Pendidikan Spiritual, Solusi Mendidik Anak

Pendidikan spiritual menjadi keniscayaan yang harus diberikan kepada anak baik dalam keluarga ataupun di sekolah. Pendidikan spiritual menitikberatkan pada kesempurnaan jiwa menuju akhlak yang terpuji, adab yang baik, hati yang bersih, bening, bersinar menuju ridha Allah Swt.

Pengolahan jiwa merupakan perihal yang cukup rumit, berliku, memerlukan olah kerja batin yang sangat melelahkan. Membutuhkan motivasi yang kuat sekaligus materi serta pendekatan khusus sesuai dengan tingkat usia dan kematangan spiritual masing-masing.

Bagi anak-anak, pendidikan spiritual menjadi tanggung jawab pertama dalam keluarga. Penguatan keimanan, ibadah dan akhlak menjadi satu kesatuan dalam mendidik spiritual anak.

Beberapa upaya dalam mendidik hati melalui pendekatan spiritual, seperti mendisiplinkan anak menunaikan shalat berjama’ah, dapat mengatur waktu dengan baik serta mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagi bekal hidupnya.

Pendidikan spiritual termasuk nutrisi bergizi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh manusia agar tidak menjauh dari hidayah Allah Swt. Agar hidupnya tidak mengalami disorientasi yaitu cenderung materialis, sekuler, hedonis dan sebagainya.

Pendidikan spiritual bertujuan menyehatkan hati dan pikiran. Sehingga sikap dan perilakunya menjadi mulia. Bukan hewani dan syathani (berlakuan seperti hewan dan setan).

Pendidikan spiritual membekali anak tidak hanya kognisi keagamaan, tetapi juga afeksi, apresiasi, dan aktualisasi nilai-nilai moral dan spiritual dalam segala aspek kehidupan.

Pendidikan spiritual bisa dimulai dari orang tua atau guru meneladankan dan mengajarkan bersikap jujur dalam setiap hal. Berbuat baik kepada setiap orang, sabar ketika mengalami cobaan, menumbuhkan sikap solidaritas sosial, murah senyum, mengajarkan akan pentingnya ibadah. Serta hal-hal yang dapat membuat adab dan akhlak anak menjadi lebih baik dan terpuji.

Upaya tersebut harus dilakukan secara dinamis, terbimbing, terevaluasi, melalui pendampingan orang tua atau guru. Serta optimalisasi kondisi lingkungan keluarga yang kondusif, harmonis, dinamis serta menjunjung tinggi akhlakul karimah setiap saat.

Untuk itu, pendidikan spiritualitas sangat penting diajarkan sejak usia dini, sehingga bila dewasa nanti dapat menghadapi berbagai macam tantangan dengan baik dan bijak dalam menanganinya.

Komentar
Loading...