PeaceSantren di Ponpes Sunan Pandanaran, Kiai Mu'tashim Billah: Konser ini Kayak Ngaji Tasawuf

Maret 29, 2024
PeaceSantren di Ponpes Sunan Pandanaran, Kiai Mu'tashim Billah: Konser ini Kayak Ngaji Tasawuf

Yogyakarta, JATMAN Online – Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar PeaceSantren untuk menyampaikan pesan perdamaian di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Yogyakarta, pada Rabu (27/03/2024).

Grup Band Gigi ikut memeriahkan dengan senandung lagu religi di hadapan ribuan santri dan santriwati dan acara ini berlangsung meriah.

"Di Pesantren Sunan Pandanaran ini kita menemukan santri-santri yang sangat energik. Di saat melaksanakan puasa Ramadhan, masih bisa membawakan pesan damai melalui seni musik," kata Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani.

"Program Peacesantren, Pesan damai dari Pesantren kita luncurkan di saat Ramadhan. Semoga para santri selalu membawa pesan damai di tengah masyarakat," imbihnya.

Kang Dhani menjelaskan bahwa hidup manusia adalah perjalanan luar biasa, kadang mendaki dan menurun. Ini biasa dikenal sebagai dunia kontestasi, hidup yang berlomba-lomba dan sebagainya.

"Mari berlomba-lomba dalam kebaikan. Pada hari ini kita ingin meredakan residu-residu dari kontestasi," kata Kang Dhani dilansir dari laman resmi Kemenag.

"Kita semua memahami sesungguhnya semakin dalam seseorang memahami agama, maka perilakunya akan semakin baik kepada orang lain dan mampu mentolerir perbedaan yang ada pada setiap individu manusia," imbuhnya.

Menurutnya, pesan-pesan damai tidak hanya bisa digaungkan dalam bentuk ceramah atau nasihat, melainkan juga dapat disampaikan melalui ruang-ruang seni seperti musik yang religi.

"Gigi termasuk band yang memiliki album religi kuat. Mereka selalu tampil dengan mengedepankan ruang-ruang moderasi," ungkapnya.

Kang Dhani berpesan bahwa kedamaian tidak bisa disuarakan dengan suara keras, harus dengan seni dan budaya dari pesantren. "Mari kita sebarkan pesan damai dari Pesantren," tegasnya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Dr. KH Al Mu'tashim Billah menyampaikan terima kasih atas penyelenggaran Peacepesantren di pesantrennya.

"Saya pertama kali nonton konser. Biasanya nonton pengajian. Namun, konsernya kali ini kayak ngaji tasawuf," kata KH Mu'tashim.

Salah satu personil Band Gigi, Gus Ramdhan menilai bahwa perdamaian itu harus ditebar dalam setiap sendi kehidupan.

"Di sinilah (red:pesantren) tempat perdamaian dan kalian harus menebar kedamaian itu," pungkasnya.