Rais JATMAN Jatim Buka Seminar Nasional: Islam dan Nasionalisme

0

MALANG – Menjelang peringatan HUT RI ke-74, JATMAN Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar ’Seminar Nasional: Islam dan Nasionalisme’. KH. Ngadiyin Anwar selaku Rais Idarah Wustha JATMAN Jawa Timur membuka seminar yang berlangsung pada Sabtu (3/8) mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Dalam sambutannya, Pengasuh Pondok Pesantren Thariqah Sulaiman Madiun itu menyatakan syukurnya kepada semua pihak terutama Unisma yang telah memfasilitasi seminar tersebut. Ia juga menyebut bahwa tantangan Idarah Wustha JATMAN Jawa Timur ke depan semakin berat. Kiai Ngadiyin menilai banyak anggota berasal dari golongan yang relatif tua.

“Di Jawa Timur ada 40 Syu’biyyah baik kabupaten dan kota. Sudah 27 Syu’biyyah yang dilantik sejak 2018 hingga saat ini. Maka program JATMAN pada periode ini bisa dimulai dengan menata setiap organisasi,” ucap pengasuh pesantren tarekat tersebut.

Rais JATMAN Jatim tersebut berharap pada akhir tahun 2019 semua Syu’biyyah sudah ditata organisasinya. Serta berharap kepada seluruh Mursyid untuk memberikan restu kepada para murid (muridin) untuk menjalankan JATMAN.

Hadir tiga narasumber, pertama Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., yang membawakan materi ‘Pancasila sebagai Pengikat Nasionalisme Umat Islam Indonesia’. Kedua, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si., dengan judul ‘Pendidikan Tasawuf: Dimensi Esoteris dalam Islam’. Ketiga, KH. Dr. Kharisuddin Aqib, M.Ag., yang membicarakan ‘Nasionalisme Kaum Sufi’. (eep)

Comments
Loading...