Mursyid TQN KH Chalwani Berjan Ijazahkan Amalan untuk Pemudik

April 2, 2024
Mursyid TQN KH Chalwani Berjan Ijazahkan Amalan untuk Pemudik

Jakarta, JATMAN Online - Mursyid Thariqoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah KH Achmad Chalwani yang juga Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, Gebang, Purworejo, Jawa Tengah. memberikan ijazah doa untuk para pemudik. 

Kiai yang saat ini menjadi Wakil Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah ini berpesan agar para pemudik untuk jangan sampai lupa membaca surat Quraisy sebelum pulang mudik.

 “Nanti kalau mau pulang, jangan lupa baca surat Quraisy. Yang dekat cukup tiga kali, yang rumahnya Winong, Bruno, Loano, tiga kali sudah cukup. Yang agak jauh, Banyumas, Semarang, baca tujuh kali. Jakarta, Lampung, Medan, Kalimantan, baca sebelas kali,” pesan Kiai Chalwani kepada para santri sebagaimana dikutip JATMAN Online (01/04/2024) Senin. 

Lebih lanjut, Kiai Chalwani mengatakan bahwa ada beberapa faedah yang akan didapatkan oleh orang yang mau membaca surat Quraisy saat hendak bepergian.

“Orang kalau bepergian baca surat Quraisy alladzii ath’amahum min juu’, ketika bertamu yang punya rumah ini ringan untuk menyuguhi hidangan. Misalkan masuk warung, tidak terpukul (dinaikkan harga secara tidak wajar oleh penjualnya),” jelasnya. 

Kiai chalwani juga menjelaskan cara bagaimana mengamalkannya. “Pergi dengan jarak dekat membaca sekali, agak jauh sedikit membaca tiga kali, lebih jauh membaca tujuh kali, sangat jauh membaca sebanyak sebelas kali,” jelasnya.

Selain itu, Kiai Chalwani berpesan agar nantinya saat di tengah perjalanan juga membaca satu doa lagi: 

 بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ الله، لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillaahi maa syaa`allaah laa quwwata illaa billaah “Nabi mengatakan: barangsiapa di dalam bepergian mau membaca ‘bismillaahi maa syaa`allaah laa quwwata illaa billaah’, kamu yang dalam bepergian, harta yang kamu bawa akan dijaga oleh Allah, yang ditinggal pun akan dijaga oleh Allah,” ungkapnya.

Kiai juga mengatakan barang-barangmu yang di pondok Insyaallah aman semua. Dengan membaca bismillaahi maa syaa`allaah laa quwwata illaa billaah

Di akhir, ia menjelaskan bahwa doa terakhir ini memiliki manfaat yang sangat besar, khususnya sebagai keamanan. 

“Makanya, kalau ada yang tidak membaca doa ini, kadang-kadang ada orang bepergian, saat pergi gabahnya dijual sama anaknya karena tidak membaca doa ini,” pungkasnya. 

Pewarta: Abdul Mun'im Hasan 
Editor: Arip Suprasetio