Perkuat NKRI, Film “Jejak Langkah Dua Ulama” Akan Dibuat

0

YOGYAKARTA – Salah satu karya seni yang paling menyedot perhatian generasi muda sekaligus bisa menjadi media edukasi adalah film. Hal itu kiranya yang membuat Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pesantren Tebuireng bekerjasama untuk membuat film yang terinspirasi dari dua tokoh pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari dan Pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan.

Saat konferensi pers di PP Muhammadiyah, Yogyakarta (24/7) tokoh NU, KH. Sholahudin Wahid atau Gus Sholah menyambut baik pembuatan film “Jejak Langkah Dua Ulama”. Adik kandung Gus Dur tersebut juga berharap dengan adanya film tentang kedua tokoh tersebut, masyarakat terutama generasi muda bisa meneladani perjuangan keduanya. Selain itu, film tersebut juga bisa menjadi sarana belajar bagi santri untuk mengasah keahlian melalui Rumah Produksi Tebuireng.

“Dengan memperkenalkan kedua tokoh melalui film, masyarakat bisa mengetahui lebih dalam dan lebih dekat dengan uswah hasanah kedua tokoh,” ucap pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur.

Selain sebagai media edukasi, film yang disutradari Sigit Ariansyah diharapkan bisa menjadi penyejuk di tengah kondisi Indonesia yang sering bergejolak. Ketua LSBO PP Muhammadiyah, Syukriyanto AR menuturkan bahwa ide untuk mengangkat kedua tokoh pendiri ormas Islam terbesar dalam film karena keduanya dinilai bisa merepresentasikan Islam yang rahmatan lilalamin. Film ini juga sebagai kontribusi untuk kedamaian bangsa dan keutuhan NKRI.

“Kalau kita lihat, pendiri Muhammadiyah dan NU malah pernah belajar bersama. Karena itulah kami mengangkat kisah dua ulama besar itu dalam film,” ucap Syukriyanto.

Sedangkan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyebut bahwa film ‘Jejak Langkah 2 Ulama’ ini bisa menjadi media bagi generasi milenial belajar sejarah kebangsaan. (eep)

Comments
Loading...