Naqsyabandiyah (Juga) Tarekatnya Habaib

Syekh Abdul Majid al-Khani an-Naqsyabandi (w. 1318 H) menjelaskan bahwa silsilah Tarekat Naqsyabandiyah ada tiga.

Pertama, melalui Sayyidina Ali bin Abi Thalib, yaitu:

  1. Sayyidina Ali bin Abi Thalib
  2. Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib
  3. Sayyidina Zainal Abidin Ali al-Ashghar
  4. Sayyidina Muhammad Baqir
  5. Sayyidina Ja’far as-Shadiq
  6. Sayyidina Musa al-Kadzim
  7. Sayyidina Ali Ridla
  8. Syekh Ma’ruf al-Karkhi
  9. Syekh Sirri as-Saqathi
  10. Syekh Abul Qasim Junaid al-Baghdadi
  11. Syekh Abu Ali ar-Rudzbari
  12. Syekh Abu Ali al-Katib
  13. Syekh Abu Utsman al-Maqhribi
  14. Syekh Abul Qasim al-Kurkani
  15. Syekh Abu Ali al-Farmadi.

Silsilah ini disebut silsilah emas karena melalui Sayyidina Ali dan keturunannya hingga Sayyidina Ali Ridla.

Kedua, juga melalui Sayyidina Ali bin Abi Thalib, yaitu:

  1. Sayyidina Ali bin Abi Thalib
  2. Syekh Hasan al-Bashri
  3. Syekh Habib al-Ajami
  4. Syekh Daud at-Thai
  5. Syekh Ma’ruf al-Karkhi

Dari beliau, silsilah yang kedua ini bersambung dengan silsilah yang pertama.

Ketiga, jalur Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq, yaitu:

  1. Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq (w. 13 H)
  2. Sayyidina Salman al-Farisi (w. 36 H)
  3. Sayyidina Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar as-Shiddiq (w. 178 H)
  4. Sayyidina Ja’far as-Shadiq
  5. Sayyidina Abu Yazid al-Bisthami (w. 261 H)
  6. Sayyidina Abul Hasan al-Kharqani (w. 425 H)
  7. Sayyidina Abu Ali al-Farmadi (w. 447 H)

Dari beliau, silsilah ini bertemu dengan silsilah yang pertama dan berlanjut hingga Sayyidina Muhammad Bahauddin Syah Naqsyaband:

  1. Sayyidina Yusuf al-Hamdani (w. 535 H)
  2. Sayyidina Abdul Khaliq al-Ghujdawani
  3. Sayyidina Arif ar-Riwakri
  4. Sayyidina Mahmud al-Injir Faghnawi
  5. Sayyidina Ali ar-Ramitani (w. 715 H)
  6. Sayyidina Muhammad Baba as-Sammasi (w. 755 H)
  7. Sayyidina Amir Kulal
  8. Sayyidina Muhammad Bahauddin Syah Naqsyaband (w. 791 H) quddisa sirruhum.

Berdasarkan latar belakang sejarah itulah, di kemudian hari banyak dari Habaib yang bergabung dengan Tarekat Naqsyabandiyah, bahkan menjadi mursyid. Berikut penulis sajikan manaqib singkat beberapa Habaib yang menjadi mursyid Tarekat Naqsyabandiyah:

1. Sayyid Syarif Al Jurjani
Beliau merupakan khalifah Syekh Muhammad Alauddin al-Atthar (menantu sekaligus khalifah Syekh Muhammad Bahauddin Syah Naqsyaband). Beliau pernah berkata “Sejak bertemu dengan Syekh Alauddin, saya mengenal Allah.”

2. Sayyid Ali Al-Kurdi As-Syahid (w. 925 H)
Beliau bermulazamah pada Syekh Ubaidillah al-Ahrar (806-895 H) sampai akhirnya ditunjuk menjadi khalifah. Setelah sang guru wafat, beliau mukim di Qazwain seraya mendidik para salik. Penguasa setempat membunuh beliau secara zhalim pada 925 H.

3. Sayyid Muhammad Shalih Az-Zawawi (1246-1307 H)
Beliau adalah khalifah Syekh Muhammad Muzhar (1248-1301 H) bin Syekh Ahmad Said (1217-1277 H) bin Syekh Abu Said al-Ahmadi (1196-1250 H).
Putra beliau, Sayyid Abdullah az-Zawawi, juga mursyid Naqsyabandiyah.

4. Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki (w. 2004 M)
Silsilah Naqsyabandiyah beliau dapatkan dari Syekh Abdul Ghafur al-Abbasi al-Madani, khalifah Syekh Muhammad Sirajuddin, khalifah Syekh Muhammad Utsman ad-Damani, khalifah Syekh Dausat Muhammad al-Qandahari, khalifah Syekh Ahmad Said al-Ahmadi. Di Indonesia, khalifah Sayyid Muhammad adalah Kiai Lathifi Baidlawi Malang (1919-1996 M).

5. Habib Muhsin Bin Ali Al-Hinduan (20 Juni 1920 – 02 Mei 1980 M)
Sejak tahun 1938, beliau bsyaelajar dan mengamalkan Tarekat Naqsyabandiyah Muzhariyah pada Syekh Sirajuddin Kajuk, Syekh Fathul Bari, Syekh Syamsuddin Ombul dan Kiai Ali Wafa Ambunten.

Dzurriyah Khulafaur Rasyidin juga bergabung dalam Naqsyabandiyah

Sayyidina Abu Bakar as-Shiddiq dan cucunya, Sayyidina Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar as-Shiddiq menjadi penghulu tarekat ini. Syekh Ahmad bin Abdul Ahad as-Sirhindi al-Faruqi adalah keturunan Amirul Mukminin Umar bin Khattab. Juga putra beliau, Syekh Muhammad Ma’shum, dan cucu beliau, Syekh Saifuddin. Kelak, keturunan Syekh Saifuddin kembali memimpin Naqsyabandiyah berturut-turut juga; Syekh Abu Said al-Ahmadi, Syekh Ahmad Said dan Syekh Muhammad Muzhar. Saat ini, silsilah dari Abu Said disebut dengan Naqsyabandiyah Ahmadiyah Muzhariyah.

Setidaknya, ada empat dzurriyah Sayyidina Utsman bin Affan yang menjadi mursyid: (1) Syekh Khalid al-Utsmani as-Syahrazawri (1193-1242 H), khalifah Syekh Abdullah ad-Dihlawi sekaligus guru utama Naqsyabandiyah Khalidiyah. Jalur Tarekat Naqsyabandiyah Haqqaniyah melalui Syekh Khalid ini. (2) Syekh Tsanaullah, Penulis Tafsir al-Muzhari. (3) Syekh Fadlullah, saudara Syekh Tsanaullah. (4) Syekh Ahmad, putra Syekh Tsanaullah. Beliau bertiga menjadi khalifah Syekh Habibullah Jan Janan.

Sayyidina Ali beserta keturunannya merupakan mata rantai emas dalam tarekat ini. Pada periode berikutnya, anak-cucu Rasulullah mengikuti jejak sang kakek.

Tak ketinggalan, keturunan Imam Malik (pendiri Madzhab Maliki), Syekh Abdul Khaliq bin Abdul Jamil al-Ghujdawani dan putranya, Syekh Gharib, juga menjadi tokoh tarekat ini. Para ulama Hanafiah dan Syafi’iyah juga banyak bergabung.

Dzurriyah pendiri tarekat lainnya juga ada yang menjadi mursyid Naqsyabandiyah, seperti Syekh Abid Jalbi al-Qirmani, keturunan Maulana Jalaluddin Rumi (604 – 672 H), Pendiri Tarekat Maulawiyah. Syekh Abid adalah khalifah Sayyid Amir Ahmad al-Bukhari (w. 922 H), khalifah Syekh Ubaidillah al-Ahrar sekaligus cucu Syekh Mahmud al-Injir Faghnawi.

Syekh Ghulam Muhyiddin, keturunan Pendiri Tarekat Qadiriyah, Syekh Abdul Qadir al-Jailani (470-561 H), juga menjadi khalifah Syekh Habibullah Jan Janan (1113-1195 H). Wallahu a’lam.

Kontributor: Hafifuddin

Baca Lainnya
Komentar
Loading...