Rakernas dan Temu Nasional MATAN Disemarakkan Dengan Peluncuran Buku

0

Pekalongan – Rakernas dan Temu Nasional Mahasiswa Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah (MATAN) 2018 diramaikan dengan peluncuran buku “Mediatisasi Agama, Post Truth dan Ketahanan Nasional” karya kader MATAN Dr. Moh. Yasir Alimi, Dosen Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang juga ketua satu MATAN.

Menurut Dr. Yasir, buku mediatisasi agama ditulis karena internet dan media sosial secara fundamental telah mengubah cara orang melakukan dan mengalami agama tapi masih sangat sedikit pemahaman kita tentang bagaimana perubahan itu dan bagaimana dampaknya bagi kemanusiaan.

Ketua Umum MATAN Dr. KH. Hamdani Muin dalam kesempatan tersebut mengapresiasi terbitnya buku mediatisasi agama.

Menurutnya dalam menghadapi era post truth kita bisa mengaktualkan lima prinsip MATAN yaitu tafaqquh fiddin (ngaji dan mendalami ilmu), tazkiyatun nafsi (penyucian diri), al mudawamah bidhikrillah (menghabituasi dhikir dan konektivitas kepada Allah), iltizamut thoah (ketaatan kepada guru, ulama, kiai) dan al khidmah lil mujtamak (pelayanan kepada masyarakat).

Dalam kesempatan tersebut, Habib Puang Makka pengurus idarah aliyah Jatman yang berdomisili di Sulsel mengajak para pejuang penerus perjuangan walisongo agar mempersiapkan diri menghadapi post truth dengan secara proaktif menghadirkan konten yang positif di jagat maya. (yasir/idn)

Comments
Loading...