Tantangan Sudah Beda, Puang Makka Ajak Jaga Ajaran Aswaja An Nahdliyyah

0

MAMUJU – Saat bersilaturahim di rumah jabatan Wakil Bupati, Mamuju H. Irwan Satyaputra pada Ahad (4/8) malam, Puang Makka yang merupakan anggota Majelis Ifta wal Irsyad Idarah Aliyah JATMAN menyampaikan beberapa pesan terkait tantangan Nahdlatul Ulama ke depan.

“Dulu mungkin berbeda paham antara NU dan Muhammadiyah, tapi masih terjadi sipakatau, sipakelebbi dan sipakainge. Muhammadiyah tidak mengkafirkan NU. Sekarang ini, banyak ormas Islam atau kelompok-kelompok tertentu yang berbeda paham dengan kita Ahlusunnah Wal Jama’ah tapi sudah tidak punya adab,” beber Mursyid Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makkasary tersebut.

Puang Makka menyebut bahwa tantangan kini lebih berbahaya dibanding tantangan dulu. Sesepuh NU di Sulawesi itu mengibaratkan seperti penyakit yang tidak nampak tapi bisa menggerogoti ajaran-ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah. Fenomena Takfiri dan tabdi’ antar sesama muslim serta berani mengkavling surga untuk kelompok kelompok tertentu merupakan sinyal yang berbahaya bagi keberagaman dan persatuan bangsa terutama Aswaja yang selama ini jadi garis perjuangan NU.

Dewan Penasehat Pimpinan Pusat GP Ansor itu juga berharap seluruh elemen dan kader-kader NU tetap terus belajar serta istiqamah dalam berjuang dalam nilai-nilai yang digariskan oleh ulama-ulama NU. Puang Makka melihat bahwa GP Ansor dan Banser akan menghadapi tantangan yang semakin rumit. Itu sebabnya ia meminta untuk terus belajar.

Perjuangan yang dimaksud diantaranya ialah mengawal ajaran agama yang harmoni dengan budaya Nusantara.

“Nahdlatul Ulama tetap menjaga dan memadukan adat istiadat atau budaya dengan agama dinulhaq atau Aqidah Islamiyah, tentu adat dan budaya yang tidak bertentangan dengan syariat agama itu sendiri. Ini yang dibawa dan diboyong oleh ulama-ulama kita. Olehnya, kepada sesepuh NU, sahabat-sahabat dan segenap kader Ansor Banser di Mamuju harus menjaga ini dengan baik,” tegas Syaikh Sayyid Abdul Rahim Assegaf.

Selain diikuti segenap pengurus GP Ansor dan Banser, Puang Makka juga berpesan kepada Pemkab agar membantu perjuangan, perkembangan dan kemajuan NU di Sulawesi Barat. (eep)

Comments
Loading...