Rencana Suluk dan Kegiatan MATAN di Era New Normal

Era New Normal tidak menyurutkan semangat kader MATAN dalam meraih maghfirah dan ridha Allah Swt. Berbagai strategi kegiatan berupaya disiapkan oleh kader MATAN di daerah-daerah, khususnya kader MATAN Wilayah Sulawesi Selatan.

Seperti, Senin, 15 Juni 2020, Syekh Abd. Aris, M. Pd (Ketua PC. MATAN Maros) dan Syekh Irsan Dg. Mangngerang (sekertaris PC. MATAN Maros) menggelar rapat terbatas persiapan Suluk MATAN 1.3 dengan H. Muh. Tonang, S. Ag., M. Ag dan Pimpinan Pondok Pesantren As-Sa’adah Maros.

Dengan berharap doa dan berkah para masyaikh, rencana suluk MATAN akan dilaksanakan pada hari Jum’at-Ahad, tanggal 17-19 Juli 2020 di Pondok Pesantren As-Sa’adah Kab. Maros. Kegiatan akan menghadirkan orang banyak, panitia suluk akan berupaya mengikuti protokol kesehatan.

Ngobrol Sufi Virtual

Ketua PC. MATAN Parepare sahabat Adri Aladin, S. Pd. bekerjasama dengan LAKPESDAM NU Parepare, Selasa 16 Juni 2020 pukul 20.00 WITA. Pemateri yang dihadirkan adalah al-ustaz Muh. Nur Jabir (Direktur Rumi Institute), dengan host ustadz Andi Faisal, SE., M. Ak.

Kajian melalui virtual ini digandrungi oleh para penjelajah spiritual dari kalangan milenial maupun yang sudah berumur. Kapasitas zoom hanya terbatas seratus peserta, sehingga belum mampu menampung seluruh keinginan peserta yang lain untuk ikut menyimak.

Kegiatan Ngobrol Sufi Virtual ini akan terus diagendakan, selama masa pandemic belum selesai. Kegiatan serupa dilakukan pula oleh PC. Matan Pinrang. Mengingat masa belajar dan berkegiatan yang lebih banyak di rumah atau fasilitas umum dengan keterbatasan sesuai rambu-rambu protokol kesehatan.

Kader MATAN senantiasa berusaha melayani kemaslahatan umat khususnya mengambil peran dalam semangat IQRA’ (membaca). PC. MATAN Pinrang ikut berpartisipasi donasi buku keagamaan, Pendidikan, umum dan novel Islami di Posasiq Pustaka (Perpustakaan Desa), hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020.

Pada hari Kamis tanggal 25 Juni 2020, kegiatan amaliyah dari mursyid kembali digelar dengan pembacaan Ratib Al-Athas dipandu oleh Annangguru Abd. Rahim Hadi, M. Pd. I. Jamaah ratib dihadiri oleh relawan perpustakaan desa, Ketua dan pengurus HIPMIL dan para pemuda. Menurut salah satu relawan dan juga kader MATAN, insya Allah sudah ada beberapa calon peserta yang tertarik mengikuti suluk MATAN.

Selama masa pandemi covid-19 dan new normal sekarang ini, menimbulkan kerinduan ikatan keruhanian antar sesama kader MATAN maupun kerinduan terhadap mursyidnya untuk berkumpul dalam satu majelis yang sama secara lahiriyah.

Kontributor: Hardianto (Ketua PC MATAN Pinrang)

Baca Lainnya
Komentar
Loading...