Rakorwil Sulselbar: Kader MATAN Siap Berkomitmen

MAKASSAR – Rapat Koordinasi akhir tahun 2019 Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An Nahdliyyah (MATAN) se-Sulselbar resmi dibuka oleh Ketua Koordinator Wilayah MATAN Se-Sulselbar H. Anwar Abubakar di halaman Paud Al-Ahsan Baji Bicara Makassar pada Senin (30/12).

Tampak hadir seluruh perwakilan pengurus cabang MATAN Kabupaten/kota se-Sulselbar pada kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hymne MATAN dan shalawat thariqiyyah.

H. Anwar Abubakar dalam sambutanya menjelaskan kegiatan itu bertujuan agar generasi MATAN dapat bergerak cepat dalam menebarkan ajaran thariqah kepada masyarakat.

“Ketika dikatakan kita adalah generasi pertama berarti bisa masuk dalam kategori orang yang baru akan berlabuh, dibaratkan sebuah perahu kita ini berlabuh. Tentu karena kita adalah generasi awal berarti belum ada pengalaman menghadapi gelombang yang tidak bisa diprediksi tinggi dan besarnya,” jelasnya.

Ia mengatakan sebagai generasi awal, paling tidak mempunyai sanad yang bersambung sampai Rasulullah yang jadikan sebagai modal atau tali yang menjadi kekuatan kader. Diibaratkan pelaut, maka kader MATAN itu adalah pelaut ulung yang sudah siap untuk mengarungi lautan yang gelombangnya tinggi dan besar untuk mancapai pulau harapan yang akan dituju.

“Saya ingin kita kembali berkomitmen dan menanamkan di hati bahwa kita adalah orang yang diberikan amanah dengan memperkuat integritas dan kecintaan kepada organisasi,” harap Kakanwil Kementerian Agama Sulsel itu.

Sementara, Habib Abdurrahim Assegaf memaparkan, sebagai generasi milenial para kader diharap menjadi kader yang siap menghadapi tantangan zaman.

“Memasuki revolusi industri 4.0 di masa akan datang kekeringan akan melanda umat manusia tidak ada obatnya selain dari orang-orang tarekat yang bisa bertahan hanya yang memiliki energi keilmuan sampai ke Rasulullah, jika tidak demikian akan hilang dimakan masa,” paparnya.

Penulis: Hamdan
Editor: Redaktur

Komentar
Loading...