600-an pendaftar Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda tersebut.

“Keinginan mahasiswa UIN Wali Songo Semarang dan para pemuda pemudi untuk berwirausaha gayung bersambut dengan program Kemenpora RI, hal ini terbukti yang  hadir 500 calon wirausahawan muda di tengah-tengah kita,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi Partai Golkar HA Mujib Rohmat, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Imam Gunawan, perwakilan dari Kemenkop UMKM, Kemenko Perekonomian, Kemenko PMK, Para Wakil Rektor UIN Wali Songo, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang, serta para Dekan, para kepala lembaga dan para kabag di lingkungan UIN Wali Songo Semarang dan para pejabat struktural dari Kemenpora. (eep)

Comments
Loading...