Safari Dakwah, Mudir Aam Sosialisasikan Tarekat dan JATMAN

0

MANADO – Mudir Aam JATMAN, KH. Wahfiudin Sakam dalam safari dakwahnya di Sulawesi Utara, tepatnya di Manado menyosialisakan Asosiasi pengamal tarekat JATMAN kepada kurang lebih 500 jamaah yang memenuhi Masjid At-Taqwa Perkamil, Senin malam (21/7).

“JATMAN adalah Asosiasi Pengamal Tarekat yang terakreditasi (Mu’tabarah) di bawah Nahdlatul Ulama yang bibitnya sudah ada sejak tahun 1957,” ungkapnya.

Tarekat bukan hanya fokus berdzikir dan mengabaikan kehidupan di dunia, justru sepanjang sejarah para ulama tarekatlah yang banyak berperan dan memberikan kontribusi misalnya dalam penyebaran Islam di nusantara dan perjuangan melawan penjajah.

Dalam lawatannya bersama tim dakwah di masjid kebanggaan Ibu Kota Sulut, Kiai Wahfi juga menekankan pentingnya hidup yang diisi oleh dzikir dalam kesehariannya. Wakil Talqin Abah Anom juga menjelaskan apa bedanya dzikir dengan pikir.

Dzikir dan pikir dalam rangka mensyukuri dua potensi manusia. Dzikir mengingat dan menyebut Allah dengan rasa dan pikir yang objeknya alam raya dan merenungi berbagai peristiwa dengan rasio. Menurutnya pikir harus dikawal oleh dzikir. “Pembersih qalbu adalah dzikrullah,” jelasnya.

Ada yang menarik, selain dihadiri oleh jamaah dari berbagai daerah, tabligh Akbar ini juga diramaikan oleh kehadiran berbagai komunitas seperti Pejuang Subuh dan Bikers Subuh. (eep)

Comments
Loading...