Pelajaran dari Manusia Pertama

0

Nabi Adam mempunyai beberapa keistimewaan antara lain: manusia pertama yang diciptakan Allah dengan kedua Tangan-Nya. Dialah yang diajari langsung oleh Allah nama-nama benda. Allah memerintahkan para malaikat untuk sujud kepadanya. Bapak seluruh manusia. Allah memasukkannya ke surga. Khalifah pertama di bumi. Orang pertama yang dipilih Allah untuk menjadi khalifah di bumi. Dialah manusia pertama yang masuk surga setelah dijadikan Nabi pertama yang diangkat Allah untuk membawa pesan-pesan Allah agar disampaikan kepada anak cucunya.

Kisah Nabi Adam mengandung banyak hikmah antara:

Manusia pada dasarnya adalah penghuni surga, itulah rumah kediamannya yang asli.

Manusia mempunyai banyak keistimewaan tapi juga mempunyai kelemahan. Salah satu kelemahan manusia adalah cinta keabadian. Rentan kepada bujukan setan kecuali mereka yang ikhlas beribadah kepada Allah.

Manusia sempurna bukanlah orang yang tidak punya kesalahan apa-apa. Manusia sempurna adalah orang yang jika berdosa dia menyesal dan cepat bertaubat kepada Allah.

Turunnya Nabi Adam ke bumi agar bumi ramai dihuni manusia dan keturunannya.

Jika manusia yang di bumi ingin kembali lagi ke rumahnya di surga, dia harus membuktikan dirinya sebagai hamba Allah, bukan hamba setan melalui serangkaian ibadah.

Dunia ini bukan tempat abadi. Tempat abadi adalah akhirat. Dunia ini bukan untuk menghitung amal tapi tempat untuk beramal, berjuang menghadapi setan yang selalu berusaha membelokkan manusia dari jalan lurus.

Nabi Adamlah yang mengajarkan manusia bagaimana cara bertaubat kepada Allah dari dosa.

Nabi Adamlah yang mengajarkan manusia bagaimana hidup di dunia.

Nabi Adamlah yang mengajari kita akan ada takdir-Nya Allah,

yaitu ketika Nabi Adam berkata kepada Nabi Musa bahwa apa kesalahan yang dilakukannya adalah karena takdir Allah. Betapapun Nabi Adam pernah berbuat salah tapi akhirnya bertaubat dan taubatnya diterima oleh Allah dan menjadi manusia terpilih (Thaha: 122, Ali Imran: 33).

Oleh: Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad

Comments
Loading...