Rais JATMAN Purwakarta: Tujuan Berthariqah Ialah Tazkiyatun Nufus dan Tashfiyatul Qulub

0

PURWAKARTA – “Salah satu tujuan dari berthariqah ialah Tazkiyatun Nufus dan Tashfiyatul Qulub,” demikian ucap Rais Idarah Syu’biyyah JATMAN Kab. Purwakarta, KH. Anhar Haryadi pada acara Pembukaan Kursus Tasawuf yang digelar di Bale Yudistira Pemda Purwakarta, Jl. Ganda Negara No.25 Nagrikidul, Kab. Purwakarta, Jawa Barat pada Ahad (7/7).

Kiai Anhar menyampaikan terimakasih kepada panitia dan khususnya kepada pemerintah Kabupaten Purwakarta yang telah memfasilitasi acara Kursus Tasawuf JATMAN ini. Ia juga berharap para peserta bisa mengikuti sampai akhir, dan bisa ditransfer kepada teman-teman dan saudaranya.

Ia melanjutkan bahwa dengan berthariqah kita berupaya untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan metode dari para guru Mursyid yang sanadnya terhubung dan bersambung sampai kepada Rasulullah saw. Mudah mudahan para peserta KT ini bisa mengikuti sampai akhir, dan apa yang didapat bisa ditransfer kepada teman-teman dan saudara.

Sedangkan adanya keragaman thariqah pada hakikatnya adalah untuk sama-sama mendekatkan kepada Allah SWT, dan itu banyak terdapat di negara kita Indonesia. JATMAN sebagai organisasi pengamal tarekat di bawah NU sendiri dipimpin oleh Maulana Habib Luthfi yang juga memimpin World Sufi Forum atau organisasi ahli thariqah tingkat dunia.
“JATMAN ini bagaikan ruh bagi NU, jasad tanpa ruh bagai mayit,” jelasnya.

Selain itu, dengan berthariqah kita juga berupaya menebar perdamaian bagi seluruh alam. Namun, ia juga mengingatkan bahwa dalam berthariqah tetap wajib memperdalam syariat karena itu adalah cara bagaimana kita melaksanakan ibadah kepada Allah.

Menutup sambutan, Kiai Anhar berharap semoga perkembangan JATMAN semakin pesat di Purwakarta. (eep)

Comments
Loading...