Tingkatkan SDM, LTN PCNU Jakarta Timur Gelar Pelatihan Jurnalistik

0

JAKARTA – Perkembangan dunia digital yang pesat serta kebutuhan akan kader NU yang melek literasi, membuat Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama LTN PCNU Jakarta Timur berinisiatif menggelar Pelatihan Jurnalistik di YPI Al Amin Cilangkap, Jakarta Timur. “Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas SDM khususnya untuk kader NU di Jakarta,” demikian ungkap Syarif Cakhyono, Ketua LTN PCNU Jaktim, Sabtu, (5/1).

Dalam sambutannya, Cakhyono berharap, kegiatan ini dapat mencetak kader NU yang melek literasi dan dunia digital serta mampu memanfaatkan media sosial sebagai bagian dari strategi dakwah aswaja an nahdliyyah.

Salah seorang narasumber, Aang Arif Amrullah mengatakan, “Dunia literasi meliputi tiga hal yaitu memahami, menganalisis, dan mengkritisi,” ucap pimpinan redaksi Risalah NU.

“Kenapa kita harus berliterasi? Karena perintah yang diterima Rasulullah pertama kali adalah Iqra’. Mengajarkan kita untuk rajin membaca, membaca buku, membaca suasana, membaca keadaan dan yang lainnya,” ujar Amrullah.

Dalam forum yang sama, Yayat Suratmo menjelaskan bahwa media sosial seperti dua mata pisau, dapat mencerahkan dan juga dapat memecahbelahkan, sehingga medsos harus digunakan sebaik mungkin.

Yayat melanjutkan, “konten yang informatif yaitu konten yang memiliki relevansi apa yang ingin kita katakan dan apa yang masyarakat inginkan,” ujar Program Manager Nabawi TV.

Acara yang berlangsung selama dua hari (Sabtu-Ahad, 5-6/1) di kantor LTN PCNU Jaktim tersebut, didukung penuh oleh LTN PWNU DKI Jakarta dan LTN PBNU. (eep/arif)

Comments
Loading...