Portal Berita & Informasi JATMAN

Syafa’at al-Qur’an

0 54

Al-Quran adalah sebuah kitab suci yang unik, yang tak akan pernah habis dan selesai dikaji dari berbagai macam kacamata ilmu pengetahuan. Maka tidaklah salah apabila dikatakan bahwa al-Qur’an merupakan sumber dari segala ilmu pengetahuan, karena al-Qur’an mencakup seluruh aspek ilmu pengetahuan.

Apabila al-Qur’an dikaji akan menghasilkan berbagai macam disiplin ilmu yang tidak pernah habis, laksana mengarungi samudra yang luas, makin ke tengah makin luas. Satu hal yang mungkin belum kita fikirkan bahwa tenyata al-Qur’an, tentunya atas izin-Nya, bisa memberikan syafa’at kepada para pembacanya, sebagimana sebuah hadist menginformasikan kepada kita bahwa:

Bacalah al-Qur’an, karena sesungguhnya al-Qur’an itu akan memberikan syafa’at kepada para pembacanya dihari Qiyamah. (HR. Imam Muslim).

Syafa’at yang biasa diartikan dengan suatu wasilah-perantara bagi yang lain untuk mendatangkan manfaat dan mencegah bahaya atau madharat. Al-Qur’an sendiri menyinggung tentang syafa’at dengan mengatakan bahwa:

“Barangsiapa yang memberikan syafa’at yang baik, niscaya ia akan memperoleh bahagian (pahala) dari padanya. Dan barangsiapa memberi syafa’at yang buruk, niscaya ia akan memikul bagian (dosa) dari padanya.” (QS. An-Nisaa’: 85).

Syafa’at ajaran Islam mengharapkan kita untuk menjadi seorang muslim yang seimbang dalam memperoleh kebahagiaan, bahagia dunia-akhirat. Dalam rangka mecapai keduanya ada banyak tawaran dari Allah yang disampaikan kepada kita, salah satunya dengan al-Qur’an. Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa al-Qur’an ketika dibaca, satu hurufnya dihitung sebagai satu kebaikan (hasanah), kebaikan tersebut umum, bisa berupa kesehatan, kemudahan rizqi, kemudahan segala urusan, ketentraman rumah tanggal dan lain sebagainya. Di akhirat nanti al-Qur’an akan memberikan syafa’at kepada para membacanya sebagaimana penjelasan hadist tersebut di atas.

Semoga kita semua digolongkan oleh Allah sebagai insan-insan yang mencintai al- Qur’an, mengkajinya, mengamalkan isi kandungannya. Aamiin, wa Allah a’lam.

Oleh: Ust. Shofwan al Jauhari

Comments
Loading...