Tahun Ini, Haul Habib Ali Solo 2 Kali Digelar

0

Solo – Ada yang unik tahun ini sebab Haul Al Habib Ali bin Muhammad al Habsyi akan terselenggara dua kali dalam setahun. Setelah digelar pada 8-9 Januari 2018, Haul Muallif Kitab Maulid Simthud Durar ini akan kembali digelar pada 29-30 Desember 2018. Haul tersebut diadakan setiap tanggal 20-21 Rabiul Akhir.

“Sejak tradisi peringatan haul Habib Ali masuk ke Indonesia, ada siklus sekitar 30 tahunan di mana pada tahun Masehi itu haul bisa terselenggara dua kali. Seperti tahun ini, 8-9 Januari dan insya Allah 20-21 Rabiul Akhir tahun mendatang atau pada 29-30 Desember,” kata salah satu kerabat keluarga Al Habsyi, Abdullah Assegaf sebagaimana dikutip dari solopos.com.

Acara Haul ke-107 Habib Ali akan diadakan pada 29 Desember 2018 dan bertempat di Masjid Ar Riyadh Pasar Kliwon Solo. Sedangkan Maulid Akbar akan diadakan keesokan harinya ba’da subuh di tempat yang sama.

Pada penyelenggaraan haul sebelumnya, tamu-tamu ulama besar dari Madinah, Yaman, Afrika, Arab Saudi, hingga Belanda berdatangan. Dari Tanah Air, puluhan ribu jamaah hadir dari berbagai penjuru seperti dari Papua, Kalimantan, dan Sumatera.

Jamaah yang datang dari Pasuruan karena mendengar imbauan dari Almaghfurlah Kiai Abdul Hamid. Menurut beliau, maulid di Solo dihadiri Nabi Muhammad Saw. (eep)

Comments
Loading...