Usia 108 Tahun Hubabah Annisa binti Yusuf Al Haddad, Keturunan Rasulullah Saw

Maret 28, 2024
Usia 108 Tahun Hubabah Annisa binti Yusuf Al Haddad,  Keturunan Rasulullah Saw

Dunia maya diramaikan dengan sosok Hubabah Syarifah Annisa bin Yusuf bin Abu Bakar Al Haddad merupakan salah satu dzuriah atau keturunan dari Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad pengarang Ratibul Haddad. 

Sosok yang saat ini berusia 108 pada 17 Ramadhan 1445 H. Beliau banyak dikunjungi oleh tokoh ulama seperti Habib Luthfi bin Yahya (Pimpinan Jatman), Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Habib Muhammad bin Al Munsib Ali bin Abdul Qodir (cicit pengarang Maulid Simtud duror) serta Kiai, Gus, Asatidz dan publik figur lainnya. Bertabarruk (mengharap keberkahan dan doa dari hamba yang memiliki kedekatan dengan Allah Ta'ala). 

Hubabah yang merupakan keturunan dari Abdullah bin Alwi Al-Haddad pengarang Ratibul Haddad. Amalan dzikir yang paling banyak dibaca oleh umat muslim Indonesia terutama di pondok pesantren kalangan NU dan para ahli thariqah. 

Habib Novel bin Muhammad Alaydrus menceritakan seorang wanita yang semalam suntuk tidak pernah tidur, rutinitasnya setiap malam dihabiskan membaca ribuan dzikir dan sholawat, membaca ribuan surat Al-Ikhlas sebanyak biji-biji kelengkeng, salak dan kurma yang ia punya. 

"Hubabah juga membaca Al-Quran yang seringkali ia hatamkan dalam 3 atau 5 hari sekali, sampai ketika tiba tengah malam ia akan sholat tahajjud mendoakan para anak, cucu, cicit dan bahkan orang-orang yang meminta doa kepadanya," ungkapnya. 

Lanjutnya, Hubabah Syarifah Annisa juga mendoakan mereka satu persatu lengkap dengan menyebut nama-nama mereka sampai waktu subuh tiba, setelah subuh ia kembali berdzikir sampai terbit matahari, baru setelah itu dia baru mau untuk beristirahat. 

"Yang lebih menakjubkan lagi, ibadah semalam penuh itu tetap istiqomah ia lakukan bahkan hingga kini," ujarnya. 

Hal senada juga pernah disampaikan Syarifah @halimahalaydrus dalam buku beliau Bidadari Bumi. beliau seakan memiliki semua kunci kemuliaan.

"Sosok wanita sholihah keturunan Rasulullah yang ahli dzikir, ahli ibadah, berumur panjang, mendawamkan dalam menghatamkan Al-Quran," 

Kediaman Hubabah Syarifah Annisa Al Haddad terletak di Jalan Tanjung Raya II Gang Berkat Pontianak Timur, Kota Pontianak.