Pesan Habib Puang Makka Kepada Pengurus MATAN

0

Pekalongan – Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah (MATAN) masa khidmat 2018-2023 resmi dilantik oleh Idarah Aliyah JATMAN (Jamiyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah) di Pendopo Kajen, Kabupaten Pekalongan  Sabtu (15/12).

Habib Puang Makka dalam kesempatan beraudiensi dengan para pengurus menyampaikan beberapa arahan. Menurut ulama sufi yang lahir di Makassar ini, Matan menghadapi tantangan yang cukup beragam, baik internal maupun eksternal.

“Ada umat yang tidak suka tasawuf dan tarekat. Ada yang suka tasawuf namun tidak tertarik dengan tarekat,” ucapnya kepada para pengurus yang baru dilantik.

Selanjutnya alumni Pesantren Tebuireng ini mengingatkan MATAN agar melakukan pendekatan yang persuasif. “Gunakan strategi untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada. Lakukan pendekatan persuasif pada mereka,” ungkapnya.

Menghadapi tantangan internal tidak kalah menarik. Salah satunya adalah keegoan antar pengamal tarekat. “Kalau kau ingin syekhmu mulia, maka muliakan pula syekh yang lain, sebagaimana kamu memuliakan syekhmu.”

Sedangkan untuk mendakwahkan tarekat kepada para aktifis di berbagai organisasi, Habib Puang Makka menyarankan kader MATAN untuk memperbanyak silaturrahim. “Datangi PMII, ANSOR, Banser, dan sebagainya. Jalin persahabatan yang baik. Saat ada kesempatan jelaskan tentang Islam Iman dan Ihsan. Sampaikan tarekat dan spiritualitas.” (Husein/idn)

Comments
Loading...