Portal Berita & Informasi JATMAN

Sambung Silaturahim, Ponpes Al Kautsar dan Ponpes API Gelar Maulid Nabi

0 14

Wonosobo – Ahad (2/12) Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) dan Ponpes Tahfidzul Quran Al Kautsar menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Halaman Madrasah Tsanawiyah Terpadu Al Kautsar Jalan Raya Kertek KM. 4,5 Kedewan Sudungdewo, Wonosobo, Jawa Tengah.

Acara yang diadakan pada Ahad (2/12) bertajuk “Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Silaturahim Alumni Ponpes Asrama Perguruan Islam Jetis Pakisan Patean Kendal bersama Keluarga Besar Ponpes Al Kautsar”.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan pembacaan maulid serta ditutup oleh tokoh setempat Habib Abdullah. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dan disusul dengan mauidzah hasanah oleh KH. Munawir dan KH. Wahfiudin.

Dalam sambutannya KH. Ahmad Pengash Ponpes API Jetis menuturkan terima kasih atas silaturahim yang tetap terjaga. “Kami berusaha menjembatani para alumni (mutakharrijin) untuk bisa saling bersinergi dan bersilaturahim,” singkat beliau.

Kiai Munawir pengasuh Ponpes Manbaul Ihsan mengajak masyarakat tetap istiqamah mendidik anak-anak dan keturunannya untuk senantiasa dekat dengan ulama tengah arus informasi dan globalisasi.

Sementara itu KH. Wahfiudin menjadi pembicara utama sekaligus pamungkas. Wakil Ketua Komisi Pendidikan & Kaderisasi MUI Pusat ini mengupas bagaimana peran Rasulullah Saw melalui surah Al Baqarah ayat 151.

Menurut Mudir Am JATMAN tugas Nabi yang pertama ialah tilawah dengan membacakan ayat-ayat Nya. Kedua tazkiah diantaranya dengan memberikan latihan-latihan untuk mensucikan diri, ruh dan qalbunya (riyadhah). Ketiga ta’lim memberikan pengajaran setelah sebelumnya disucikan. “Sebab ilmu kalau diajarkan pada orang yang belum disucikan bukan hanya tidak bermanfaat tapi bisa disalahgunakan, yang bahkan merusak Islam, contohnya orientalis,” papar wakil talqin Abah Anom tersebut.

Sekitar 700 orang hadir pada peringatan Maulid Nabi tersebut. Mereka terdiri dari Para pengurus, wali murid dan Alumni Ponpes API dan keluarga besar Ponpes Al Kautsar, perwakilan Koramil, Kepala Desa Sudungdewo, serta masyarakat setempat.

Nampak mobil dan bus berjejer rapi memadati jalanan depan Ponpes. Satkoryan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ikut menyukseskan acara tersebut. (eep)

Comments
Loading...