Suluk MATAN Kab. Sidrap Adalah Napak Tilas Para Ulama dan Habaib

SIDENRENG RAPPANG – Dalam acara Closing Ceremony Suluk MATAN Kab. Sidrap, Wakil Ketua Korwil MATAN Sulawesi yaitu Syaikh Sayyid Abdul Malik (Khalifah Tarekat Khalwatiyah Syaikh Yusuf Al Makassariy) mengajak para peserta Suluk untuk menapak tilas tentang potensi dan keberkahan yang Allah letakkan di Kabupaten Sidrap.

“Yaitu banyaknya keluarga habaib yang lahir dan ulama-ulama kharismatik. Misalnya, Keluarga besar Habib Prof. Dr. M. Quraish Shihab, Syekh Ali Mathar, dan AGH. Abdul Muin Yusuf,” ucap Puang Malik di Kantor Kemenag Kab Sidrap, Sabtu (19/10).

Melalui kegiatan Suluk ini, tambah Puang Malik, keberadaan MATAN di Kab. Sidrap mencoba untuk menggali jejek-jejak keilmuan nuansa batiniah dan amaliah habaib dan para ulama.

Sedangkan Pelaksana Acara Suluk MATAN ini, H. Irman Baharuddin, S. Ag., M.Si tetap hadir walaupun mengaku sedang kurang sehat demi suksesnya acara Suluk. “Sebuah prinsip hidup mengatakan bahwa jika saya melaksanakan sesuatu, maka pantang menyerah hingga digaris finis,” ucap Kepala Kantor Kemenag Kab. Sidrap tersebut.

Peserta suluk yang mayoritas diikuti oleh pegawai Kemenag Kab. Sidrap diarahkan untuk menanggalkan segala yang melekat pada dirinya, terutama ilmu, jabatan, harta dan termasuk kesibukan luar. Irman Baharuddin menyampaikan ayat al-Qur’an yang artinya; “Barangsiapa mengerjakan kebajikan maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa berbuat jahat maka (dosanya) menjadi tanggungan dirinya sendiri. Dan Tuhanmu sama sekali tidak menzalimi hamba-hamba(-Nya). (QS. Fushshilat [41]:46).

Terkait Suluk, Kakan Kemenag Kab. Sidrap itu juga menyebut mengutip ayat, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, carilah perantara untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah di jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah [5]:35).

Sebelum closing ceremony atau penutupan dan pembaiatan suluk MATAN Kab. Sidrap, 80 peserta suluk melantunkan Shalawat Thariqiyah, Hymne dan Mars MATAN serta Yel Yel yang dipandu oleh Instruktur Suluk.

Kebersamaan dan kekompakan kader MATAN juga tampak pada setiap acara suluk. Ini dibuktikan dengan hadirnya kader-kader MATAN dari berbagai daerah, yaitu PC. MATAN Makassar, PC. MATAN Maros, PC. MATAN Pangkep, PC. MATAN Parepare, dan PC. MATAN Pinrang. (hrd/eep)

Komentar
Loading...