Ulang Tahun, Para Pendekar Ikuti Kajian Kitab Al Ihya

0

JAKARTA – Para pendekar yang tergabung dalam salah satu Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama, Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa disingkat IPSNU Pagar Nusa mengikuti pengajian kitab Al Ihya yang disampaikan oleh Gus Ulil Abshar Abdalla di Masjid An Nahdlah, Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, No. 164 Jakarta Pusat pada Kamis, (3/1). Pengajian kitab al ihya tersebut sekaligus mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun (Harlah) Pagar Nusa yang ke-33.

Acara diawali dengan istighatsah yang dipimpin oleh Gus H. M. Ali Rahman, dilanjutkan tahlil dan diteruskan dengan kajian kitab Ihya Ulumiddin yang merupakan masterpiece-nya Imam Al Ghazali. Dalam kajian tersebut, Gus Ulil Abshar menyampaikan, bahwa untuk mengobati penyakit, harus disesuaikan dengan dosis yang tepat. Menurut Gus Ulil,  belakangan banyak orang sakit karena belajar agama dosisnya salah.

“Menurut Imam Ghazali obat itu sesuai dosis dan kadarnya, kalau dosisnya salah boro-boro menyembuhkan malah menimbulkan kerusakan. Dokter perlu mengetahui jenis penyakit serta derajatnya kondisi pasien. Dan Islam Nusantara intinya ngobati dengan dosis yang tepat,” ucap pengisi rutin kajian kitab populer al ihya melalui live Facebook.

Mochamad Nabil Haroen, Ketua Umum Pagar Nusa mengatakan bahwa tema harlah pada kesempatan tersebut ialah “Berkhidmah Untuk Kiai, Setia Pada NKRI, Mengabdi Setulus Hati”.

“Kelahiran NKRI tidak lepas dari Nahdlatul Ulama dan tumpah darah bangsa tentunya peran para kiai, Pagar Nusa harus betul-betul setia dan loyal kepada kiai dan kepada NKRI, sehebat apapun dan semewah apapun yang kita miliki tidak bernilai apapun kalau kita tidak memiliki kesetiaan. Disuruh apapun kita lakukan selama itu perintah kiai,” ungkap Gus Nabil panggilan akrabnya.

Usai tausiah dan ucapan selamat dari Ketum PBNU, Prof. Dr. Said Agil Siraj, MA, acara harlah dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan doa.

Dalam kesempatan yang berbeda, melalui video yang diupload akun instagram @pagarnusindonesia Agus Maftuh Abegebriel Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Arab Saudi ikut bersuka cita dan mengucapkan selamat pada organisasi yang pertama kali dipimpin oleh KH. Maksum Jauhari (Gus Maksum). “Selamat Harlah Pagar Nusa yang ke-33. Semoga Pagar Nusa membawa manfaat untuk nusa dan negara,” ungkap wakil Ketua Organisasi Kerjasama Islam yang berkedudukan di Riyadh, Arab Saudi. (eep)

Comments
Loading...