Connect with us

Artikel

‘Sunnah’ Menurut Ulama Hadis Hingga Ulama Sufi

Published

on

Sunnah secara harfiah berasal dari kata sanna yasunnu yang berarti perilaku, jalan, kebiasaan dan ketentuan. Dalam bahasa Arab, satu buah kosakata tidak bisa diartikan oleh satu makna saja melainkan tergantung dengan kalimat setelahnya. Maka makna Sunnah bisa menjadi definisi lain sesuai dengan konteks kalimat yang ada sebagaimana Sunnah menurut beberapa ahli berikut:

  • Menurut Ulama Hadits

Apapun yang bersumber dari Nabi baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapan maupun sifat. Dalam konteks ini, sunnah kemudian menjadi tradisi turun temurun yang diriwayatkan oleh beberapa generasi yang poros utamanya adalah Nabi Muhammad Saw.

  • Menurut Mufassir

Pembatas bagi keuniversalan ayat-ayat al Quran. Meskipun al Quran dianggap sudah mencakup hukum-hukum peribadatan bagi umat Islam, tapi jika dilihat dari sisi kebahasaannya, masih banyak hal-hal yang perlu dijelaskan secara detail. Dan posisi sunnah menjadi alat bantu untuk menerangkan apa saja yang tidak dibahas dan ayat-ayat yang multitafsir dalam al Quran

  • Menurut Ulama Ushul

Sunnah diposisikan sebagai sumber hukum kedua setelah al Quran. Sunnah menjadi pijakan dalil suatu hukum karena pada dasarnya kedua-duanya berasal dari Allah Swt melalui Nabi Muhammad Saw.

  • Menurut Ulama fiqih

Sunnah ialah amalan dan ibadah yang apabila dilakukan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa. Makna sunnah disini lebih mengarah pada hasil hukum dari proses penggalian dalil syara’. Inilah definisi sunnah yang kemudian dipahami oleh orang Indonesia kebanyakan sebagai makna sunnah yang sesungguhnya

  • Menurut Ulama Kalam

Amalan-amalan yang bersumber dari Nabi dan diikuti oleh golongan ahlussunnah. Menurut al Auzai ada lima perkara yang selalu diamalkan oleh para sahabat dan tabiin yaitu mengikuti kebenaran, mengikuti sunnah, memakmurkan masjid, membaca al Quran dan berjihad di jalan Allah. Orang-orang yang mengikuti sunnah inilah yang kemudian mengklaim sebagai pengikut Nabi dan menamakan dirinya sebagai golongan ahlulssunnah wa al jamaah. Dengan kata lain siapapun yang tidak mengikuti sunnahnya maka dianggap bukan pengikut Nabi.

  • Menurut kaum sufi

Sunnah adalah bukti kecintaan terhadap Nabi. Orang-orang sufi sama sekali tidak memprioritaskan pahala dalam hidup mereka. Maka jika Sunnah dianggap sebagai amaliyah yang boleh ditinggalkan dan boleh tidak, maka bagi mereka sunnah diposisikan sebagai hal yang wajib sebagai bukti cinta mereka terhadap Allah dan Nabinya.

Belakangan ini di Indonesia, dari beberapa definisi sunnah dalam pandangan Islam yang demikian luas, dipersempit menjadi satu definisi saja. Seolah definisi sunnah adalah bagian dari identitas kelompok yaitu perilaku Nabi yang diamalkan oleh golongan Ahlussunnah saja dan siapapun yang tidak mengamalkannya dianggap bukan bagian dari ahlussunnah. Padahal jika kita tarik kesimpulan dari beberapa definisi diatas, cakupan sunnah sangat luas antara lain berupa perbuatan keseharian Nabi yang sebenarnya tidak ada unsur ibadah sama sekali seperti mendahulukan anggota tubuh yang kanan daripada yang kiri, bagaimana cara memotong kuku, cara mandi dan lain-lain. Apa yang dilakukan Nabi dalam kesehariannya sama dengan apa yang dilakukan orang lain pada umumnya. Bahkan bisa jadi berasal dari tradisi masyarakat sekitar yang kemudian diimplementasikan oleh Nabi. Sahabat dan tabiin mengamalkannya atas dasar mencontoh keteladanan Nabi yang lambat laun menjadi tradisi turun-temurun dan dilakukan oleh pengikut-pengikut setelahnya. Makna sunnah tersebut berbeda dengan makna sunnah ketika Nabi sudah memfatwakan hukum berdasarkan suatu peristiwa atau menjelaskan firman Allah yang masih umum, seperti sistematika gerakan shalat yang tidak dijelaskan dalam al Quran kemudian Nabi memberikan contoh kepada para sahabat bagaimana gerakan shalat yang dimaksud dalam al Quran. Maka itu bisa menjadi dasar hukum dan rujukan pengambilan hukum syara’.

Adapun definisi yang disampaikan oleh ahli hadits, sunnah bukan hanya seputar perkataan, perbuatan dan ketetapan, tapi juga berupa karakteristik Nabi. Maka itulah sebabnya arti sunnah juga bisa dimaknai sebagai Sirah atau biografi dan mustahil para sahabat meniru fisik nabi kecuali hanya sebatas cara nabi berpenampilan dan berakhlak. Beberapa ulama membedakan antara sunnah dan hadits. Sunnah merujuk kepada perbuatan dan ketetapan Nabi sedangkan hadits mencakup pada ucapan. Sedangkan dalam persperktif lain, sunnah dianggap implementasi Nabi terhadap wahyu Allah dan hadis merupakan penuturuan dan respon nabi terhadap tindakan orang lain. Dari beberapa definisi diatas, Sunnah dianggap memiliki satu makna dengan hadits kecuali pada definisi menurut ulama fiqih, yang disebut dengan sunnah adalah salah satu dari lima hukum syara’ yang berhubungan dengan peribadatan dan muamalah yaitu wajib, haram, sunnah, makruh dan mubah. Lima hukum tersebut diartikan sebagai berikut:

  • Wajib yaitu apabila dilaksanakan mendapatkan pahala dan apabila dtinggalkan mendapat dosa.
  • Haram yaitu apabila dilaksanakan berdosa dan apabila ditinggalkan mendapat pahala
  • Sunnah yaitu apabila dilaksanakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa
  • Makruh yaitu apabila dilaksanakan tidak berdosa dan apabila ditinggalkan mendapat pahala
  • Mubah yaitu baik dilaksanakan atau ditinggalkan, tidak ada pahala dan dosa.

Laporan: Khoirum Millatin, S.Hum

Continue Reading

Artikel

Ngopi Online: Tasawuf dan Psikologi dalam Pengembangan Diri

Published

on

By

Jakarta, JATMAN.OR.ID: Kajian psikologi dan tasawuf beberapa tahun belakangan semakin banter dibicarakan kalangan akademis. Tentu banyak faktor yang melatarbelakanginya. Dua ilmu ini ibarat kopi dan gula, sama-sama nikmat diarungi terutama jika dileburkan menjadi satu maka muncul sebuah perkataan; nikmat mana yang bisa didustakan?

Berpijak dari sini, pada Rabu (24/2) Pengurus Wilayah Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (MATAN) DKI Jakarta bekerjasama dengan Lembaga Training Gets Indonesia mengadakan webinar bertajuk “Ngopi Online” (Ngilen).

Webinar ini dikemas dengan konsep santai, namun tidak kehilangan substansi materi yang didiskusikan. Mengangkat tema “Similaritas Psikologi dan Tasawuf dalam Pengembangan Diri”.

Coach Indra Hanjaya sebagai pemateri yang merupakan founder Gets Indonesia dan M. Aqil Syahrian selaku perwakilan dari PW MATAN DKI Jakarta sebagai moderator.

Diskusi ini diawali dengan sambutan yang disampaikan Wakil Ketua PW MATAN DKI Jakarta Idris Wasahua, M.H. dan dari perwakilan Gets Indonesia Sri Herlina, S.Psi.

Ngilen perdana ini, begitu menarik perhatian para peserta karena Keluasan wawasan dan pengalaman Coach Jaya sebagai Spiritual Life.

“Similaritas psikologi dan tasawuf bisa ditemukan dalam psikologi transpersonal,” kata Coach Jaya.

Psikologi transpersonal sendiri merupakan salah satu aliran dalam dunia psikologi yang mengintegrasikan aspek spiritual ke dalam disiplin keilmuannya.

“Psikologi tidak hanya menyentuh aspek pikiran dan perilaku saja, tetapi juga bergerak lebih jauh hingga aspek spiritual yang menyentuh jiwa, hati, dan rasa” ujarnya.

Psikologi semacam ini, telah tumbuh dan berkembang di daerah Timur (termasuk Indonesia) sejak dua ribu tahun yang lalu. Hanya saja, hal itu memang tidak banyak diperhatikan dan disorot sebagaimana psikologi transpersonal beberapa dekade terakhir.

Sementara itu, tasawuf yang berkutat pada tazkiyah al-nufus dan tashfiyah al-qulub merupakan proses pembentukan karakter yang melalui tahapan-tahapan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya terdapat trilogi Takhalli, Tahalli, dan Tajalli yang menjadi doktrin umum dalam dunia tasawuf.

Ketiga fase tersebut tidak lain bertujuan untuk menuju insan paripurna, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw. Tak hanya itu, tasawuf di era modern juga bisa diaplikasikan dalam penanggulangan terorisme dan radikalisme; pencegahan korupsi; hingga rehabilitasi pengguna narkoba.

“Gets Indonesia sendiri dalam hal pemberdayaan diri mengembangkan sebuah metode bernama Panca Olah, yakni sinergi antara Olah Pikir, Olah Hati, Olah Rasa, Olah Raga, dan Olah Karsa. Dengan kelima aspek tersebut, seseorang akan mampu mengetahui potensi dirinya, lalu kemudian mengaktualisasikannya dalam kehidupan nyata”, pungkasnya

Lebih lanjut, Coach Jaya menjelaskan, tujuan utama dari penerapan Panca Olah ialah terciptanya revolusi spiritual dalam diri manusia. Revolusi spiritual merupakan sebuah peningkatan dan perluasan kesadaran yang berdampak pada perubahan pemikiran dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Adanya rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup di muka bumi, baik itu sesama manusia, tetumbuhan, hewan, dan lain sebagainya itulah hasil dari aktulisasi Panca Olah”, Jelas Coch Jaya.

Dengan hal itu, maka terciptalah harmoni dalam struktur alam semesta secara keseluruhan.

Continue Reading

Artikel

Maqom Kasyaf Imam Ahmad Ibnu Athoillah Assakandari RA.

Oleh: Habib Muhdhor as-Segaf

Published

on

Ibnu Athoillah

Kasyaf adalah merupakan karomah dan karunia Allah yang diberikan kepada seorang hamba yang dikasihiNya. Kasyaf dapat diartikan terbukanya tembok pemisah antara seorang hamba dengan Allah SWT untuk dapat melihat, merasakan dan mengetahui hal-hal ghaib yang sangat sulit diterima oleh akal sehat.

Kasyaf dapat digapai oleh siapa saja yang memiliki kedekatan khusus dengan Allah SWT. Hal itu sebagaimana spa yang telah dijelaskan oleh Syaikh Imam Yusuf ibn Ismail An-Nabhani RA dalam salah satu karyanya yang berjudul Jami’ Karamat Al-Auliya.

Dalam kitab yang memuat biografi 695 wali (di luar wali-wali yang muncul di Asia Tenggara) itu, terlihat jelas betapa para wali rata-rata memiliki kemampuan untuk menggapai mukasyafah. Termasuk di dalamnya Imam Ghazali RA, Ibnu Arabi RA, dan Imam Syafi’i RA. Bentuk kasyafnya bermacam-macam. Sesuai kondisi kehidupan para wali tersebut.

Kaitannya dengan hal itu, Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa, “Seandainya hati kalian tidak dilanda keraguan dan tidak mengajak kalian untuk banyak bicara, niscaya kalian akan mendengar apa yang sedang aku dengar.”

Dalam hadis lain, sebagaimana dinukilkan dari kitab Ihya Úlum Al-Din, Rasulullah SAW berkata, ”Seandainya bukan karena setan yang menyelimuti qalbu anak cucu Adam maka niscaya mereka akan dengan mudah menyaksikan para malaikat gentayangan di jagad raya kita.”

Di dalam al-Quran juga ada isyarat yang memungkinkan seseorang memperoleh kasyaf. Ada beberapa ayat yang mengisyarakatkan demikian. Di antaranya, ayat 37 Surah Qaaf. “Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai hati atau yang menggunakan pendengarannya, sedangkan dia menyaksikannya.”

Salah satu contoh maqom kekasyafan adalah cerita yang dialami oleh Abul Fadhal Yusuf bin Muhammad RA atau yang disebut Ibnun Nahwi dengan gurunya Imam Ahmad Ibnu Athoillah Assakandari RA. Semoga kita memperoleh barokahnya. amin.

Adapun cerita tersebut adalah sebagai berikut.

يقول الامام ابن النحوى ابو فضل يوسف بن محمد رحمه الله حضرت مجلس سيدى ابن عطاءالله السكندرى ذات يوم وهو يومئذ من كبار أهل التصوف فى عصره.

Abul Fadhal Yusuf bin Muhammad RA yang terkenal dengan sebutan nama Ibnun Nahwi, pengubah qashidah al-munfarijah, pernah menceritakan bahwa suatu hari saya menghadiri majlis ilmu guruku Imam Ahmad Ibnu Athoillah Assakandari RA, dan pada saat itu beliau tergolong salah seorang pembesar ahli tasawuf di zamannya.

فنظرت إليه متعجبا من علومه ، فقلت فى نفسى, ياترى الشيخ فى أى مقام من المقامات هو؟

Maka kedua mataku menatap kepadanya dengan penuh kekaguman akan keluasan ilmunya, sembari berkata pada diriku, “Betapa tinggi derajat dan maqommu wahai guruku, namun, ia berada di tingkatan dan maqom yang mana??” dengan penuh penasaran, hatiku bertanya.    

فنظر لى الشيخ و قطع حديثه وقال فى مقام المذنبين العاصين يا بن النحوى.

Eh, ternyata dia tahu bisikan hatiku, dia langsung melihatku, lalu menghentikan perkataanya, seraya mengatakan, “Wahai Ibnu Nahwi, kedudukan dan maqomku adalah kedudukan dan maqom orang-orang yang berdosa dan ahli maksiat,” dengan dengan penuh kerendahan beliau menjawab.

فعجبت من ذلك و لزمت الصمت من هيبته ثم سلمت عليه و انصرفت.

Akupun terkejut mendengar ucapanya itu, aku langsung diam, melihat begitu besarnya haibah beliau, lalu aku mendekat kepadanya dan berjabatan tangan, kemudian pulang.

فرأيت فى تلك الليلة سيدنا رسول الله ﷺ

على مرتبة عالية و الصحابة الكرام حوله و الناس مجتمعون.

Malamnya aku mimpi Baginda Nabi SAW, beliau berada di tingkat yang sangat tinggi dan para sahabat berada di dekatnya, sementara para sholihin berkumpul di sekitarnya.

فقال رسول الله ﷺ: أين تاج الدين بن عطاء الله ؟

Lalu Baginda Nabi SAW bertanya kepada mereka, “Dimana Tajuddin Ahmad Ibnu Athoillah Assakandari?”

فقال : نعم يارسول الله.

Maka dia mendekat kepadanya, dan berkata,”Iya, ini saya ya Rasulullah.”

فقال رسول الله ﷺ تكلم فإن الله يحب كلامك. فتكلم.

Lalu Nabi saw berkata kepadanya, “Berbicaralah, karena Allah SWT senang dengan ucapamu, silahkan berbicara.”

واستيقظت, فجئت لسيدى ابن عطاءالله رضى الله عنه.

Akupun terbangun, lalu esok harinya aku segera menemui guruku Imam Ahmad Ibnu Athoillah Assakandari RA.

فسمعته يتكلم بما سمعته فى الرؤيا أمام سيدنا رسول الله ﷺ.

Begitu sampai dan mendengar apa yang dituturkannya itu, ternyata sama seperti apa yang disampaikan di hadapan Baginda Nabi SAW, yang didengar dalam mimpinya semalam.

فقلت فى نفسى هذا والله هو المقام.

Maka aku langsung berkata pada diriku, “Ohh, ternyata itu maqomnya, sungguh sangat tinggi.”

فنظر لى سيدى ابن عطاء الله السكندرى

وقـــــــــــــــال “وما خفى عنك كان أعظم يا بن النحوى.” رضى الله عن الشيخ ابن عطاءالله السكندرى.

Begitu bisikan hatiku itu berhenti, ternyata dia tahu, maka guruku Imam Ahmad Ibnu Athoillah Assakandari RA langsung menoleh kepadaku dan berkata kepadaku, “Wahai Ibnu Nahwi, apa yang belum kamu ketahui tentang diriku ini masih banyak.”

Wallahu a’lam.

Continue Reading

Artikel

Fase Kehidupan di Alam Dunia (1)

Kupas Tuntas Perjalanan Hidup Manusia dalam Lima Alam

Oleh: DR. KH. M. Hamdan Rasyid, MA

Published

on

Fase kehidupan di alam dunia, dimulai sejak manusia dilahirkan oleh Allah SWT dari perut ibunya dan berakhir ketika diwafatkan oleh Allah SWT. Sesudah mengalami kehidupan di alam rahim selama kurang lebih sembilan bulan, janin tumbuh dan membentuk diri sehingga menjadi bentuk yang sempurna, maka dengan izin Allah SWT manusia terlahir dari perut seorang ibu ke alam dunia ini dengan perjuangan yang sangat melelahkan antara hidup dan mati.

Sesudah lahir di alam dunia, manusia akan mengalami berbagai perkembangan menuju kematangan dan kedewasaan, kemudian kemunduran menuju masa tua dan kematian. Perkembangan adalah serangkaian perubahan progesif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman. Menurut Van den Daele “Perkembangan berarti perubahan secara kualitatif”. Ini berarti bahwa perkembangan bukan sekedar bertambahnya berat atau tinggi badan serta kemampuan seseorang. Perkembangan adalah suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks. Di dalam perkembangan ini ada dua proses yang saling bertentangan yaitu pertumbuhan atau evolusi dan kemunduran atau involusi. Kedua proses ini terjadi mulai dari pembuahan dan berakhir dengan kematian. Manusia tidak pernah statis, semenjak pembuahan hingga kematian manusia selalu mengalami perubahan, baik kemampuan fisik maupun psikologis.

Plaget menuturkan bahwa dua struktur itu “tidak pernah statis dan sudah ada semenjak awal”. Dengan kata lain bahwa organisme yang matang selalu mengalami pembuahan yang progesif sebagai tanggapan terhadap kondisi yang bersifat pengalaman dan mengakibatkan jaringan interaksi yang majemuk. Fakta yang penting dari perkembangan adalah bahwa dasar-dasar permulaan adalah sikap kritis, kebiasaan, dan pola perilaku yang dibentuk selama bertahun tahun. Tahun pertama sangat menentukan seberapa jauh individu-individu berhasil menyesuaikan diri, baik dalam penyesuaian diri pribadi maupun penyesuaian sosial. Keberhasilan

dalam menyesuaikan diri pada masa ini sangat mempengaruhi perkembangan dalam kehidupan pada masa-masa berikutnya hingga ketika manusia bertambah tua. Beberapa proses yang kompleks dari perkembangan manusia adalah sbb:

  1. Proses Fisik (physical process) yaitu perubahan yang bersifat biologis. Dari gen yang diwariskan orang tua, perubahan hormon selama hidup, bertambahnya tinggi badan, berat badan dan kemampuan motorik seseorang telah mencerminkan perkembangan biologis menuju kepada kematangan (maturation).
  2. Proses Kognitif (cognitive process) yaitu perubahan yang terjadi dalam diri seseorang yang meliputi daya pikir, kecerdasan dan bahasa individu. Seperti bagaimana mengingat alamat rumah, pelajaran, menyusun kalimat, mengetahui warna-warna benda. Semua itu menunjukan peranan proses kognitif dalam perkembangan.
  3. Proses Sosial Emosional (socio-emotional process) yaitu proses perubahan yang terjadi pada emosi seseorang serta dalam berhubungan (berinteraksi) dengan orang lain. Emosi dapat mempengaruhi perubahan jasmaniah seseorang yang tampak dalam memberikan respon atau tanggapan terhadap suatu peristiwa.

Ketiga macam proses di atas, baik proses fisik, kognitif maupun sosial emosional saling berkaitan satu sama lain. Sebagai contoh, proses emososial membentuk proses kognitif. Proses kognitif mendukung atau membatasi proses sosial-emosional. Sementara proses fisik mempengaruhi proses kognitif. Semua ini akan selalu bergantung satu sama lain. Jadi manusia tidak akan bisa terlepas dari ketiga proses ini karena pada dasarnya manusia akan selalu mengalami perubahan dari pembuahan sampai kematian, baik dari segi fisik maupun psikologis.

(Bersambung…)

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending