Connect with us

MATAN

Selamat Ulang Tahun Sufi Muda

Published

on

Sejarah MATAN

Tidak ada gemericik air yg menetes pelan disini, yang disaksikan dunia adalah air deras tak terhalang, dunia melimpah, kebaikan itu meruah, tumpah dalam CINTA yang telah ENGKAU luruskan dan makna dengan tinta kasih sayang.

9 tahun ENGKAU telah ada, padang gersang itu tidak ada lagi, karena ENGKAU telah mengubahnya menjadi Hijau, manusia dengan kemanusiaanya yang belum selesai berteduh di sana, karena di sana ada damai yang tidak mereka temukan dalam sabda manapun.

Selamat ulang tahun, bunga kelopak indah yang selalu mekar, tumbuh dan terus tumbuh, izinkan kami untuk selalu ada bersamaMU, karena semesta rindu setiap tarikan kalimatMU. Semangat berjuang sahabat matan, demi pertiwi berkorban kita semua harapan bangsa untuk Indonesia junjung tinggi Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa. Semoga berlimpah berkah, mengiringi setiap langkah, pengharapan nan abadi petunjukMU kunanti Yaa Robbi.

Hari ini kami mendengar dan melihat semesta berdiri berjajar dan dengan bangga berkata “SELAMAT ULANG TAHUN SUFI MUDA, KARENA HANYA CINTA YANG MEMBAWA KEBAIKAN DI DUNIA.“

Ahmad Ja’far Shodiq
Ketum PW MATAN PROVINSI LAMPUNG

Continue Reading

Berita

PPKM Darurat, MATAN Kota Cirebon Adakan Bansos

Published

on

Cirebon, JATMAN.OR.ID – Pengurus Cabang MATAN Kota Cirebon mengadakan acara Bakti Sosial (Baksos) peduli kepada masyarakat yang terdampak PPKM Darurat Covid-19. Agenda ini digelar sebagai upaya meringankan beban masyarakat kelas bawah yang terkena secara langsung dan tidak langsung akibat PPKM Darurat Covid-19 pada Minggu (18/7). 

Pembagian paket sembako dan pakaian dilakukan secara langsung di beberapa jalanan Kota Cirebon dengan menyasar masyarakat yang membutuhkan.

Sohib M. habiburohman selaku Ketua PC MATAN Kota Cirebon menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara atas dukungan dan kerja sama dari seluruh Pengurus Cabang Matan Kota Cirebon.

“Kami, khususnya PC MATAN Kota Cirebon turut prihatin pada dampak PPKM Darurat ini, maka perlunya kami mengulurkan sebagian apa yang kita punya untuk mereka yang terkena dampak dari pada PPKM Darurat covid 19,” jelasnya.

Selanjutnya Wakil Ketua MATAN Kota Cirebon Sohib Chaerul Umam berharap wabah virus corona ini cepat berakhir.  

“Kita semua berharap semoga Covid-19 ini segera berlalu dan kita bisa kembali hidup normal. Meskipun akan sulit juga bagi kita karena setelah ini yang terjadi adalah era new normal. Dimana akan ada kebiasan baru yang mucul di masyarakat,” ungkapnya. (ap)

Continue Reading

Berita

MATAN IAIN Cirebon Adakan Pembacaan Ratib Al-Haddad untuk Keselamatan Bangsa

Published

on

MATAN IAIN Cirebon

Cirebon, JATMAN.OR.ID: Pengurus Komisariat (PK) Mahasiswa Ahlith Thariqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (MATAN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon Adakan Pembacaan Ratib Al-Haddad dan Do’a Bersama untuk Keselamatan Bangsa Secara Virtual, Kamis, (15/7/21).

Acara yang dibarengi dengan Ngaji Tasawuf itu dihadiri oleh Pengurus Komisariat, demisioner MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Pengurus Cabang MATAN Kota Cirebon dan Kang Imamuddin SQ (mantan Ketua Pengurus Cabang MATAN Kota Cirebon periode 2018-2020) yang juga selaku pengisi materi Ketasawufan.

Acara Dwi mingguan ini sedikit berbeda karena dibarengi dengan pembacaan Ratib Al-Haddad dan Do’a untuk keselamatan bangsa, Imamuddin selaku pemateri ngaji tasawuf menuturkan, semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menjadi media kita untuk berikhtiar meminta perlindungan dari Allah SWT.

MATAN IAIN Cirebon

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menjadi media kita untuk berikhtiar meminta perlindungan dari Allah SWT.” tuturnya

Melanjutkan, ” Saya apresiasi penuh dan perlu diadakan lagi kajian tentang tasawwuf ini. Karena penting sekali dalam kehidupan ini. Dan senang karena peserta sangat semangat dan antusias, semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua.”pungkasnya.

Ketua Pengurus Komisariat, Khumaedi NZ menuturkan bahwa kegiatan ini ikhtiar kita sebagai hamba supaya tetap dalam lindungan-Nya.

“Kegiatan ini sebagai ikhtiar kita untuk selalu mengharap pertolongan-Nya Semoga dengan diadakannya kegiatan ini kita senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan-Nya.” Ucapnya.[Ahmad Kamiludin]

Continue Reading

Berita

Ziarah Jelang Pembentukan PC MATAN Wajo

Published

on

Ziarah Jelang Pembentukan PC MATAN Wajo

Wajo, JATMAN.OR.ID: Gairah dan semangat berthoriqoh kader-kader MATAN menjadi roda penggerak organisasi. Silaturahim, menghadiri majelis zikir dan membaca ratib merupakan salah satu rutinitas penguat ikatan batin dan merancang strategi perekrutan dan pengembangan kader diberbagai daerah. Pengurus Wilayah (PW) MATAN SULSEL memberikan restu untuk melakukan persiapan suluk dan pembentukan PC. MATAN di Kabupaten Wajo, Kabupaten yang terkenal dengan Kota Sutera dan masyarakat santri.

Ziarah Jelang Pembentukan PC MATAN Wajo

Guna melaksanakan agenda tersebut, Sabtu, 19 Juni 2021, Kader MATAN SULSEL Hardianto, Adri Aladin, S. Pd dan rombongan melaksanakan silaturahim dan ziarah makam. Diantara tempat yang dikunjungi adalah:

  1. Silaturahim dan meminta arahan kepada Idarah Syu’biyah JATMAN Kab. Wajo yang diwakili oleh K.H. Muhammad, Subhan, MA. silaturahim tersebut disepakati K.M. Muhammad Takdir sebagai ketua panitia suluk. Rencana pelaksanaan suluk diselenggarakan pasca Idul Adha 1442 H.
  2. Ziarah makam ulama bersejarah:
    a. Ziarah makam kakek Wali Songo, yaitu Syekh Habib Jamaluddin Al-Akbar Al-Husaini (w 1453) M.) di Tosora. Dahulu Tosora adalah ibu kota kerajaan Wajo, disebelah makam terdapat peninggalan masjid Tua Tosora dan peninggalan makam-makam kuno. Allahu yarham K. H. Abdurrahman Wahid sudah dua kali mengunjung makam tersebut.
    b. Ziarah Makam Laoddang Pero Datu Larompong-Luwu: Arung Matoa Wajo ke 44 Matinroe riMasigina, dan Andi Makkulawu Rumpang Megga Ranreng Talo Tenreng Wajo.
    c. Ziarah makam Syekh Alim Allamah K. H. Muhammad As’ad; maha guru ulama SULSEL yang lahir di kota suci Makkah, pendiri Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang, dan salah satu murid terdekat Syekh Sayyid Ahmad Asy-Syarif As-Sanusi. Lokasi makam di pekuburuan Bulu Bellang Jalan Pattiro Sompe Sengkang.[Har]

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending