Tingkatkan Manajemen Diri, MATAN UIN SUKA Gelar Kajian Selapanan

0

Yogyakarta – Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (MATAN) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) menggelar Kajian Selapanan dengan mengangkat tema “Manajemen Pemberdayaan Diri, Meningkatkan Kualitas Intelektual dan Spiritual Mahasiswa di Era Milenial”, di Pendopo LKiS, Bantul, Yogyakarta, Senin lalu (24/12).

Tomy Aditama, S.KG. selaku narasumber menyampaikan bahwa seperti pandangan banyak orang, manajemen pemberdayaan diri adalah bagaimana orang itu bisa mencapai kesuskesan, bisa me-manage waktu dengan baik, berperilaku dengan baik atau mendapatkan uang.

Di era milenial saat ini, menurut Tomi, “Pemberdayaan diri penting dan perlu untuk diperhatikan,” ucapnya. Pasalnya, kompleksitas yang dihadapi mahasiswa memiliki peran dalam mempengaruhi arah berpikir dan perilaku seseorang.

Lanjutnya, manajemen pemberdayaan diri sangat mempengaruhi kualitas kehidupan seseorang. Tomi menilai, mahasiswa/i generasi milenial perlu memperhatikan dan berupaya untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan kecil yang utamanya memperbaiki hal yang buruk di dalam diri.

Tomi lebih lanjut menjelaskan, dalam terminologi zuhud, bukanlah tentang bagaimana seseorang meninggalkan dunia secara fisik, melainkan tentang hati yang tidak lagi mampu dipengaruhi oleh persoalan-persoalan dunia semata melainkan berorientasi pada persoalan akhirat.

“Orang-orang thariqah itu orang yang kaya, zuhud itu meninggalkan hati dari dunia bukan fisik yang meninggalkan dunia,” ujar lulusan Fakultas Kedokteran Gigi UGM tersebut.

Hadir dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa/i asal Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Amikom dan Institut Ilmu Qur’an (IIQ) An-Nur hingga kalangan profesional seperti tenaga kesehatan dan terapi kedokteran. (ayuningtias/eep)

Comments
Loading...