Wapres Jusuf Kalla Hadiri Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

0

DENPASAR – Wakil Presiden RI H. Jusuf Kalla menghadiri Ritech Expo (Research, Inovation, and Technology Expo) yang digelar di Lapangan Puputan, Nitip Mandala Renon, Denpasar, Bali. Ajang ini merupakan puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

Wapres Jusuf Kalla memberikan sambutan dengan tema “Iptek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0”.

“Kita tidak bisa maju hanya dengan menghadiri banyak acara namun lupa banyak ke lab. Padahal kemajuan itu ada di lab bukan di upacara,” ucap Jusuf Kalla, Rabu (28/8) dalam acara puncak Hakteknas ke-24.

JK mengingatkan bahwa Teknologi tidak hanya terkait IT atau manufacturing tapi juga pelayanan.

“Kita mempunyai banyak kesempatan untuk berinovasi. Kita masih sering impor beras artinya inovasi di bidang pangan masih dibutuhkan,” jelas JK.

Ajang penampilan inovasi dan produk karya anak negeri dalam Ritech Expo merupakan gelaran tahun ketiga yang diadakan di luar pulau Jawa, yang sebelumnya digelar di Makassar, Sulawesi Selatan dan Pekanbaru, Riau.

Pada kesempatan, sebelumnya, Hammam Riza, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada saat mengunjung pameran (25/8) mengatakan bahwa peringatan Hakteknas ini harus membuat masyarakat dan pemangku kepentingan strategis itu menyadari bahwa teknologi sangat penting untuk mendorong daya saing nasional. Ia juga mengajak masyarakat bergerak cepat dan mengejar ketertinggalan.

“Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) harus dijadikan momentum pembangunan sumber daya manusia (SDM) berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). SDM Iptek lah kunci menuju Indonesia emas sebagaimana tema peringatan HUT RI ke 74,” ungkap Hammam.

Sedangkan, Menristekdikti berharap ajang Ritech Expo ini dapat memicu munculnya inovasi-inovasi di daerah.

“Saya melihat respon daerah sangat luar biasa. Tadi saya lihat inovasi dari Papua, inovasi dari Bali, dan inovasi-inovasi lain dari daerah. Nampaknya inovasi di daerah mulai bergairah”, ungkap Mohamad Nasir saat membuka Ritech Expo, Ahad (25/8).

Dalam gelaran ini, masyarakat dapat mengikuti semua gelaran dalam Ritech Expo 2019 secara gratis. Pengunjung akan disuguhi produk-produk inovasi menarik dari perguruan tinggi, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi Kemristekdikti, Unit Utama Kemenristekdikti, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian atau Lembaga Negara (K/L), Balitbang Daerah, BUMN, Industri, Pusat Unggulan Iptek (PUI) komunitas dan sosiasi, serta mitra luar negeri.

Pengunjung bisa menikmati seminar, demo produk inovasi, demo sains, temu bisnis, dan teater terbuka yang menyuguhkan live musik serta pemutaran film, gerak jalan sehat dan lomba-lomba dengan hadiah menarik serta pemberian penghargaan kepada inovator. (eep)

Comments
Loading...