Profil Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah Cilongok Tangerang

September 24, 2023
Profil Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah Cilongok Tangerang

Ketika mendengar kata Cilongok, maka yang terbayang adalah sebuah Pondok Pesantren yang selalu ramai dikunjungi peziarah apalagi pada saat kegiatan haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Jilani. Pesantren ini bernama Al-Istiqlaliyah. Pada saat tim JATMAN Online berziarah, wilayah pelataran Ponpes Al-Istiqlaliyah tetap ramai dikunjungi peziarah meski KH Uci Turtusi (Abah Uci) telah mangkat setahun yang lalu.

Profil

Pondok Pesantren Salafiyah Al-Istiqlaliyah berdiri sejak tahun 1957 M. Didirikan oleh seorang ulama besar di wilayah Kabupaten Tangerang bernama KH. Dimyati (almarhum). Merupakan seorang ulama yang memiliki komitmen kuat dalam menjaga tradisi kepesantrenan yang saat ini juga dilanjutkan oleh putra beliau, KH Uci Turtusi sejak sepeninggalnya di awal tahun 2001. Selain kekharismaannya KH. Dimiyati (almarhum) beliau juga memiliki tingkat keshalehan yang lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat pada umumnya. Salah satunya terlihat dari keikhlasannya dalam mentransformasikan suatu disiplin ilmu kepada santrinya, sehingga beliau tidak menuntut upah dari usahanya dalam memberikan ilmu. Ini dapat dilakukan karena orientasinya adalah pengabdian secara menyeluruh dalam mengemban tugasnya sebagai pengajar atau pendidik pendidikan Islam dan sebagai pemuka agama. Karena inilah beliau dijadikan sebagai teladan bagi seluruh orang yang ada disekitarnya.

Dalam setiap penyampaian pengajian diawali dengan hadhoroh dan sholawat kemudian dilanjutkan dengan membacakan kitab, biasanya kitab fikih Minhajul Qowin dan Tafsir Al Jalalain yang diterjemahkan secara letterleck dengan metode utawi iku khas pesantren dan berbahasa jawa, kemudian disyarah dengan menggunakan bahasa sunda. Sementara yang hadir bisa dipastikan tidak semua bersuku sunda, meski terkadang diselingi bahasa Indonesia.

Meski membawa corak pesantren salaf, namun dalam penampilan sungguh mengagumkan. Pesantren ini sangat memperhatikan lingkungan. Penghijauan menghiasi suasana pesantren. Pepohonan seperti mangga membuat rindang. Ada juga gemercik air dan kolam-kolam berisi ikan peliharaan tentu membuat sejuk pelanggaran. Di salah satu sudut terdapat sangkar burung berisi beberapa jenis burung, seperti burung beo, kakatua, nuri dan lain-lain. Benar-benar membuat suasana pesantren menyatu dengan alam.

Pesantren Al Istiqlaliyah juga mempunyai santri dengan kreatifitas timggi, seperti membuat replika masjid, melukis dinding pondok, dan membuat penghiajuan lingkungan di halaman pondok.

Kurikulum Pendidikan

Tahfidzul Qur’an
Madrasah Diniyah
Kajian Kitab Kuning
Ekstrakurikuler

Tahfidzul Qur’an
Ta’limul Qur’an
Qiroatul Qur’an bit Tartil Wat Taghonni
Belajar al-Qur’an
Kursus Mu’allim Al Qur’an
Pengajian Kitab Kuning
seni Hadrah
Khitobah
Kursus Kaligrafi
Kursus Bahasa Arab

Fasilitas

Masjid
Asrama Pesantren
Gudang
Perpustakaan
MCK/WC
Ruang tamu
Kopontren
Dapur
Aula
Lapangan
Kantor

Alamat

Kampung Cilongok, Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang

Kode Pos: 15560