Usai Dilantik, LWPNU Tangsel Lanjut Rapat Kerja

September 22, 2023
Usai Dilantik, LWPNU Tangsel Lanjut Rapat Kerja

Bojongsari, JATMAN.OR.ID: Setelah dilantik pada Sabtu (27/2), Pengurus Cabang Lembaga Wakaf dan Pertanahan (LWP) Nahdlatul Ulama (NU) Tangerang Selatan mengadakan rapat kerja untuk setahun kedepan di Serua Village, Bojongsari, Depok.

Acara ini dihadiri oleh pembina LWP NU Prof. Dr. Asep Saepudin Jahar dan Ketua PCNU Tangerang Selatan H. Abdullah Mas’ud serta para pengurus baru LWP NU Tangsel.

Perlu diketahui, Lembaga Wakaf dan Pertanahan Nahdlatul Ulama adalah Perangkat Departemenisasi Organisasi NU yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan NU berkaitan dengan kelompok Masyarakat tertentu dan/atau yang memerlukan penanganan khusus bidang pertanahan dan perwakafan. Dilansir dari jabar.nu.id, Sabtu, (27/2).

LWP merupakan salah satu badan otonom NU tertua yang memiliki peluang besa namun belum terlihat pergerakannya.

“Sejatinya LWP salah satu lembaga tertua dinaungan NU namun pergerakanya belum terlalu kelihatan maka dari itu kita (LWP NU Tangsel) harus bergerak untuk menaungi warga nahdliyyin yang ingin berwakaf” kata H. Abdullah Mas’ud.

Kyai Mas’ud mengungkapkan potensi filantropi di Indonesia sangat besar dan lembaga filantropi di NU hanya memiliki 2 lembaga, oleh karenanya warga nahdliyyin harus memanfatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Kesempatan filantropi di Negara kita sangat besar dan perlu diketahui lembaga filantropi ini di naungan NU hanya ada 2 lembaga, Lazis dan LWP” Ungkapnya.

Sebagai lembaga filantropi, LWPNU Tangsel diharapkan mampu bekerjasama dengan lembaga lainnya, seperti Lazis NU yang notabene ada di naungan NU.

Prof. Dr. Asep Saepudin Jahar

“LWP harus terkoneksi dengan Lazis NU sebagai kerabat dekat yang sama-sama bergerak dibidang filantropi”, ujar Direktur Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Asep Saepudin Jahar dalam sambutannya pada Sabtu (27/2).

Ia juga berharap LWP NU Tangsel memiliki focus utama yaitu sertifikatisasi tanah terutama milik warga nahdliyyin dan menghimpun wakaf uang dikalangan pengurus atau anggota NU di Tangerang Selatan.

“Program unggulan yang harus LWPNU fokuskan ialah sertifikatisasi tanah dan wakaf uang” harapnya.

Selain itu, Prof. Asep menekankan goal utama dari program jangka pendek LWPNU Tangsel adalah penggalangan wakaf untuk pembangunan Gedung Aswaja (Sekretariat PCNU Tangsel) di Kota Tangerang Selatan.