Perkenalkan Thariqah, UKM MATAN Universitas Nurul Jadid Gelar Majelis Dzikir dan Ilmi

Maret 12, 2024
Perkenalkan Thariqah, UKM MATAN Universitas Nurul Jadid Gelar Majelis Dzikir dan Ilmi

Probolinggo, JATMAN Online – Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabaroh An Nahdliyyah (UKM MATAN) Universitas Nurul Jadid menggelar Majelis Dzikir dan Ilmi di Mushola KH. Zaini Mun’im Universitas Nurul Jadid, pada kamis (07/03/24).

KH. Zainul Mu’in menyampaikan tentang pentingnya thariqah bagi semua kalangan, termasuk pelajar. Menurutnya, tidaklah cukup jika hanya mengembangkan intelektual tetapi juga sangat penting untuk mendalami spiritual agar dapat menyeimbangkan antara pola berpikir dan juga dzikir.

"Tarekat atau tasawuf adalah penghayatan terhadap ihsan, yaitu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala seolah-olah dapat melihatNya, namun jika tidak memungkinkan cukup dengan menghadirkan Allah dalam setiap ibadah yang dilakukan", jelasnya.

Ketua UKM MATAN Universitas Nurul Jadid Mohammad Irfan Aminullah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya pengenalan thariqah di kalangan mahasiswa dan juga sebagai bentuk silaturahmi antara pengurus MATAN dengan pengurus dari organisasi intra ataupun ekstra, meskipun yang dapat hadir masih sangat terbatas.

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan agar mahasiswa dapat memahami thariqah dengan baik dan sesuai dengan arahan dari para ulama terdahulu, karena merupakan suatu keharusan bagi seorang hamba agar dapat menjalani hubungan baik dengan Allah dan sesama dengan seimbang.

Dilansir dari kanal Kuasa Rakyat, Kegiatan ini turut dihadiri KH. Zainul Mu’in Husni selaku dosen sekaligus pengasuh pondok pesantren di daerah Situbondo sebagai penyaji dan acara tersebut dimoderatori langsung oleh Pembina UKM MATAN Ustad Mohammad Jasri Ahyak.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan, Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia.