Silaturrahim Para Kiai Untuk Sinergi Dalam Dakwah Aswaja

0

KALIBENING – Kehadiran Mudir Aam JATMAN ke Kalibening rupanya dimanfaatkan oleh beberapa tokoh NU dan JATMAN di Jateng ini untuk berbagi dalam hal bagaimana mengembangkan dakwah Aswaja pada senin siang ini (18/2).

Beberapa yang hadir antara lain Gus Wakhid Jumali, Lc. (ketua PC GP Ansor Banjarnegara), Kiai Mirza dari Pekalongan, KH. Jauhari Hatta M.Ag. (mudir syu’biyah JATMAN NU Kab. Banjarnegara), KH. Hasyim dan Gus Atabik Hasan (ketua Rijalul Ansor Banjarnegara) di kediaman Ust. Hermanto dari anggota Ansor yang juga imam masjid Jami’ Bedana.

Pertemuan ini dalam rangka silaturrahim sekaligus berdiskusi bagaimana agar dakwah aswaja dapat semakin berkembang di Banjarnegara ini.

Mudir Aam bersama Gus Wakhid. (Foto: Hendra)

Diskusi dimulai dengan saling sharing mengenai tantangan-tantangan dakwah yang dihadapi para muballigh NU di Banjarnegara dan sekitarnya, serta menceritakan dilema yang sering dihadapi seperti banyaknya muballigh yang urban ke Jakarta untuk bekerja dan tidak kembali, dikarenakan terdesaknya kebutuhan ekonomi.

“Salah satu strategi pengembangan dakwah yang efektif adalah dengan melakukan kaderisasi para muballigh lokal yang ada dengan pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi delivery skill dalam mendakwahkan aswaja dan tasawuf,” terang KH. Wahfiudin.

“Sehingga mereka memiliki kemampuan bagaimana beradaptasi dengan perubahan zaman yang saat ini semakin berkembang dalam hal iptek,” beliau melanjutkan.

Serius berdiskusi. (Foto: Hendra)

Selain membahas kaderisasi, Mudir Aam juga mengajak agar sama-sama menjaga kerukunan sesama warga Nahdliyin walau berbeda pilihan pada tahun politik ini.

“Saya sepakat dengan instruksi dari Habib Luthfi sebagai Rais Aam JATMAN bahwa JATMAN menyatakan netral, pilihan diserahkan nurani masing-masing,” tegas Mudir Aam yang juga wakil talqin Abah Anom.

Diskusi ditutup menjelang maghrib dengan doa dan foto bersama, yang selanjutnya saling berpamitan untuk kembali ke tempatnya masing-masing. (Hen/Nis)

Comments
Loading...