Yuk Coba Cara Kaizen! Bikin Pribadi Kamu Lebih Produktif

Jepang adalah negara yang terkenal dengan etos kerja dan disiplin yang baik. Sejak kecil anak dilatih untuk mengulang beragam rutinitas kecil yang positif setiap harinya. Rutinitas yang positif ini akhirnya menjadi sebuah budaya dan karakter masyarakat Jepang.

Rutinitas ini adalah bagian dari pelaksanaan salah satu filosofi Jepang yakni Kaizen. Kai berarti berubah Zen artinya bijaksana. Menerapkan Kaizen artinya memfokuskan diri untuk terus berubah jadi lebih baik secara berkesinambungan dengan cara bijaksana. Ini berarti setiap perubahan dalam hidup bisa dicapai secara perlahan dan penuh kebijaksanaan.

Kaizen dimanfaatkan untuk melakukan perubahan terus menerus (Continuous Improvement). Kaizen juga diterapkan di berbagai perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas dari semua karyawan di tingkat manajemen level atas hingga bawah. Yang dipraktekkan secara struktural.

Apa kamu mau mencoba cara Kaizen. Berikut caranya:

Pertama, Buat Rencana
Foto: expertum.net.

Tujuan utama dari Kaizen ini ialah membentuk kebiasaan positif dan berusaha menghilangkan pemborosan waktu (waste). Untuk itu kamu mesti membuat rencana terlebih dahulu perubahan apa yang kamu inginkan? Misalnya ingin rutin berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ingin punya keahlian baru atau ingin punya kebiasaan positif baru.

Kedua, Lakukan Rencana Selama Satu Menit Setiap Harinya
Foto: Lukas.

Kaizen melatih kamu untuk melakukan sesuatu hanya dalam waktu 1 menit setiap harinya di waktu yang sama. Misalnya, kamu putuskan untuk push up satu menit setiap hari setiap pukul 7 pagi. Kamu juga bisa lakukan untuk hal lain yang ingin kamu latih. Seperti membaca, menulis, atau apapun yang mau kamu lakukan.

Ketiga, Fokus dan Tidak Terganggu
Foto: Pixabay.

Setelah kamu melakukan yang kamu rencanakan, fokuslah untuk konsisten melakukan yang kamu telah putuskan. Jangan terganggu hal lainnya. Lakukan di waktu yang sama. Cuma satu menit saja!. Sejatinya latihan ini akan membuat kamu lebih bertanggung jawab dan merasa dirimu lebih baik. Karena dirimu telah berhasil melakukan satu misi dengan tuntas setiap harinya.

Keempat, Bersyukur dan Nikmati Prosesnya
Foto: snapwire.

Bersyukurlah kepada Allah dengan konsistensi yang kamu lakukan. Kamu nikmati saja sense of progress ini. Karena sudah rutin kamu jalankan, biasanya sense of progress ini akan membuat kamu ketagihan dan menambah durasinya. Mungkin awalnya satu menit, terus nambah jadi 5 menit, karena keasikan akhirnya sampai 30 menit dan seterusnya.

Kelima, Konsisten
Foto: highperformingculture.com.

Kunci cara Kaizen ini adalah di konsistensi. Yakni agar rutinitas itu menjadi habit atau kebiasaan yang positif. Walau kelihatannya sederhana. Istimewaannya cara ini ada di konsistensi dan merasa bertanggung jawab. Akan beda ceritanya kalau kamu mau berubah langsung melakukan hal yang terlalu keras dan gak rutin. Justru itu akan buat kamu jadi cepat bosan.

Prinsip Kaizen ini bisa dilakukan oleh siapapun dan dalam bidang apapun. Cara ini sebetulnya sesuai dengan prinsip dalam Islam. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari Nabi Saw ditanya amalan apa yang paling disukai Allah Swt? Nabi Saw menjawab, amalan yang dikerjakan secara konsisten meskipun sedikit. Jadi sebenarnya cara ini sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...