Sambut Bulan Ramadhan, JATMAN Adipali Gelar Ngaji Rutin Ahad Wage

Maret 6, 2024
Sambut Bulan Ramadhan, JATMAN Adipali Gelar Ngaji Rutin Ahad Wage

Cilacap, JATMAN Online – Idaroh Ghusniyah Jam’iyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabaroh An Nahdliyah (JATMAN) Kecamatan Adipala menggelar kegiatan pengajian umum rutin di Masjid Al-Falah Desa Glempangpasir, pada Ahad (3/3/2024).

Kegiatan ini merupakan pengajian umum rutin yang sudah berjalan setiap Ahad Wage atau selapan sekali bergilir setiap Desa-Desa yang ada di kecamatan Adipala. Rutinan ini adalah putaran yang ke-8 dan sekaligus dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.

Turut dihadiri oleh seluruh pengurus Idaroh JATMAN Adipala, jamaah Ikhwan dan Ikhwat tarekat yang tergabung dari berbagai tarekat Naqsabandiyah, Qodiriyah, Syadiliyah, dan Satariyah dan jamaah Masjid Al-Falah Glempangpasir.

Dilansir dari lama PCNU Cilacap, KH Abdul Ghofir perwakilan dari Tarekat Satariyah dalam tausyiahnya menerangkan peristiwa penting di bulan Sya’ban.

"Bulan Sya’ban selain memiliki banyak keutamaan, ada sejumlah peristiwa penting yang terjadi pada bulan Sya’ban. yaitu ada tiga peristiwa penting. Pertama peralihan kiblat, peralihan kiblat yang dimaksud adalah dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram," jelasnya.

"Kedua penyerahan rekapitulasi keseluruhan amal manusia kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Pada bulan ini semua amal kita yang telah dicatat oleh malaikat diserahkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala," paparnya.

Ketiga, lanjutnya, pada bulan sya’ban turunnya ayat tentang anjuran membaca shalawat kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam. Firman Allah subhanahu wa ta’ala Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 56.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا ۝٥٦

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Kiai Abdul Ghofir mengajak jamaah mari bersama untuk memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam minimal shalawat Jibril, dan shalawat lainnya. Perbanyak dzikir, membaca Al-Qur’an.

"Mari bersama menyambut bulan suci ramadhan dengan suka cita semoga kita semua bertemu dengan bulan mulia," pungkasnya.

Pengajian JATMAN Adipala menyambut bulan Ramadhan ditutup dengan doa oleh Mursyid Tarekat Qodiriyah Wa Naqsabandiyah KH Badruzzaman.