Teguhkan Dakwah Rahmah, IK DMI Gelar Rakernas dan Halaqah Nasional

0

Jakarta – Majelis Pimpinan Pusat Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (IK DMI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Halaqah Nasional dengan mengangkat tema “Meneguhkan Peran Khatib Dalam Melestarikan Dakwah Rahmatan lil’Alamin”.

Acara yang baru pertama kali digelar oleh pimpinan pusat IK DMI diadakan di Hotel Mercure Jakarta, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada 14-16 Rabiul Akhir 1440 yang bertepatan dengan 21-23 Desember 2018.

Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa “DMI melalui Ikatan Khatib ialah bentuk pengabdian dalam mensyiarkan Islam sekaligus memberi tuntunan sehingga kita bisa hidup rukun sampai kapanpun. Inilah cita-cita kita bersama sehingga Indonesia menjadi contoh bagi negara lain. Betapa harmonisnya negara kita sebagai umat Islam terbesar di dunia” ucap Wakil Ketua DMI (22/12)

Komjen Syafrudin menjelaskan berbagai tantangan, diantaranya ialah bagaimana DMI mampu menyongsong visi Indonesia 2045 atau 100 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lanjutnya, “walaupun ada kritikan terhadap Islamophobia, dan ada pihak yang tidak menginginkan Indonesia menjadi negara besar. Maka disinilah peran DMI untuk ikut mewujudkan bagaimana Indonesia bisa menjadi negara 5 besar di dunia”.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut juga mengungkapkan tantangan dunia digital yang semakin berkembang, dimana informasi dalam hitungan menit kita bisa mengakses segala informasi di dunia.

Tambahnya, dunia sudah menyongsong revolusi industri 4.0, maka kita harus bersiap-siap. Peradaban Islam juga harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Maka, kehati-hatian menjadi penting untuk menjaga ajaran Islam khusunya aqidah umat Islam agar tidak bergeser.

Di akhir sambutannya Mentri PANRB mengingatkan ada upaya by design yang tidak ingin Indonesia menjadi negara besar. Beliau juga mengajak peserta yang hadir untuk mendoakan muslim Uighur dan Palestina.

Usia sambutan, beliau kemudian membuka Acara Rakernas dan Halaqah Nasional dengan memukul bedug yang sudah disiapkan panitia penyelenggara yang diketuai oleh H. Saiful Bahri.

Hadir Para Pimpinan Pusat DMI, Majelis Pimpinan Pusat IK DMI yang dipimpin oleh DR. KH. Hamdan Rasyid, MA dan Perwakilan Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) DMI se-Indonesia, perwakilan Khatib se-Jabodetabek dan delegasi JATMAN.

Acara dilanjutkan dengan halaqah yang diawali oleh Ketua Bidang Organisasi dan Pendidikan PPDMI KH. Abdul Mannan Ghani dengan tema “Dari Masjid-Nya Kita Makmurkan Indonesia”. Acara masih berlangsung. (eep)

Comments
Loading...