PK MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar Ta’aruf MATAN Perdana

CIREBON – Pengurus Komisariat Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (PK MATAN) IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Syeikh Nurjati Cirebon menggelar Ta’aruf MATAN (Taman) ke-1 pada Ahad (15/9) atau bertepatan dengan 15 Muharram 1441 H.

Bertempat di Gedung PCNU Kota Cirebon, Taman diadakan untuk menyosialisasikan adanya MATAN di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Tujuan diadakannya Ta’aruf MATAN ini untuk memperkenalkan MATAN sebagai wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri menjadi intelek berbasis spiritual sekaligus memiliki nasionalisme yang tinggi,” ungkap Hendri Setiawan, Ketua PK MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon kepada JATMAN Online.

“Ini merupakan kegiatan Ta’aruf MATAN (Taman) yang pertama kali dilaksanakan. Pengurus Komisariat IAIN Syekh Nurjati Cirebon sendiri baru berdiri dan dilantik pada Januari 2019,” kata Hendri dalam sambutannya.

Hendri berharap kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa tersebut berjalan lancar. Para peserta yang mengikuti Taman ke-1 bisa mengembangkan potensi dirinya di MATAN. Dengan potensi tersebut, kata Hendri, kader MATAN bisa berkontribusi untuk MATAN IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Taman menjadi langkah awal untuk bisa berkhidmat di MATAN,” jelasnya di hadapan 70 peserta.

Dukungan terhadap acara ini datang dari Rais Idarah Syu’biyyah JATMAN Kota Cirebon, KH. Abdul Mujieb yang menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan Taman itu.

“Saya sangat mendukung kegiatan Ta’aruf MATAN ini, karena tujuan utama dari kegiatan ini yang paling utama adalah untuk thalabul ‘ilmi (mencari ilmu),” ucap Kiai Mujieb saat menyampaikan sambutannya.

Menurut Kiai Mujieb, belajar tidak hanya sebatas di dalam kelas. Ia mengaku senang melihat semangat dan antusiasme para peserta Taman.

“Saya berharap, semoga kalian semua menjadi generasi penerus yang akan menggantikan kiai-kiai sepuh yang sudah mulai banyak yang wafat, bahkan kalian semua saya doakan semoga menjadi Mursyid – Mursyid Thariqah,” tutur pengasuh PP. Madinatun Najah, Cirebon tersebut.

Habib Umar bin Thohir bin Yahya juga ikut berpesan, bahwa Kader MATAN harus punya hati seperti lautan, yang tak akan kotor meski terdapat bangkai.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.40 WIB hingga 17.00 WIB itu bertemakan ‘Membangun Kader Intelektual Berbasis Spiritual untuk Menumbuhkan Nasionalis di Kalangan Mahasiswa’. Hadir para Kiai, Habaib, dosen, Pengurus Pusat MATAN, Pengurus Cabang MATAN Kota Cirebon dan Pengurus Komisariat MATAN UNU Cirebon. (eep)

Komentar
Loading...