Rayakan Maulid Nabi di Ponpes Darussa’adah Kebumen, Thariqah Dusuqiyah Muhammadiah Tegaskan Pentingnya Silsilah Keilmuan

September 20, 2023
Rayakan Maulid Nabi di Ponpes Darussa’adah Kebumen, Thariqah Dusuqiyah Muhammadiah Tegaskan Pentingnya Silsilah Keilmuan

Kebumen, JATMAN Online – Meski hujan deras mengguyur bumi, peringatan Maulid Nabi yang diselanggarakan oleh ikhwan Thariqah Dusuqiyah Muhammadiah di Ponpes Darussa’adah Kebumen Jateng pada Minggu (9/10) berlangsung lancar, sukses dan penuh khidmat serta dihadiri ratusan pengamal dari Jakarta, Cirebon, Surabaya, Yogyakarta, Pekalongan, Jepara bahkan Lombok.

Di antara rangkaian acara pada kegiatan tersebut adalah pengijazahan sanad Kitab Suci al-Qur’an Qira’at Ashim riwayat Hafsah melalui jalur musnid dunia, Syekh Yasin bin Isa al-Fadani.

Dr. TGH. Abdul Aziz Sukarnawadi, Lc., MA. selaku pengijazah yang juga sebagai Ketua I JATMAN Lombok Timur sekaligus Sekretaris Umum Thariqah Dusuqiyah Muhammadiah Indonesia (TDMI) menekankan bahwa silsilah sanad merupakan syarat mutlak yang tak boleh ditawar lagi dalam hal menggali ilmu-ilmu keislaman, terlebih mengajarkannya kepada umat. KH. Syamsul Hilal sebagai Ketua Umum TDMI pun mengingatkan bahwa disiplin tasawuf atau tarekat tak beda dengan disiplin hadits yang harus bersanad jelas dan kokoh sampai kepada Rasulullah Saw.

Pengasuh Ponpes Darussa’adah Kebumen, KH. Imam Sibawaih Muzani menyambut baik kegiatan meriah tersebut dan berharap membawa keberkahan tersendiri bagi pondok pesantren yang dipimpinnya itu. KH. Husni Hidayat dalam ceramahnya juga menegaskan bahwa ahli thariqah mu’tabarah sejatinya mempersatukan dan menebar kedamaian, bukan memecah-belah, memprovokasi dan mengujar kebencian.

Untuk dimaklumi, peringatan Maulid Nabi dirayakan juga oleh para pengamal Thariqah Dusuqiyah Muhammadiah di berbagai provinsi seperti Maluku, NTB dan lain-lain. Thariqah Dusuqiyah Muhammadiah sendiri didirikan oleh al-Quthb al-Arif billah Syekh Ibrahim al-Qurasyi ad-Dusuqi Ra. (653-696 H.) dan berpusat di negeri Mesir di bawah asuhan Maulana Sayyid Dr. Jamal bin Mukhtar bin Ali ad-Dusuqi al-Husaini. Selanjutnya, Thariqah Dusuqiyah Muhammadiah telah resmi bergabung dalam JATMAN pada 17 Januari 2022, sebagaimana ditetetapkan oleh Rais Am JATMAN, Maulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dengan nomor surat A1.164/0-SU/I/2022. Juga disahkan oleh Kemenkumham RI pada 31 Agustus 2021 dengan nomor SK AHU-0010311.AH.01.07.TAHUN 2021.