Tips Agar Bekerja di Rumah Namun Tetap Produktif

Ketika bekerja dari rumah, bukan berarti kamu bisa bersantai-santai atau bermalas-malasan. Produktivitas kamu tidak boleh menurun. Semangat dan kedisiplinan juga harus dijaga. Karena meski di rumah, bukankah apa yang kita lakukan adalah karena Allah dan Dia selalu mengawasi.

Lalu bagaimana cara bekerja di rumah namun tetap produktif?

Pertama, Niatkan Ibadah

Bekerja bukan sekedar mencari nafkah untuk keluarga atau memperoleh eksistensi dan aktualisasi diri. Bekerja sejatinya ialah ibadah non ritual yang tetap dipersembahkan untuk Allah Swt. Hal inilah yang menjadikan aktivitas kamu bernilai ibadah.

Foto: Daria Shevtsova.

Selain ibadah juga adalah perintah Allah, bekerja adalah dalam rangka bersyukur dengan mengoptimalkan anugerah Allah agar bermanfaat bagi sesama. Sekali lagi niatkan lah bekerja kamu sebagai ibadah. Awali dengan bismillah.

Kedua, Tetapkan Jadwal

Meski di rumah, kamu tidak boleh bangun kesiangan ataupun terlalu lama rebahan di kasur. Oleh karena itu, buatlah jadwal sebagaimana biasa kamu bekerja di kantor. Kebiasaan mandi pagi tetap dijalankan, sarapan juga jangan terlewatkan.

Foto: Pixabay.

Dengan adanya jadwal kapan bekerja, kapan istirahat, kapan shalat dan kapan berhenti akan membuat kamu lebih bertanggung jawab serta tidak lalai terhadap waktu. Kamu juga bisa buat to do list harian demi mencapai target.

Ketiga, Tentukan Posisi dan Ruang yang Nyaman

Saat bekerja kamu tentu memerlukan posisi yang nyaman. Kamu bisa ambil sudut atau ruang tertentu di rumah. Misalnya di meja belajar atau tempat lain yang kamu setting senyaman mungkin seakan di kantor. Hal ini akan membuat kamu tetap bisa produktif dalam bekerja.

Foto: Daria Shevtsova.

Posisi yang nyaman bukan berarti harus selalu di kasur. Karena bisa jadi terlalu nyaman hingga akhirnya malah bikin kamu ketiduran. Tak ada salahnya juga kamu siapkan minuman teh atau kopi serta cemilan yang bisa menemani.

Keempat, Atasi Hambatan

Hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian dalam bekerja sudah kamu prediksi dari awal. Misalnya jangan bekerja di depan tv, sambil bermain game atau nonton film. Bisa-bisa tak terasa waktu terbuang karena keasikan dan terbawa suasana.

Foto: Cottonbro.

Kamu juga perlu perhatikan juga suhu ruangan. Jangan sampai kamu kegerahan hingga akhirnya sulit berkonsentrasi. Perhatikan juga pencahayaan, jangan sampai kurang ataupun berlebihan. Jika memerlukan koneksi internet, maka persiapkanlah lebih awal.

Kelima, Rehat Sejenak

Bekerja yang efektif memang memerlukan fokus dan konsentrasi. Meski begitu sesekali kamu perlu perlu refreshing. Namun, rehat secukupnya jangan sampai kebablasan.

Foto: Pixabay.

Recharging tubuh bisa dilakukan setelah shalat sambil membaca wirid. Hal ini selain membuat qalbu tenang juga bisa membuat kamu mendapatkan inspirasi atau Ilham yang tak jarang dibutuhkan dalam bekerja.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...