Tanaka Make Up-nya Orang Myanmar

0

YANGON – Di Indonesia, memakai make up atau merias wajah adalah hal yangg paling prioritas terutama bagi kaum hawa yang memiliki aktifitas diluar rumah, termasuk kaum ibu yang rajin ke Majelis Taklim sekalipun, terlebih para selebritis atau kaum muda yang dituntut untuk selalu berpenampilan cantik. Make up adalah salah satu cara untuk bisa berpenampilan menarik.

Lain halnya dengan make up yang dipake oleh orang-orang Myanmar. Ketika saya jalan-jalan di Taman pinggiran kota Yangon banyak sekali masyarakat terutama wanita yang memoles wajahnya dengan tanaka.

Tanaka adalah suatu batang pohon yang hanya ada di Myanmar dan dipergunakan sebagai bedak untuk merias wajahnya hanya dengan cara memoleskan.

Kebiasaan memakai tanaka ini sudah merupakan warisan dari para orangtua mereka sedari dulu. “Ketika Myanmar dulu dijajah Inggris para wanita Myanmar selalu dijadikan objek pemuas nafsu tentara-tentara Inggris, sehingga untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan mereka memoleskan tumbukan batang pohon tanaka untuk menutupi wajah original mereka,” demikian kata Pak Sugeng salah satu Guru Indonesia yang mengajar di Sekolah Internasional Yangon tentang asal-usul tanaka.

Nah dari kebiasaan ini sampai sekarang kebiasaan memoleskan tanaka ke wajah menjadi sebuah tradisi, karena dirasakan manfaatnya. Diantara manfaatnya adalah untuk meminimalisir sinar ultra violet matahari pada siang hari, sehingga kulit mereka tidak rusak sekaligus sebagai penghias wajah mereka, karena mereka merasa percaya diri ketika wajah mereka dibubuhi dengan tanaka.

Bagaimana dengan anda, mau coba memakai tanaka ??

Oleh: Budy Budiman (TIDIM JATMAN)
TIDIM (Tim Inti Dai Internasional & Media) JATMAN

Comments
Loading...