Nasehat Sayid Syaikh Abul Hasan As Syadzily

Ini adalah nasehat Sayid Syaikh Abul Hasan As Syadziliy; barang siapa menunjukkanmu pada dunia (mengejar dunia), maka dia telah menipumu. Barang siapa menunjukkanmu pada amal, maka dia telah menyusahkanmu. Barang siapa yang menunjukkanmu pada Allah maka sungguh dia telah menasihatimu (menghendaki kebaikanmu).

Muqaddimah ini (mengaji kitab tasawuf I’anatul Mutawajjih Al Miskin Ilal Fathi wat Tamkin) adalah bagian dari menunjukkan pada Allah.

Sayid Syaikh Ahmad Zarruq (pengarang kitab tersebut) mengatakan, maksud muqaddimah ini adalah kalian wahai orang yang faqir ilallah yang ingin menghadap Allah (tawajjuh). Pertama yang seharusnya kalian lakukan adalah menjadikan pikiran dan pengetahuanmu yaitu jangan bersandar baik ada kekuatanmu, hartamu atau ilmumu atau apapun. Lalu bagaimana?

Ketahuilah kamu adalah hamba Allah dan yakinlah bahwa segalanya atas kehendak Allah. Ini yang pertama. Kamu memohon pertolongan kepada Allah. Kamu menghendaki futuh (hati terbuka) dan tamkin (akal cemerlang). Maka jangan sandarkan semua itu kecuali hanya kepada Allah.

Disampaikan oleh Dr. Idris Al Fasi Al Fihri saat mengajar kitab I’anatul Mutawajjih Al Miskin Ilal Fathi wat Tamkin. Beliau merupakan Syaikh Mursyid Zawiyah Syadziliyah Qadiriyah Fez – Maroko Wakil Rektor Universitas Qarawiyyin Fez – Maroko.

Ditranskrip oleh: Saepuloh

Komentar
Loading...