Rektor Universitas Ez-Zitounah: Ahli Tasawuflah Yang Menjaga Agama

0

JAKARTA – Senin (21/1), dalam lawatannya ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Syaikh Hichem Grissa berdiskusi dengan Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj, MA Ketua Umum PBNU. Beliau menyimpulkan bahwa “Ahli tasawuflah yang menjaga agama,” ucap Rektor Universitas Ez-Zitounah, Tunisia di tengah diskusi.

Dilansir dari NU Online, pernyataan tersebut lahir setelah Kiai Said menjelaskan bahwa selain Indonesia negara Muslim terbesar. Tarekat yang terhimpun dalam Asosiasi Tarekat di bawah naungan NU atau JATMAN juga yang terbanyak di dunia. Ada Tijaniyah, Naqsyabandiyah, Qadiriyah, Syathariyah, Syadziliyah, Khalidiyah, Samaniyah dan sebagainya.

Berdiskusi

Syaikh Hichem yang mendengar Syadziliyah disebut oleh Kiai Said, mengutarakan bahwa Syaikh Abul Hasan Asy-Syadzili, pendiri tarekat Syadziliyah berasal dari Tunisia. Ia lantas berkata bahwa para ahli tasawuf itulah yang menjaga agama.

Dalam kesempatan itu Syaiikh Hichem Grissa dan Kiai Said menandatangani nota kerja sama di bidang pendidikan antara PBNU dan Universitas Ez-Zitounah, Tunisia yang merupakan salah satu Universitas tertua di dunia. (eep)

Comments
Loading...